2 Faktor Pengganggu Perkembangan Janin yang Harus Diketahui Ibu Hamil

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Perkembangan janin bisa saja terganggu bukan karena kekurangan nutrisi. Jika selama ini ibu hanya mengetahui bawasannya penyebab terganggunya perkembangan bayi di dalam kandungan itu faktor nutrisi yang kurang, kali ini ibu akan lebih mengerti lagi jika ternyata ada hal lain yang tak kalah penting dalam mempengaruhi perkembangan janin.

Informasi ini tidak bertujuan agar setiap ibu hamil semakin khawatir saat mereka sedang mengadung. Infomasi seputar perkembangan bayi dalam kandungan kali justru bertujuan agar setiap ibu hamil semakin waspada. Jika mereka benar-benar ingin menjada kehamilan mulai proses awal kehamilan hingga persalinan nanti, maka hal-hal sepele apapun yang justru memperburuk perkembangan janin di dalam kandungan harus dihindari.

Sering Bermain dengan Handphone

Sekarang ini, sulit sekali untuk menghindar dari penggunaan handphone. Apalagi ibu hamil yang kebanyakan menghabiskan waktu di rumah. Mereka menganggap hiburan sehari-hari tentu saja handphone.

Dengan alat komunikasi tersebut, ibu bisa melakukan beberapa hal yang menyenangkan agar mengusir rasa penat seperti chatting dengan teman, browsing informasi penting seputar kehamilan, dan lain sebagainya.

Tentu saja hal-hal yang bermanfaat bisa didapatkan dari kegiatan bermain handphone. Sayangnya, ibu harus tahu bawasannya ada efek samping yang bisa mengakibatkan terganggunya perkembangan janin jika ibu terlalu sering bermain handphone.

Salah satu penelitan telah membuktikan bahwa ibu hamil yang terlalu sering mendapatkan radiasi sinyal handphone membahayakan perkembangan bayi di dalam Rahim, terutama perkembangan otak. Pasalnya, radiasi dari handphone sangat mempengaruhi perkembangan otak janin. Lebih dari itu, dari penelitian yang sama, dijelaskan bahwa ibu hamil yang sering menggunakan handphone akan melahirkan anak yang cenderung hiperaktif.

Penelitian tersebut dilakukan oleh seorang ilmuah dari Yale School of Medicine. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal ilmiah pada tahun 2012 yang lalu.

Dari penjelasan singkat ini, apakah ibu masih ingin sering bermain-main dengan handphone saat mengandung? Untuk menjaga perkembangan janin, sebaiknya ibu kurangi frekuensi penggunaan handphone agar radiasi sinyal bisa diminimalisir.

Memakai Pakaian Ketat

Untuk ibu yang masa kehamilan beru mencapai usia 3-4 bulan, sebenarnya tidak masalah jika ibu masih sering memakai pakaian ketat. Hanya saja, saat perut semakin membesar, ada baiknya ibu simpan terlebih dahulu pakaian ketat dan gunakan pakaian yang longgar.

Ternyata, pakaian yang ketat itu tidak hanya membuat ibu tidak nyaman dan mengganggu kesehatan ibu hamil. Pakaian yang ketat juga tidak kalah berpegaruh terhadap perkembangan janin.

Saat ibu memakai pakaian ketat yang menekan bagian perut, maka secara otomatis proses sirkuliasi darah terganggu. Tentu saja akibat yang fatal bisa terjadi saat peredaran darah terganggu, bukan? Jangan sampai hal tersebut mengakibatkan memburuknya perkembangan janin.

Menjadi wanita hamil memang sangat membahagiakan. Namun, di sisi lain, ada tanggung jawab yang sangat besar. Ibu harus benar-benar tahu dan menerapkan bagaimana cara menjaga kesehatan kehamilan, mulai dari cara yang sepele hingga cara yang terpenting. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk memastikan perkembangan janin normal.

Untuk itulah ibu harus semakin banyak mencari tahu hal-hal seputar kesehatan kehamilan. Informasi tersebut bisa ibu dapatkan dengan cara bergabung dengan forum ibu hamil. Di sanalah pula ibu bisa berinteraksi dengan sesame ibu hamil. Dan yang paling penting, ibu bisa berkonsultasi secara online dengan pakar kesehatan kehamilan. Ibu bisa menanyakan apapun mulai seputar keluhan kesehatan hingga tentang perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *