3 Hal Ini Penting Sebagai Langkah Persiapan Sebelum Melahirkan

persiapan sebelum melahirkan
www.friso.co.id

Mungkin ibu sudah merasa melakukan semua persiapan sebelum melahirkan. Ibu sudah membeli keperluan sang buah hati. Ibu sudah mengajukan cuti. Mengikuti program persiapan persalinan seperti yoga atau senam ibu hamil pun sudah ibu lakukan. Sepertinya persiapan melahirkan sudah sempurna.

Namun, tahukah ibu apa yang terlewatkan? Ibu harus mempersiapkan mental. Ini sangat penting terutama bagi ibu yang baru pertama kali akan melakukan persalinan. Ini merupakan pengalaman pertama yang membuat ibu deg-degan. Terkadang, hal inilah yang membuat mental turun. Pikiran dipenuhi dengan negative thinking seperti membayangkan rasa perih saat melahirkan, bagaimana jika persalinan tidak berjalan lancar, dan lain sebagainya.

Jadi, persiapan sebelum melahirkan yang sangat penting adalah persiapan mental.

Persiapan Mental Sebelum Persalinan

Pada intinya, ibu harus mampu membuang semua pikiran negatif. Tentu saja ibu merasakan kekhawatiran. Apalagi ini merupakan pengalaman hamil yang pertama. Ibu pasti dihantui dengan perasaan khawatir, takut, dan pikiran negatif lainnya. Dan inilah yang membuat mental ibu down. Dan akibat terburuk yang bisa terjadi adalah turunnya kesehatan ibu.

Hal buruk ini bisa dicegah dengan cara membuang pikiran negatif. Tentu saja ini bukan hal yang mudah. Diperlukan tips dan trik khusus agar semua negative thinking yang ada di benak ibu hilang. Inilah merupakan cara mempersiapkan sebelum melahirkan yang harus ibu lakukan.

Menghilangkan Pikiran Negatif

Setidaknya ada 3 hal yang bisa ibu lakukan untuk menguatkan mental serta menghilangkan pikiran negatif sebelum proses persalinan.

  1. Bertanya Pada Teman

Ibu bisa memilih teman yang sudah memiliki anak. Ibu bisa menggali informasi tentang bagaimana rasanya melahirkan sang buah hati.

Akan tetapi, ibu harus selektif memilih teman. Sebaiknya ibu memilih teman yang sangat dekat yang lebih memberikan informasi positif daripada informasi negatif. Kebanyakan orang akan menjelaskan informasi negatif seperti menceritakan rasa perih saat melahirkan, proses melahirkan hingga berjam-jam, dan lain sebagainya.

Memang itu bukan hal yang salah. Persalinan merupakan proses yang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Hanya saja, seharusnya ibu mendapatkan informasi yang bisa membuat ibu semakin bersemangat dan positive thinking sehingga mental ibu semakin siap untuk menghadapi proses persalinan.

Oleh sebab itu, ibu perlu memilih teman berbicara yang lebih memberikan hal positif agar ibu lebih optimis dalam menghadapi persalinan.

  1. Berkonsultasi Dengan Pakar

Informasi yang positif akan ibu dapatkan jika ibu meminta nasehat dari pakar. Dokter kandungan lebih menenangkan karena dokter selalu memberikan informasi yang positif. Dokter mengerti betul bagaimana psikologi seorang ibu yang akan menghadapi persalinan. Menguatkan hati menjadi tujuan utama ketika dokter memberikan masukan dan nasehat kepada seorang ibu hamil.

Dalam hal ini, ibu bisa konsultasi secara online dengan dokter kandungan. Jadi, kapanpun ibu ingin bertanya dan apapun pertanyaan yang ingin ibu tanyakan, tanyakan saja langsung dengan ahlinya.

  1. Memanjakan Diri

Jika ibu seorang pekerja, tentunya ibu sudah mengajukan cuti melahirkan, bukan? Dan inilah masa di mana ibu harus memanjakan diri. Cara inilah yang akan membuat ibu terbebas dari stress dan semua pekerjaan yang sering membebani pikiran. Dengan cara ini, ibu berarti sudah melakukan persiapan melahirkan karena ibu sudah menguatkan mental ibu sendiri.

Yang pasti, momen yang membahagiakan akan ibu rasakan, yaitu ketika sang buah hati lahir ke dunia dengan sehat dan selamat. Dan itulah yang ibu harus bayangkan sehingga tidak ada ruang di dalam benak ibu untuk memikirkan hal-hal yang negatif dan membuat ibu khawatir. Pada intinya, inilah tujuan utama dari melakukan persiapan sebelum melahirkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *