3 Kandungan Nutrisi Ibu Hamil Utama Pada Buah Pepaya

Nutrisi Ibu Hamil
Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil apa saja yang terkandung di dalam buah pepaya? Pertanyaan ini yang mungkin juga ibu tanyakan saat ini. Ibu akan segera mendapatkan jawaban selengkapnya berikut ini. Yang jelas, banyak sekali manfaat yang bisa ibu dapatkan jika mengkonsumsi buah pepaya saat hamil. Meskipun buah ini dianggap bukan buah dengan harga yang mahal, ternyata manfaat yang diberikan untuk ibu hamil sangat luar biasa.

Kandungan di Dalam Buah Pepaya

Orang Jawa Tengah menyebut buah pepaya ini dengan nama gandul atau kates. Buah ini biasanya tumbuh di persawahan. Buah ini kebanyakan tidak dibudidayakan. Pohon pepaya hanya digunakan agar persawanan sedikit rindang.

Namun, tidak disangka jika buah pepaya mengandung nutrisi untuk ibu hamil. Salah satunya adalah asam folat. Meskipuan kadarnya sangat rendah, setidaknya dengan mengkonsumsi asam folat, ibu bisa mengurangi resiko janin yang ada di dalam rahim mengalami masalah perkembangan saraf.

Selain itu, kandungan vitamin C nya pun cukup tinggi. Vitamin C ini diperlukan untuk membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Dengan demikian, selama masa kehamilan, ibu tidak akan mudah sakit. Nutrisi ibu hamil berupa vitamin C ini akan menghindarkan ibu terkena flu saat musim hujan seperti saat ini.

Jika ibu memiliki riwayat tekanan darah tinggi, tidak salah jika ibu menjadikan pepaya sebagai buah yang ibu konsumsi setiap hari. Pasalnya, salah satu kandungan nutrisi ibu hamil yang ada pada buah yang satu ini adalah kalium. Nutrisi inilah yang akan mengontrol produksi natrium. Walhasil, ibu akan terhindar dari masalah tekanan darah tinggi.

Apakah ibu seorang wanita karir? Tidak sedikit wanita karir yang sedang hamil mengalami dehidrasi. Pekerjaan yang berat membuat ibu lupa untuk mengkonsumsi air. Padahal, air yang ibu butuhkan lebih banyak saat hamil.

Akan lebih nikmat jika ibu menjadikan buah pepaya sebagai cemilan. Mengkonsumsi buah pepaya saat bekerja tentu saja tidak akan mengganggu pekerjaan, bukan? Lebih dari itu, pepaya juga akan mencegah ibu mengalami dehidrasi.

Efek Samping Buah Pepaya Bagi Ibu Hamil

Dari penjelasan tersebut di atas, ternyata banyak sekali nutrisi ibu hamil yang bisa memberikan manfaat langsung untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat buah pepaya 100% aman bagi ibu hamil. Ada efek samping yang bisa saja terjadi. Kandungan berupa senyawa pepsins di dalam buah pepaya bisa membuat ibu alergi. Selain itu, pepaya juga bisa menyebabkan keguguran jika ibu mengkonsumsi pepaya yang masih mentah. Hal ini juga disebabkan oleh senyawa pepsins di dalam getah pepaya.

Oleh sebab itu, ibu harus pastikan bahwa pepaya yang ibu pilih sudah benar-benar matang agar ibu bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi ibu hamil yang terkandung di dalam buah tersebut.

Terlepas dari itu semua, ibu juga harus menjaga agar tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat selama kehamilan. Percuma saja jika ibu mendapatkan nutrisi untuk ibu hamil namun ibu juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak menyehatkan.

Yang harus benar-benar ibu hindari adalah mengkonsumsi minuman berkarbonasi. Memang minuman semacam ini sangat menyegarkan apalagi diminum di siang hari pada saat udara panas sekali. Namun, tidak ada kebaikan dari mengkonsumsi minuman berkarbonasi karena memang tidak mengandung .

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *