3 Hal Mengenai Cara Mendidik Anak yang Patut untuk Ibu Perhatikan

Cara Mendidik Anak
Friso Indonesia

Cara mendidik anak yang tepat adalah cara di mana ibu tidak mengekang si kecil untuk berkreasi. Namun di satu sisi, ibu tidak membiarkan si kecil begitu saja tanpa ibu memberikan panduan dan pendampingan agar si kecil mengerti mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dirinya.

Sayangnya, konsep tersebut terkadang tidak dipahami oleh para orang tua. Mereka lebih sering mengekang atau melarang jika anak melakukan suatu hal. Mereka tidak memahami bahwa larangan tersebut berdampak cukup buruk bagi psikilogi anak walaupun ibu memang memiliki alasan kenapa ibu melarang hal tersebut.

Terlepas dari itu semua, setiap anak memiliki potensi dan naluri sendiri untuk berkembang. Rasa ingin tahunya sangat tinggi. Inti dari tips mendidik anak adalah bagaimana ibu berperan mengarahkan si kecil agar berkembang ke arah yang baik.

Untuk itu, setidaknya ada tiga hal penting terkait dengan cara mendidik anak yang patut untuk ibu perhatikan. Apa saja itu?

Yang pertama adalah membelikan mainan yang tepat. Sekarang ini, banyak sekali mainan untuk anak-anak yang katanya sangat edukatif. Apakah ibu yakin dengan label mainan edukatif tersebut? Ternyata, tidak semua mainan edukatif untuk benar-benar memberikan edukasi untuk anak ibu lho. Contohnya saja mainan yang ada di gadget. Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa banyak sekali mainan di gadget yang bisa meningkatkan intelejensi anak, bukan? Namun, sayangnya ada efek negatif dari permainan ini. Kebanyakan permainan ini mengakibatkan anak kecanduan.

Oleh sebab itu, untuk kriteria mainan edukatif, sangat disarankan agar ibu memilihkan permainan yang menuntut si kecil berpikir sekaligus bergerak.

Cara mendidik anak yang kedua adalah membimbing anak ketika ia menonton TV. Salah satu hal yang sangat mempengaruhi perkembangan anak adalah TV. Saat masih bayi sekalipun, sang buah hati sangat mudah sekali tertarik dengan tayangan TV. Bahkan, anak ibu bisa tidak rewel saat menonton TV. Itulah bukti betapa signifikannya pengaruh TV terhadap anak.

Di satu sisi, jangan sampai pada saat anak ibu sudah mulai meniru orang lain justru meniru hal yang kurang baik yang ia tonton dari TV. Itulah mengapa kehadian ibu ketika anak ibu menonton TV sangat dibutuhkan. Ibu bisa mulai dengan memilihkan program yang baik untuk anak ibu. Setelah itu, ibu bisa mengajak anak untuk mengikuti dengan seksama program tersebut. Jika diperlukan, ibu bisa melakukan intervensi, yaitu menceritakan tentang apa manfaat atau moral value yang ingin disampaikan dari program tersebut. Ini merupakan cara mendidik anak yang tepat selain untuk meningkatkan intelejensi, juga membentuk pribadi anak yang baik.

Yang terakhir adalah mengajarkan anak untuk disiplin, kapan waktunya untuk bermain dan kapan waktunya untuk tidur. Dalam hal ini, sangat sulit sekali untuk membuat si kecil tidur pada waktunya. Menurut ahli perkembangan anak, salah satu tips mendidik anak yang baik adalah membiasakan si kecil tidur sebentar di siang hari dan juga tidur nyenyak di malam hari. Jika ibu mengalami kesulitan untuk membiasakan si kecil tidur yang cukup di siang dan di malam hari, ibu harus mencari tahu bagaimana caranya yang tepat.

Yang tak kalah penting lagi adalah manfaat tidur yang cukup bagi perkembangan otak anak. Jadi, selain mengajarkan kedisiplinan, kecerdasan otaknya juga berkembang. Itulah mengapa ibu perlu menerapkan cara mendidik anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *