6 Hal Penyebab Gigi Sensitif yang Perlu Diketahui

cara menjaga kesehatan gigi
Listerine Indonesia

Gigi merupakan pencernaan pertama manusia. Sebelum masuk ke perut untuk diolah lagi, makanan akan dicerna terlebih dahulu di dalam mulut melalui gigi. Nah, sebagai alat pencernaan, gigi harus selalu sehat agar pencernaan juga selalu lancar. Karena itu, cara menjaga kesehatan gigi benar-benar harus diperhatikan. Apalagi untuk kamu yang memiliki gigi sensitif, itu berarti kamu perlu melakukan perawatan ekstra, bukan?

Nah, sebelum melakukan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, alangkah lebih baiknya jika kamu juga paham tentang hal-hal yang diketahui sebagai penyebab gigi sensitif. Apa saja, sih? Berikut 6 biang keladinya.

Kesalahan dalam Menyikat Gigi

Menyikat gigi memang penting dan bahkan harus dilakukan setiap hari. Namun, bukan berarti kamu harus menggosok gigi kamu keras-keras agar gigimu bersih dan sehat, lho. Inilah yang menjadi salah satu penyebab gigi  kamu sering merasa ngilu karena terlalu sensitif.

Sekedar mengingatkan cara menjaga kesehatan gigi dan gusi, salah satu pemicu gigi sensitif terjadi adalah karena lapisan enamel gigi terkikis. Nah, gigi kamu juga bisa mengalami pengikisan enamel jika kamu menggosok gigi terlalu keras. Jadi, sekarang kamu tahu bahwa menggosok gigi terlalu keras itu tidak baik, bukan?

Kebiasaan Menggunakan Tusuk Gigi

Ada makanan yang nyempil? Paling sering memang menggunakan bantuan tusuk gigi. Namun hati-hati, lho. Tusuk gigi ternyata juga merupakan salah satu sebab gigi jadi sensitif. Tusuk gigi berpotensi melukai gusi dan secara perlahan-lahan mengikis enamel gigi. Dengan gigi  terluka dan enamel terkikis, lama kelamaan akar gigi akan terbuka dan gigi kamu pun jadi sensitif terhadap makanan tertentu.

Kebiasaan Menggigit Benda Keras

Menggigit benda keras? Jangan berckamu! Namun benar lho, sering menggigit benda keras selain makanan akan berpotensi mengeroposkan email gigi dan bertentangan dengan cara menjaga kesehatan gigi. Apalagi, jika yang digigit bukan makanan. Wah, bisa jadi malah kuman dan bakteri jahat yang masuk ke mulut dan melukai gigimu hingga menjadi lebih sensitif.

Minum Terlalu Panas dan Terlalu Dingin

Kamu pasti sering mendengar bahwa makan atau minum yang terlalu panas dan terlalu dingin merangsang ngilu gigi jadi kumat. Itu benar, lho! Lapisan email gigi bisa mengalami abrasi jika kamu terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman terlalu panas atau terlalu dingin. Apalagi jika mengonsumsi keduanya dalam waktu yang bersamaan. Wah, jangan ya!

Infeksi Pada Gusi

Menyikat gigi terlalu keras, sering memakai tusuk gigi dan kebiasaan menggigit benda keras berpotensi sebagai penyebab utama infeksi pada gusi. Hal tersebut tidak sesuai dengan cara menjaga kesehatan gigi dan gusi karena dapat menyebabkan gusi meradang. Gusi yang meradang memungkinkan membuka lapisan gigi dan akar gigi terbuka.

Penurunan Kontur Gusi

Cara menjaga kesehatan gigi selanjutnya adalah menjaga agar kontur gusi tidak mengalami penurunan. Kontur gusi atau posisi gusi yang kurang baik dan menurun menjadi salah satu akibat pada munculnya gejala-gejala gigi sensitif dan gigi ngilu. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kelainan pada bagian gusi. Selain itu, penurunan kontur gigi sering terjadi karena berkaitan dengan kebiasaan mengunyah atau menggigit benda keras.

Karena menjaga kesehatan gigi adalah hal yang penting dan gigi sensitif terasa sangat mengganggu, akan sangat membantu jika kamu memperhatikan cara menjaga kesehatan gigi sensitif di atas. Terakhir, semoga gigi kamu tetap sehat, ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *