3 Manfaat Bersepeda bagi Tumbuh Kembang Balita

Tumbuh Kembang Balita
Ibu & Balita

Tumbuh kembang balita bisa juga dipengaruhi oleh aktifitas setiap hari. Dalam hal ini, ibu yang bijak akan memilihkan beberapa permaian atau aktifitas yang bagus untuk tumbuh kembangnya. Bagaimana dengan ibu? Apakah ibu merasa sudah memberikan permainan yang tepat untuk si kecil?

Jika berbicara tentang perkembangan balita, tentu banyak hal yang harus dibahas, mulai dari nutrisi, jenis makanan, game, peran orang tua, dan lain sebagainya. Namun, akan lebih sederhana jika ibu memahami satu persatu.

Kali ini, ibu harus tahu bagaimana kegiatan bersepeda itu sangat baik untuk tumbuh kembang balita. Tentunya jika balita ibu sudah bisa bersepeda ya. Ketika usia si kecil sudah lebih dari 3 tahun, secara umum balita sudah bisa diajari bersepeda. Apalagi jika ibu tahu kebaikan dari kegiatan yang satu ini untuk perkembangan balita, pasti ibu akan lebih semangat untuk mengajari si kecil agar bisa bersepeda.

Bersepeda Mengajarkan Mengatur Keseimbangan

Satu hal yang akan dipelajari oleh si kecil ketika ia belajar bersepeda adalah mengatur keseimbangan. Apakah ibu masih ingat pertama kali si kecil mulai belajar jalan? Pada saat itu, ia pasti susah sekali untuk menjaga keseimbangan badan ketika berdiri dan melangkahkan kaki, bukan? Saat ia sudah bisa tegak berdiri dan bisa melangkahkan satu atau dua langkah, pasti ibu sangat senang dan bangga. Si kecil pun merasa senang.

Pada saat belajar bersepeda, balita ibu akan belajar keseimbangan tahap selanjutnya. Tentu saja ibu harus mengawasi saat balita belajar bersepeda agar tidak jatuh dan terluka parah. Jatuh saja wajar, akan tetapi pengawasan ibu akan membuat jatuh dari sepeda tidak parah.

Bersepeda Mengajarkan Anak untuk Fokus

Terkadang, balita itu tidak fokus pada satu hal. Contohnya saja jika mengahadapi berbagai jenis mainan. Maka sebelum menyelesaikan permainan yang satu sudah beralih ke permainan yang lainnya. Itu artinya si kecil tidak fokus.

Apakah hal ini berpengaruh terhadap tumbuh kembang balita? Secara langsung memang tidak. Namun, saat dewasa nanti, si kecil harus belajar fokus. Karena hanya dengan fokus lah si kecil akan mempelajari suatu hal secara mendalam.

Oleh sebab itu, bersepeda akan memberikan stimulus agar balita ibu mulai belajar untuk fokus. Diharapkan, ia selalu fokus jika mempelajari suatu hal di kemudian hari nanti.

Bersepeda Mengajarkan Balita untuk Bersosialisasi

Bersepeda bisa dijadikan cara untuk bersosialisasi dengan rekan sebayanya. Tentu saja sosialiasi termasuk bagian yang penting dalam proses perkembangan balita. Bersepeda merupakan permainan yang tepat agar balita ibu aktif dan mudah bergaul dengan orang lain.

Berbeda jika ibu terlalu memanjakan si kecil dengan permainan berbasis gadget. Ia akan cenderung menjadi anak yang pasif dan susah bergaul dengan orang lain. Tentu saja ibu tidak ingin tumbuh kembang balita seperti itu, bukan?

Jadi, banyak hal positif yang bisa didapatkan oleh balita dari permainan bersepeda ini. Bahkan, ibu bisa menjalin kedekatan emosional yang lebih kuat jika ibu sering bersepeda dengan balita. Jika ibu bingung menentukan kegiatan apa yang bisa ibu lakukan bersama sang buah hati, kenapa ibu tidak mencoba untuk melakukan kegiatan bersepeda. Ibu bisa luangkan waktu di pagi atau di sore hari. Atau, ibu bisa membuat jadwal bersepeda setiap weekend.

Pasti sangat mengasyikkan, bukan? Dan yang pasti, bersepeda itu sangat baik sekali bagi tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *