5 Tips Mudah Agar Anak Mau Makan

id.theasianparent.com

Anak-anak memiliki berbagai karakteristik, mulai dari sifat sampai dengan makan. Kegiatan memberi makan si kecil terkadang membuat Ibu kehabisan akal dan kesabaran apabila si kecil tergolong anak yang sulit makan. Entah memang sulit makan secara keseluruhan ataupun sulit makan makanan tertentu saja. Bagaimana sih agar anak mudah diajak dan diberi makan? Yuk, simak x tips di bawah ini.

Kenali penyebab anak malas makan

Ada ungkapan “tak kenal, maka tak sayang”. Begitu pula dengan penyebab anak malas makan. Untuk mengatasi suatu masalah, tentunya Ibu perlu tahu akar masalah tersebut. Banyak hal yang membuat anak malas makan, di antaranya, anak tidak merasa lapar, sedang sakit atau merasa tidak nyaman, maupun merasa tertekan. Sudah tertentu penyebab yang berbeda membutuhkan tindakan mengatasi yang berbeda.

Buatlah makan menjadi hal yang menyenangkan

Bagi anak yang terlalu aktif terkadang duduk tenang saat makan dapat menjadi masalah. Anak dapat merasa bosan. Untuk mengatasinya, Ibu dapat menyiasatinya dengan membuat anak merasa nyaman saat berada di tempat makan, seperti mengajak anak berbicara, maupun membuat anak makan bersamaan dengan melakukan kegiatan yang ia sukai.

Namun, ada kalanya anak pendiam dan cenderung tertutup dapat mengalami hal ini. Kemungkinan besar anak Ibu pernah mengalami pengalaman buruk saat makan, seperti tertelak tulang maupun pernah dimarahi saat sedang makan. Jika hal tersebut terjadi, Ibu perlu introspeksi diri dan memberi pengertian kepada anak.

Apabila anak hanya memilih makanan tertentu untuk dikonsumsi, seperti fast food, Ibu perlu melakukan pendekatan tertentu. Sajikanlah makanan yang dapat menarik minat anak, misalnya membentuk makanan dengan model yang lucu dan warna beragam. Ada baiknya pula, Ibu memilih peralatan makan yang berkaitan dengan hal-hal yang anak sukai, contohnya kartun. Selain itu, Ibu juga dapat mengajak anak untuk membantu dalam proses membuat ataupun menghias makanan, sehingga rasa ingin tahunya meningkat. Cara lainnya ialah mengajak anak makan bersama teman. Biasanya anak akan lebih mudah makan, jika temannya ikut makan juga.

Membiasakan pola makan teratur

Terkadang anak merasa malas makan karena tidak merasa lapar. Hal ini dapat disebabkan karena sebelum waktu makan besar, anak sudah terlalu banyak makan cemilan. Ibu, walaupun kelihatannya cemilan tersebut berporsi kecil, tetapi setiap makanan ataupun minuman ringan tetap memiliki kalori. Oleh karena itu, batasilah anak memakan makanan maupun minuman ringan sebelum waktu makan dan usahakan ada jeda waktu antara konsumsi cemilan dan makan besar.

Berikan makanan yang sesuai dengan kondisi anak

Apabila anak sedang merasa kurang nyaman, jenis dan rasa makanan yang disajikan dapat diganti dengan makanan yang bertekstur lebih halus dan tidak memiliki rasa terlalu pekat. Jika anak merasa bosan dengan makanan yang ada, kemungkinan Ibu terlalu sering menyediakan makanan yang sama, maka atur ulanglah menu makan harian anak. Namun, rasa bosan makan dapat terjadi karena anak semakin mengenal rasa. Oleh karena itu, Ibu dapat menyesuaikan rasa makanan dengan selera anak.

Ubahlah secara perlahan

Jika Ibu sedang berusaha mengubah pola makan, jenis dan rasa makanan yang disajikan, jangan menuntut pembiasaan diri anak terlalu cepat. Cobalah sedikit, tunggu anak merasa nyaman, lalu ubahlah sedikit lagi, sehingga anak tidak kaget. Tenanglah, lama-lama anak akan terbiasa. Hal yang perlu diperhatikan lainnya ialah jagalah emosi Ibu. Saat melakukan perubahan, ditolak adalah hal yang biasa. Usahakanlah agar tidak lekas marah karena ditolak karena akan membuat anak takut untuk mencoba hal baru.

Sudah tahu apa yang Ibu perlu lakukan untuk memancing anak untuk makan? Ayo, lakukan sekarang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *