6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil
Source: New Age Pregnancy

Kehamilan berjuta rasanya. Mulai dari kebahagiaan dinyatakan hamil serta sambutan senyum pasangan mengelus perut bunda. Hanya ada beberapa kekurangan saat hamil salah satunya rasa mual. Sepertinya semua ibu hamil berbagi nasib mengenai rasa mual. Tidak jarang ibu hamil sampai tidak tahan muntah setiap harinya.

Cara mengatasi mual saat hamil menjadi topik yang paling banyak dicari. Mulai dari alami sampai kimia. Sebenarnya, ada juga cara mengatasi mual dengan mudah asalkan rutin tanpa menyusahkan bunda. Dibawah ini adalah beberapa saran yang bisa dipraktekkan berdasarkan penyebab mual itu sendiri. Penasaran? Mari simak penjelasan berikut

  1. Sedikit demi sedikit lebih bagus
    Namanya ibu hamil sering lapar tentu hal wajar. Tidak hanya bunda saja yang butuh makan namun juga janin yang dikandungnya. Biasanya bunda akan makan banyak dalam 1 waktu, padahal seharusnya bunda bisa menahan diri. Tidak berarti lantas bunda tidak mau makan dan memilih menunggu sampai jam makan besar tiba. Rasa mual akan menjadi – jadi setiap kali perut bunda kosong barang sekali saja. Solusinya adalah dengan makan berulang – ulang setiap waktu dalam porsi sedikit daripada sekali makan porsi jumbo. Kalau perlu, masak cukup sekali dalam porsi lumayan namun dimakan sedikit demi sedikit setiap hari.

  2. Makanan dingin
    Aroma sup direbus, gorengan masuk minyak biasanya menggelitik hidung. Para pecinta masak tentu menikmati momen – momen dimana masakan sudah mulai matang dan menggoda iman dengan berbagai bau – bauan yang dikeluarkan. Setelah diteliti secara ilmiah ternyata salah satu penyebab rasa mual pada ibu justru ada pada bau masakan. Masakan panas cenderung beraroma lebih kencang dengan asap yang mengebul bukan sahabat baik bagi ibu hamil. Daripada menghidangkan makanan hangat segar di depan bunda, justru lebih baik menaruh di kulkas sampai dingin. Makanan dingin memang terlihat tidak berjiwa karena tidak ada bau serta hanya bisa dirasakan pengkonsumsinya saja. Tak adanya bau sangat membantu ibu untuk menghabiskan makanan tanpa rasa mual.

  3. Minum air putih
    Air putih telah menjadi jagoan dalam dunia kesehatan selama bertahun – tahun lamanya. Standar minum air putih minal 3 botol sehari atau 1 liter telah dikumandangkan sejak lama. Air putih juga menjadi minuman paling tepat mengatasi rasa mual ibu hamil dan juga paling murah. Tanah air Indonesia kaya akan alam sehingga air tidak lagi menjadi problematika. Ibunda bisa menemukan air dengan mudah kini hanya perlu memanfaatkannya. Tidak perlu menunggu jam makan setiap kali harus menenggak air minum, justru setelah makan disarankan minum air putih setiap waktunya.

  4. Makan ala putri raja
    Ibu hamil memang layak diperlakukan seperti putri raja. Bagaimana tidak, tanpa balas jasa berarti ibu hamil membawa keajaiban dunia dimana ada manusia kecil berkembang dalam tubuhnya. Makan diatas kasur menggunakan meja justru alternatif yang tepat untuk mencegah rasa mual berlebihan. Meja lipat yang banyak digunakan anak TK (Taman kanak kanak) juga bisa digunakan ibu hamil untuk makan diatas kasur. Cukup tata saja makanan diatas meja lipat dan hidangkan pada saat ibu baru bangun. Contoh hidangan adalah segelas jus delima dan sepotong roti. Alasan makan diatas kasur adalah rasa mual dipicu pagi hari pada saat perut kosong. Berdiri dengan perut kosong hanya mengundang ibu masuk ke kamar mandi dan muntah. Jauh lebih baik bila ibu makan sedikit dulu di kasur sebelum bangkit dan beraktivitas.
  5. Istirahat yang cukup
    Angkat beban di gym saja bisa berujung rasa capek luar biasa dan butuh waktu istirahat yang cukup padat. Bayangkan pada kondisi ibu hamil yang musti membawa perut besar berisi janin kemana – mana tanpa henti, pasti capek sekali. Dibanding kondisi lain, ibu hamil sebenarnya paling membutuhkan istirahat. Rasa mual kian menyerang apabila kondisi tidur tidak terjaga dengan baik. Tidur 8 jam atau lebih sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Kalau perlu, ibu sebaiknya tidur siang setiap harinya atau tiap ada kesempatan.
  6. Minum susu kehamilan

Saran terakhir dalam daftar cara mengatasi rasa mual saat hamil ada pada susu kehamilan. Era kini sudah banyak iklan menawarkan susu kehamilan. Sebenarnya fungsi susu kehamilan adalah menyediakan nutrisi keperluan ibu hamil tanpa harus rempong menyiapkan berbagai macam masakan dengan bahan yang rumit. Asam folat dan vitamin D sangat diperlukan ibu hamil, baik untuk mengurangi rasa mual maupun mendorong kebutuhan janin. Pilih saja susu yang paling cocok dengan cita rasa bunda dan jangan lupa diminum dengan rutin. Beberapa perempuan merasa ada pengurangan rasa mual dengan minum susu kehamilan tidak ada salahnya mencoba cara mengatasi rasa mual saat hamil satu ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *