3 Tips Mendidik Anak agar Tumbuh Menjadi Pribadi yang Tidak Manja

tips mendidik anak
Friso Indonesia

Tips mendidik anak harus mulai ibu ketahui. Jika si kecil sudah memasuki usia 3 tahun, maka ibu perlu tahu bagaimana cara mendidik si kecil agar tidak manja. Tentu saja ibu tidak ingin melihat sang buah hati selalu manja dengan orang tua, bukan? Karena jika hal tersebut terjadi, maka ibu akan susah sekali untuk menjadikannya anak yang mandiri saat ia sudah dewasa nanti.

Kenapa Harus Dimulai Saat Usia 3 Tahun

Mungkin muncul pertanyaan yang ada di benak ibu kenapa saat usianya baru mencapai 3 tahun ibu harus menerapkan tips mendidik anak agar ia tidak manja. Pertanyaan ini pula yang dilontarkan oleh banyak sekali orang tua.

Ibu harus tahu bahwa saat si kecil mencapai usia 3 tahun, maka daya tangkap otaknya sangat cepat. Ia menjadi anak yang mudah sekali belajar hal-hal yang baru. Para ahli kesehatan balita mengatakan bahwa usia 3 tahun merupakan usia keemasan.

Sayang sekali jika justru ibu salah dalam menerapkan cara mendidik anak. Karena kesalahan tersebut akan berlarut-larut. Apa yang ia pelajari saat usianya mencapai 3 tahun akan membekas hingga dewasa nanti.

Itulah mengapa saat usianya mencapai 3 tahun, ibu sebaiknya mulai menerapkan tips mendidik anak agar ia mulai belajar mandiri. Tujuannya hanya satu, yaitu agar ia nantinya tumbuh menjadi pribadi yang tidak manja, khususnya manja dengan orang tuanya sendiri.

Apa yang Ibu Harus Lakukan?

Yang pertama adalah ibu harus lebih sering memberikan instruksi sederhana. Saat usia si kecil menginjak 3 tahun, ia sudah bisa berkomunikasi dengan ibu. Oleh sebab itu, ibu harus mulai memberikan instruksi sederhana seperti meminta si kecil untuk buang sampah pada tempatnya, membantu membersihkan lantai, merapikan pakaian, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, ibu harus sedikit bersabar. Pasalnya, tidak mudah untuk membiasakan si kecil mengerjakan pekerjaan sederhana sendiri sesuai dengan instruksi dari ibu. Ibu harus konsisten memberikan instruksi sehingga si kecil terbiasa.

Memberikan Tugas sebelum Memberikan Hadiah

Sering sekali anak balita 3 tahun meminta baju atau mainan baru. Mereka akan merengek bahkan menangis saat meminta barang tersebut. Apakah ibu akan langsung memberinya?

Tips mendidik anak yan satu ini harus ibu terapkan jika ibu tidak ingin si kecil terus merengek setiap kali meminta sesuatu. Ibu harus ajarkan bagaimana ia harus berusaha agar mendapatkan apa yang ia inginkan. Berikan tugas sederhana sebelum akhrinya ibu memberikan apa yang si kecil inginkan. Apa yang ia dapatkan merupakan hadiah dari usaha yang ia lakukan.

Membelikan Mainan yang Tepat

Tentu ibu sangat ingin sekali membuat si kecil bahagia dengan cara membelikan mainan. Akan tetapi, akan lebih baik jika ibu membelikan mainan yang bisa membuatnya mandiri. Belikan mainan yang menunjang kegaitannya sehari-hari, bukan seperti gadget yang justru membuat si kecil bermalas-malasan.

Itulah beberapa tips mendidik anak yang bisa ibu terapkan. Semoga si kecil tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Ibu sekarang mengerti betapa peran ibu sangat penting untuk menentukan masa depan sang buah hati. Oleh sebab itu, ibu tidak boleh bosan mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan parenting, yaitu yang berkaitan dengan pengetahuan seputar perkembangan balita serta bagaimana tips mendidik anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *