3 Hal Penting untuk Ibu Lakukan Waktu Si Kecil Belajar Jalan

belajar jalan
Ibu dan Balita

Belajar jalan merupakan tahap perkembangan yang setiap orang tua nanti-nantikan. Apakah balita ibu sudah mulai belajar berjalan? Jika ya, selamat ya bu. Ibu pasti bangga dan senang sekali.

Akan tetapi, ibu tidak boleh hanya senang saja. Ada beberapa hal yang perlu untuk ibu lakukan ketika sang buah hati belajar jalan. Setidaknya 3 hal berikut ini sangat penting untuk dilakukan.

  1. Memilihkan Makanan yang Tinggi Kalori

Ibu harus siap-siap untuk bergerak terus dan lebih lelah ya. Hal ini dikarenakan si kecil akan lebih suka bergerak ke sana dan ke sini. Tentu saja ibu harus mendampingi si kecil setiap kali ia belajar jalan agar supaya ia tidak jatuh dan mengakibatkan hal yang fatal.

Karena si kecil semakin sering bergerak dan berjalan, ibu perlu menambahkan kalori. Pasalnya, balita ibu akan lebih banyak membutuhkan tenaga agar ia sudah mulai lebih aktif saat ia belajar jalan.

Lalu, apa saja makanan yang merupakan sumber kalori tinggi? Sebenarnya ASI saja sudah cukup. ASI sudah mengandung kalori yang sangat tinggi. Namun, tentu saja ibu ingin melatih si kecil untuk lebih banyak mengenal makanan yang lain, bukan? Oleh karena itu, ibu perlu memilihkan makanan yang kandungan kalorinya tinggi seperti pada ASI seperti pisang, alpukat, mangga, dan kacang-kacangan. Jadi, ibu bisa membuatkan MPASI yang terbuat dari bahan tersebut untuk menunjang perkembangannya khususnya ketika si kecil belajar jalan.

  1. Membuat Lingkungan Aman

Ibu pasti tidak ingin kan si kecil sempoyongan saat belajar berjalan dan akhir jatuh mengetai kursi. Untuk itu, ibu bisa menyingkirkan semua perabotan rumah tangga terlebih dahulu. Sementara waktu, ruangan bisa ibu rubah menjadi lesehan setidaknya sampai si kecil sudah belajar jalan secara lancar.

Hindari juga lantai yang licin. Sering kali si kecil berjalan sambil membawa makanan. Mungkin saja makanan tersebut jatuh ke lantai dan membuat lantai licin. Jika lantai tidak dibersihkan, tentu saja si kecil bisa jatuh.

Untuk itu, usahakan setiap kali si kecil tidur, ibu membersihkan lantai agar ketika ia terbangun dan mulai belajar jalan lagi, lantai sudah bersih dan tidak licin.

  1. Memijit Kaki Si Kecil

Siap-siap saja karena si kecil akan mudah menangis sebelum ia tidur. Hal ini dikarenakan ia merasa capai setelah seharian belajar jalan. Untuk itu, sewaktu si kecil terlelap, ibu jangan buru-buru tidur ya. Ibu perlu memijit kaki si kecil secara perlahan. Jika perlu, ibu bisa menggunakan minyak telon agar otot yang tegang bisa rileks.

Intinya, ibu harus bersiap untuk lebih repot lagi ketika si kecil sudah mulai belajar berjalan. Ketika ia mulai belajar bicara, ibu juga akan semakin repot lagi karena harus meladeni untuk berkomunikasi dengan si kecil.

Namun, rasa capai tersebut tidak akan terasa jika ibu menjalankan peran ibu dengan senang. Hal ini penting untuk dicamkan. Jika ibu merasa capai, tentu rasa capai tersebut sudah mulai terasa ketika ibu memberikan perawatan bayi. Saat balita, rasa capai tersebut semakin berat. Namun, jika ibu senang menjalaninya, capai tersebut pasti tidak terasa.

Itulah 3 hal yang perlu ibu lakukan saat si kecil mulai belajar berjalan. Yang jelas, peran ibu sebagai orang tua sangat penting. Ibu bisa mengetahui hal-hal lain seputar anak belajar jalan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *