5 Ciri Bayi Sehat Ketika Baru Berusia 1 Minggu

bayi sehat
Source: Nick And Gen’s Healthy Life

Sangat wajar jika ibu sebagai orang tua khawatir setelah proses persalinan selesai. Yang ada dibenak ibu pasti sebuah pertanyaan, apakah bayi sehat? Dan sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui apakah bayi yang ibu lahirkan dalam kondisi sehat atau tidak.

Yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana perkembangannya selama 1 minggu ke depan. Ini menjadi patokan apakah si kecil sehat. Bahkan perkembangan bayi sangat ditentukan dalam kurun waktu yang singkat tersebut.

Berikut ini 5 tanda jika bayi sehat.

1. Menangis Kencang

Bayi yang baru dilahirkan pasti menangis kencang. Itu kata kebanyakan orang. Pada kenyataannya tidak lho bu. Ada juga bayi yang baru saja dilahirkan tapi tidak mengeluarkan suara tangis.

Tentu saja tidak menangis bukan berarti bayi itu pasti dalam kondisi yang kurang sehat. Akan tetapi, secara umum, bayi yang sehat adalah bayi yang menangis keras setelah dilahirkan.

2. Berat Badan

Berapa berat badan normal bayi yang baru dilahirkan? Ada baiknya ibu mengetahui standar yang sudah ditentukan oleh WHO. Menurut badan kesehatan dunia ini, bayi yang baru dilahirkan dikatakan sehat jika berat badannya di atas 2,5 kilogram. Biasanya, penanganan intensif akan dilakukan oleh dokter anak jika bayi ibu memiliki berat badan yang rendah.

3. Warna Feses

Feses atau kotoran bayi yang keluar dubur memiliki karakteristik serta warna tersendiri. Bayi yang sehat mengeluarkan feses dengan tekstur sedikit cair dan warnanya hijau.  Feses dengan warna hijau ini akan keluar hingga 7 hari setelah kelahiran. Baru kemudian warna feses menjadi sedikit kekuning-kuningan.

4. Warna Urin

Bagaimana dengan warna urin? Bayi yang sehat akan mengeluarkan urin yang jernih. Hal ini disebabkan tidak ada asupan gizi yang ia dapatkan selain dari ASI.

5. Tidur Lelap

Ciri bayi yang sehat lainnya adalah memiliki kualitas tidur yang baik. Tidak jarang bayi yang selalu terbangun di malam hari dan menangis sekencang-kencangnya. Orang-orang terdahulu akan mengatakan bayi mengalami sawanen, istilah yang digunakan untuk menggambarkan bayi diganggu makhluk halus. Ini penjelasan dari kaca mata dunia mistis.

Akan tetapi, dari segi dunia kesehatan, ternyata hal ini tidak lain disebabkan kondisi kesehatan yang kurang baik. Ada kemungkinan bayi ibu mengalami kelelahan, kurang nyaman berada di kamar, dan lan seterusnya. Oleh sebab itu, ada baiknya ibu pastikan si kecil tidur 3-4 kali sehari agar ia tidak kelelahan dan bisa tidur di malam hari dengan nyenyak. Dan yang tak kalah penting lagi adalah suasana di dalam ruangan. Buat ruangan bayi senyaman mungkin. Perhatikan sirkulasi udara dan sebisa mungkin sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan.

Setidaknya lima hal tersebut bisa menjadi patokan bawasannya bayi ibu sehat. Langkah selanjutnya yang harus ibu lakukan adalah menerapkan cara merawat bayi yang tepat. Dapatkan semua hal yang terkait dengan perawatan bayi di www.ibudanbalita.com. Ibu juga bisa konsultasi dengan dokter anak di sana. Jika ada masalah yang dialami oleh si kecil seperti bayi pilek, kulit mengalami alergi, atau keluhan kesehatan bayi lainnya, konsultasikan secara online dengan pakarnya di situs Ibu Dan Balita.

Banyak hal yang harus ibu lakukan untuk memastikan kesehatan bayi terjaga. Tumbuh kembang si kecil sangat tergantung pada kondisi kesehatannya. Oleh sebab itu, ibu harus fokus memastikan bayi sehat selalu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *