3 Hal Aneh yang Dirasakan Sebagai Tanda Awal Kehamilan

tanda awal kehamilan
Friso Indonesia

Hal-hal aneh dan tak biasa akan ibu rasakan saat ibu sedang hamil muda. Dan itu bukan tidak mungkin adalah tanda awal kehamilan.

Terkadang jika ibu tahu tanda-tanda tersebut, ibu akan merasa senang sekaligus susah. Senang karena ibu akan segera memiliki momongan. Susah karena kebanyakan tanda kehamilan tersebut membuat ibu sedikit kerepotan. Contohnya saja mual dan muntah atau yang sering disebut dengan morning sickness. Bagaimana ibu bisa bekerja jika makanan yang ibu konsumsi ibu keluarkan lagi?

Akan tetapi, yang dibahas kali ini tidak tentang mual atau muntah. Ada tiga tanda ibu hamil aneh yang biasanya dirasakan di awal kehamilan.

Sering Pipis

Memang wanita lebih sering buang air kecil jika dibandingkan dengan lelaki. Apalagi jika wanita sedang hamil. Frekuensi ke kamar mandi untuk buang air kecil akan semakin sering.

Kok bisa seperti itu? Sekilas tidak ada hubungan antara kehamilan dengan sering buang air kecil. Akan tetapi, secara medis hal ini bisa dijelaskan dan memang ada hubungan.

Setidaknya ada dua faktor penyebabnya. Yang pertama karena produksi hormone meningkat. Hal ini secara tidak langsung membuat beberapa organ tubuh bekerja lebih keras terutama ginjal. Dan hasilnya ibu hamil akan lebih sering ingin buang air kecil.

Mual Saat Di Ruang Makan

Terkadang ada pembicaraan yang dilakukan di ruang makan. Pembicaraan tersebut tentang kehamilan jika ibu justru kehilangan nafsu makan karena sering mual setiap kali berada di ruang makan.

Sebenarnya tidak hanya di ruang makan. Setiap kali ibu mencium aroma makanan apalagi makanan yang baunya menyengat, ibu mudah sekali mual dan akhirnya hilang nafsu makan ibu.

Apakah ibu pernah mengalami hal ini? Salah satu tanda awal ibu hamil adalah sensitivitas indera pembau lebih tajam. Hal inilah yang membuat ibu hamil mudah mual saat mencium makanan yang baunya menyengat. Walaupun makanan tersebut merupakan makanan yang ibu paling sukai, bukan tidak mungkin ibu tetap akan merasa mual dan akhirnya ogak makan.

Suka Tidur

Ada satu peraturan orang Jawa dahulu. Bawasannya wanita hamil tidak boleh tidur.

Sayangnya, pada saat awal kehamilan, ibu sering merasakan kantuk yang luar biasa. Hal ini juga disebabkan oleh pengaruh produksi hormone yang meningkat. Karena hormone yang meningkat, ibu akan merasa cepat lelah dan mudah mengantuk.

Bagaimana dengan larangan orang Jawa tersebut? Sebenarnya ada benarnya jika ibu harus melawan rasa kantuk tersebut. Karena jika ibu sering tidur ketika hamil, tubuh ibu akan lemas.

Padahal, mulai di awal kehamilan, seharusnya ibu menjaga kebugaran. Hal tersebut sangat penting agar janin juga sehat. Dan yang lebih penting lagi, jika ibu menjaga kebugaran, ibu akan siap untuk menjalani persalinan secara normal nanti. Karen tidak mungkin ibu bisa melewati persalinan normal jika kondisi badan ibu tidak fit.

Tiga hal tersebut mungkin aneh tapi benar adanya. Dan tiga hal tersebut menjadi pertanda awal kehamilan.

Ibu harus melakukan langkah antisipasi. Bukan mencegah tanda-tanda tersebut tapi agar hal tersebut tidak berdampak buruk.

Apalagi jika ibu dituntut untuk aktif walaupun sedang hamil. Maka ibu perlu menerapkan tips ibu hamil muda yang akan membuat ibu bisa menjalani aktivitas seperti biasa tanpa terganggu dengan keluhan kesehatan yang ibu rasakan di awal kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *