3 Alasan Ini Yang Membuat Ibu Mengurungkan Niat Membeli Baby Walker

perlukah baby walker untuk si kecil
www.ibudanbalita.com

Mau membelikan baby walker untuk si kecil? Tunggu dulu. Silakan ibu putuskan sendiri tapi terlebih dahulu ibu bisa dengarkan penjelasan berikut ini.

Tentu saja sangat beralasan kenapa orang tua seperti ibu ingin sekali membelikan baby walker. Agar anak bisa cepat jalan, bukan?

Namun, apakah ibu yakin dengan baby walker anak cepat jalan? Coba ibu bisa pertimbangkan dulu penjelasan dari seorang pakar perkembangan balita yang sudah ditulis di ibu dan balita.

Memang sepertinya dengan alat tersebut, balita ibu akan lebih cepat belajar jalan. Tapi, coba pertimbangkan lagi.

  1. Balita Perlu Belajar Keseimbangan

Pada dasarnya, mulai sejak lahir, bayi mulai belajar keseimbangan. Lihat saja perkembangannya. Ketika ia mulai belajar tengkurap, si kecil belajar untuk menyeimbangkan tubuhnya agar tidak terguling lagi.

Begitu juga ketika ia belajar berdiri dan berjalan. Ia berusaha menyeimbangkan badannya agar bisa tegak berdiri dan bisa menggerakkan kaki untuk untuk melangkah tapi tidak terjatuh.

Lalu, bagaimana ia bisa belajar keseimbangan jika ada alat bantu berupa baby walker?

Jadi, dengan memberikan baby walker, justru ibu secara tidak langsung tidak mengajarkan bagaimana menjaga keseimbangan badan ketika berdiri dan belajar jalan.

  1. Melatih Otot dan Tulang

Yang tak kalah penting adalah latihan otot. Lihat bagaimana si kecil jalan. Maka, ototnya yang dilatih agar semakin kuat untuk menopang tubuhnya.

Bagaimana otot bisa terlatih jika ada alat bantu penopang badan berupa baby walker?

Selain kekuatan otot tulang juga perlu dilatih. Dan ini bisa terjadi secara natural jika bayi belajar berjalan secara alami tanpa alat bantu.

Memang tulang bisa saja kuat karena sudah mendapatkan nutrisi dari susu Frisian Flag. Akan tetapi, tetap saja pertumbuhan tulang yang kuat membutuhkan stimulus dari luar seperti belajar jalan.

Jadi, sayang sekali jika periode belajar jalan justru ibu membelikan baby walker. Itu artinya ibu mencegah tulang balita tumbuh semakin kuat karena tidak ada latihan lantaran si kecil berdiri dan berjalan dengan alat bantu jalan berupa baby walker.

  1. Resiko

Kenapa bisa beresiko? Bagaimana tidak. Ada roda di bagian bawah baby walker. Alat tersebut akan mudah menggeliding jika permukaan lantai tidak datar. Dan ini juga akan sangat berbahaya jika banyak sekali lantai dengan level yang berbeda di rumah ibu.

Tentu saja ibu tidak ingin hal buruk terjadi pada sang buah hati, bukan?

Meskipun demikian, bukan berarti ibu tidak boleh membelikan baby walker. Semua pilihan ada di tangan ibu. Toh ada juga saran yang dianjurkan jika akhirnya ibu membelikan alat tersebut, seperti yang sudah dijelaskan di situs ibu dan balita tentangĀ baby walker.

Akan tetapi, jika ibu tidak memiliki budget yang cukup, maka sebaiknya ibu tidak boleh memaksakan diri untuk membelikan baby walker.

Tidak membeli alat bantu jalan tersebut bukan berarti ibu kurang memberikan kasih sayang kepada sang buah hati. Yang perlu ibu lakukan hanyalah menyediakan waktu untuk membantu si kecil untuk berkembang. Toh masih banyak cara lain agar balita ibu cepat belajar jalan tanpa harus membelikan baby walker.

Membiarkan balita berkembang secara alami jauh lebih baik lho. Biarkan si kecil terbiasa bersusah-susah terlebih dahulu. Ketika dewasa nanti, ia tidak akan kaget jika menghadapi masalah.

Bukankah itu pembelajaran yang baik?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *