3 Hal Wajib Dilakukan Setiap Hari untuk Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

Kesehatan Wanita Hamil
Ibu dan Balita

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Saking banyaknya, ibu tidak tahu apa yang harus ibu lakukan terlebih dahulu.

Akan tetapi, setiap hari ibu harus melakukan tiga hal ini. Tidak alasan tidak memiliki waktu atau malas. Jika ibu ingin memastikan ibu sehat hingga masa persalinan dan janin di dalam kandungan berkembang normal, maka tiga hal berikut ini wajib ibu lakukan setiap hari.

Yang pertama, senam. Susah sekali mengajak diri sendiri untuk senam. Padahal, ibu tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk senam. Ibu cukup sediakan 5-10 menit saja. Jika ibu konsisten melakukan senam setiap pagi, maka ibu akan merasakan tubuh ibu ringan dan ibu bisa beraktivitas dengan penuh semangat.

Gerakan yang ibu perlu lakukan juga tidak terlalu rumit. Ibu hanya perlu melakukan gerakan untuk merenggangkan otot-otot bagian tubuh tertentu seperti kaki, tangan, dan kepala.

Gerakan senam ibu hamil yang bisa ibu lakukan setiap pagi adalah gerakan berbaring, kedua kaki di tekuk dan mengangkat bagian perut. Cara ini sebaiknya ibu sering lakukan ketika masa persalinan sudah hampir tiba. Gerakan ini akan membuat persalinan mudah dan lancar.

Yang kedua adalah istirahat. Tentu bukan asal istirahat. Namanya istirahat, ibu benar-benar memiliki quality time untuk diri ibu sendiri.

Bagi ibu yang kesehariannya bekerja di kantor, istirahat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai ibu selalu tegang dan stress. Stress tidak hanya mengganggu kesehatan ibu hamil tapi juga janin di dalam kandungan.

Ketika ibu tegang dan stress, peredaran darah terhambat. Oksigen tidak bisa disalurkan dengan baik ke janin. Dan bukan tidak mungkin hal ini akan berakibat buruk bagi kesehatan janin, bukan?

Itulah mengapa istirahat sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Ibu bisa meminta suami untuk memijat telapak kaki ibu. Atau, ibu bisa meluangkan waktu untuk relaksasi. Cukup duduk bersila lalu pejamkan mata. Jika perlu, putar musik klasik agar meringankan ketegangan yang ibu alami karena bekerja kerja di kantor.

Yang ketiga adalah tidur. Sering begandang karena kerjaan menumpuk? Sebaiknya ibu hindari hal tersebut. Begadang bukan saja tidak bagus untuk kesehatan ibu hamil tapi juga kesehatan janin.

Tubuh ibu perlu istirahat. Dan saat ibu tidur, tubuh akan melakukan aktivitas seperti melakukan regenerasi sel. Dan bayangkan jika ibu kekurangan waktu tidur? Tentu proses regenerasi sel tidak bisa maksimal.

Dan yang paling parah lagi, begadang bisa membuat kesehatan ibu menurun. Selama masa hamil, seharusnya ibu bisa membagi waktu kapan bekerja dan kapan beraktivitas.

Tiga hal ini, yaitu senam, istirahat, dan tidur harus dijadwalkan dengan baik jika ibu ingin sekali menjaga kesehatan kehamilan. Kelihatannya mudah untuk melaksanakan tiga hal tersebut. Akan tetapi, selalu saja ada halangan yang membuat ibu terkadang terlewatkan untuk melakukan hal tersebut.

Butuh komitmen yang keras agar ibu bisa selalu menjaga kesehatan kehamilan. Mungkin, jika ibu tahu betapa pentingnya janin di dalam kandungan sehat dan ibu ingin bayi lahir normal tanpa ada kekurangan apapun, ibu pasti akan dengan mudah menerapkan tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil.

Atau ibu ingin sekali melakukan persalinan normal? Jika ya, jaga terus kesehatan kehamilan dengan menerapkan tiga hal tersebut; senam, istirahat, dan tidur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *