11 Tips Mengatasi Sakit Anak tanpa ke Dokter (Pertolongan Utama)

kenali-berbagai-penyebab-anak-sakit-perut
www.friso.co.id

Sering kali, apabila anak sakit, Ibu langsung cepat-cepat memeriksakan kondisi anak ke dokter. Namun, sebenarnya Ibu tidak perlu terlalu cepat memeriksakan sang buah hati ke dokter. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat Ibu tangani sendiri untuk menyembuhkannya. Apabila langkah pertolongan utama tidak berhasil atau tidak membuahkan hasil, sebaiknya Ibu memeriksakan anak ke dokter.

Pilek dan hidung tersumbat

Jagalah ruangan kamar anak tetap lembab dengan mematikan alat pendingin ruangan di kamarnya. Berikan anak sebaskom air panas yang sudah ditetesi minyak telon atau minyak kayu putih untuk dihirup udaranya. Bagi bayi usapkan minyak telon pada pelipis.

Batuk

Berikan anak minuman yang terbuat dari jeruk nipis atau perasan kencur yang dicampurkan dengan sedikit madu.

Sakit tenggorokan

Saat tenggorokan anak sedang sakit, maka anak akan cenderung sulit makan. Dalam rangka mengatasinya, berikanlah anak air garam yang dicampurkan dengan garam untuk berkumur. Air garam dapat membunuh kuman dan mencegah peradangan. Selain itu, berikanlah anak air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan madu untuk meredakan rasa sakit saat radang.

Demam

Saat si kecil mengalami demam, balurkanlah tubuh si kecil dengan minyak dengan bawang merah dan pakaikanlah baju yang agak tipis pada anak. Pada anak yang usia sangat muda gunakanlah minyak telon, sedangkan pada anak yang usianya sedikit lebih tua, Ibu dapat menggunakan minyak kayu putih maupun minyak telon. Selain itu, berilah minum anak Ibu campuran air kelapa muda dan madu.

Sariawan

Sariawan umumnya disebabkan oleh kuman. Untuk meredakannya, tempelkan hasil tumbukan daun saga yang ditetesi madu pada bagian mulut anak yang mengalami sariawan.

Diare

Saat diare, cairan dalam tubuh anak akan banyak keluar. Oleh karena itu, berikan anak Ibu air untuk diminum dalam rangka menggantikan cairan tubuh yang keluar tersebut, sehingga anak trnar dari dehidrasi. Selain air, Ibu juga dapat memberikan anak oralit yang dicampur dengan air, garam dan gula.

Luka lecet

Luka lecet pada bagian tubuh anak dapat diatasi dengan madu. Madu dapat berfungsi sebagai desinfektan. Caranya mudah, oleskan sedikit madu pada luka si kecil, diamkan beberapa menit, kemudian ulangi tahapan tersebut beberapa kali dalam sehari sampai luka lecek si kecil membaik.

Bisul

Bisul pada bagian tubuh si kecil dapat diatasi dengan menempelkan gilingan daun bayam yang diberikan sedikit madu. Setelah bisul yang ada telah mengering, untuk menghilangkan bekas luka akibat bisul tersebut oleskanlah putih telur yang diberi sedikit madu pada bekas tersebut.

Anak susah makan

Keluhan ini sering dikeluhkan oleh Ibu terutama saat anak masih berusia relatif kecil. Maka, berikanlah anak ramuan herbal yang mengandung temulawak untuk merangsang nafsu makan.

Cacingan

Selain obat cacing, Ibu dapat memberikan anak makanan yang mengandung petai. Petai memiliki kandungan belerang dan tannin yang dapat membunuh cacing dalam perut si kecil. Kemudian, cacing tersebut dikeluarkan melalui feses anak.

Anak sulit buang air besar

Saat si kecil kesulitan untuk buang air besar, Ibu dapat memberikan buah hati Anda buah pepaya atau buah naga untuk dimakan.

Nah, Ibu. Cobalah praktikkan sebelas tips di atas saat si kecil mengalami sakit tersebut. Apabila keadaan anak tidak membaik, segeralah periksakan anak ke dokter.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *