5 Tanda Awal Kehamilan Secara Fisik yang Bisa Dilihat Kasat Mata

tanda awal kehamilan
Friso Indonesia

Memang cara yang paling mudah dan paling tepat untuk mengetahui apakah ibu hamil atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan USG.

Namun, banyak sekali wanita yang malu untuk melakukan pemeriksaan USG. Mereka khawatir jika ternyata tidak hamil. Padahal ekspektasi mereka sudah ada janin yang ada di dalam rahim.

Untuk itu, sebaiknya ibu ketahui dulu 5 tanda-tanda kehamilan secara fisik berikut ini. Siapapun bisa mengetahuinya.

Hanya saja, 5 hal berikut ini hanya tanda-tanda saja ya. Belum ada kepastian 100% bawasannya ibu sedang hamil. Setidaknya, ibu bisa lebih mantap untuk segera datang ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan pemeriksaan kehamilan jika sudah terlihat 5 tanda awal kehamilan berikut ini.

Terlihat Lebih Seksi

Seksi sangat subyektif sekali. Namun, secara umum, banyak orang yang mengatakan bahwa wanita seksi itu memiliki bentuk bokong yang padat dan paha yang sedikit berisi.

Khusus jika ibu memiliki tubuh yang langsing atau bahkan cenderung kurus, jika merasa bokong terasa lebih padat dan paha membesar, ada kemungkinan ibu sedang mengandung.

Dua hal tersebut biasanya muncul di awal kehamilan. Itulah mengapa banyak yang menyangka seorang wanita hamil jika bokongnya terlihat lebih besar dan pahanya lebih berisi.

Jadi, kabar yang membahagiakan, bukan? Selain mengetahui ibu akan memiliki sang buah hati, ibu juga terlihat lebih seksi lho.

Rambut Terasa Lebih Lebat

Mengetahui tanda kehamilan bisa dilihat dari rambut. Biasanya, rambut seorang wanita yang hamil itu tumbuh lebih lebat. Bahkan, yang tumbuh itu tidak hanya rambut kepala saja, tapi rambut di bagian tubuh yang lain seperti tangan dan juga kaki.

Mengkhawatirkan? Tidak juga. Ibu tidak perlu khawatir karena hal tersebut hanya terjadi saat awal kehamilan saja. Ketika usia kehamilan sudah tua, justru ibu akan mengalami kerontokan rambut. Dan sedikti demi sedikit, bulu yang tumbuh di tangan dan kaki akan berangsur-angsur rontok. Tangan dan kaki akan terlihat mulus kembali.

Dada Membesar

Jika rasa-rasanya ukuran dada (payudara) semakin besar, ada kemungkinan itu tanda awal sebuah kehamilan.

Kenapa demikian? Karena saat awal kehamilan, payudara wanita hamil sudah mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI. Pada saat kehamilan trimester pertama, kelenjar susu sudah mulai terbuat. Pada saat yang bersamaan, payudara rasanya lebih kencang dan besar.

Ada Bercak Hitam

Ini tanda kehamilan yang paling banyak dikeluhkan. Kebanyakan wanita hamil akan mengalami masalah yang satu ini, yaitu munculnya bercak hitam pada wajah.

Bercak hitam ini muncul karena faktor hormonal. Saat awal kehamilan, hormone yang diproduksi ternyata mengacaukan proses pigmentasi kulit. Kejadian ini sering disebut dengan “topeng kehamilan”.

Ada istilah medisnya, yaitu chloasma atau melasma. Agar bercak hitam tidak semakin banyak, ibu hamil muda disarankan tidak terlalu sering terpapar sinar mahahari.

Mengalami Gusi Berdarah

Kelihatannya tidak ada kaitannya antara kehamilan dengan gusi berdarah. Namun, coba perhatikan penjelasan berikut ini.

Pada awal kehamilan, seorang wanita memerlukan banyak sekali kalsium. Gunanya perkembangan janin di dalam kandungan.

Jika ibu tidak menyadari hal ini, ibu akan mengkonsumsi makanan yang biasa dan tidak menambahkan kandungan kalsiumnya. Walhasil, janin akan mengambil kalsium dari gigi. Dan ibu akan menderita gusi berdarah.

Itulah mengapa tanda kehamilan awal biasanya berupa gusi berdarah. Dan ini lebih disebabkan seorang ibu hamil kekurangan asupan nutrisi berupa kalsium.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan yang harus ibu ketahui. Jika tanda-tanda itu muncul, selanjutnya ibu bisa melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan apa benar ada janin di dalam kandungan atau tidak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *