6 Manfaat Senam Hamil

Senam Hamil
www.womenandperspectives.com

Kelas senam hamil seolah bukan berita asing lagi. Banyak pemasar mencoba menawarkan produk untuk anda. Anda sendiri mungkin bertanya – tanya apa kegunaan senam hamil itu sendiri? Ada setidaknya 6 alasan yang bisa jadi bahan pertimbangan anda untuk beranjak dari kasur.

01. Persalinan mudah
Melahirkan itu lebih sakit dibanding mengandung. Anda setidaknya pernah mendengar atau bahkan sudah muak bila ada yang mencoba menyusupkan fakta persalinan ke pikiran anda. Sebenarnya bukan bohong namun tidak sepenuhnya salah. Memang dalam beberapa kasus, perempuan mengaku tidak merasa sakit usai persalinan normal, namun tidak jarang pula yang mengatakan persalinan seperti mau mati rasanya. Berita baiknya, manfaat senam hamil pertama adalah mengurangi rasa sakit kala persalinan. Yah, memang tidak ada jaminan pasti tentu, ada juga penggemar olah raga yang masih berteriak sakit ketika bersalin. Tapi, secara teori otot kuat serta pinggul tangguh bisa memberi anda dorongan lebih kuat supaya momongan cepat lahir. Salah satu penelitian menemukan bahwa peserta senam hamil memiliki kemungkinan 58 persen lebih rendah untuk mengalami rasa sakit pada saat berjuang melahirkan dibanding yang tidak.

02. Selamat tinggal sakit punggung
Namanya saja membawa beban berat berupa janin, cikal bakal manusia dalam perut anda, tentu sakit punggung sudah seperti kawan atau musuh lama. Perempuan hamil sudah mencapai titik dimana sakit punggung bukan sesuatu yang aneh atau dibanggakan. Punggung bermasalah seolah – olah makanan sehari – hari hingga anda mungkin tidak peduli lagi, hadapi saja. Mulai dari berbaring, memakai salep, air hangat, dan banyak lagi jalan ditempuh hanya demi meringankan punggung yang terus ‘mengajak berantem’ dengan anda. Aneh tapi nyata, olah raga air, senam dan yoga ternyata mampu meringankan rasa sakit di punggung. Pada beberapa kasus perempuan hamil merasa punggung lebih oke usai berolah raga dibanding hanya tidur memeluk kasur di rumah. Akan jauh lebih baik lagi jika anda mulai rajin berolah raga dari awal kehamilan atau setidaknya pada usia 5 bulan kehamilan guna mencegah datangnya sakit punggung.

03. Anda menyelamatkan nyawa anak
Bukan hanya lebih segar, tubuh menjadi lebih indah, Olah raga juga membakar lemak, seolah bukan informasi baru lagi. Kendati demikian ada alasan tersendiri kenapa olah raga dengan bakar lemak bisa sangat menambah daftar curriculum vitae (CV) manfaat senam ibu hamil. Perempuan hamil dengan kesenangan berolah raga tinggi terutama senam akan memiliki kemungkinan melahirkan anak dengan resiko kesehatan lebih rendah dibanding perempuan yang hanya tinggal di rumah. Kenapa? seperti yang tentu anda sudah kira, apapun yang anda makan akan berdampak pada janin secara tidak langsung. Dengan olah raga minim, tentu lemak semakin menumpuk, apalagi jika anda ingat dari kemarin ‘ngidam’ makanan ‘sampah’ seperti coklat, makanan instant, dan sebagainya. Lemak berlebih yang ada dalam tubuh anda akan lari ke bayi, apalagi jika ternyata anda memiliki diabetes akibat gaya hidup kurang bersahabat. Sebagian besar pasien diabetes ternyata tertular dari sang ibu.

04. Momongan lebih cepat keluar
Di barat, beredar suatu legenda yang percaya bayi dibawa dan dikirim lewat pos melalui unggas. Mendekati masa persalinan, bisa saja terbesit pikiran andai sesi persalinan berlangsung dengan cepat. Secara garis besar, perempuan rata – rata menghabiskan waktu paling tidak 6 jam 22 menit hanya untuk bersalin. Angka ini tidak termasuk bila ternyata bayi ‘ngambek’ tidak mau keluar padahal sudah diberi obat pemacu, yang tentu saja kabarnya sakit bukan main. Sebuah penelitian memutuskan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan beberapa perempuan bisa melahirkan lebih cepat yakni sekitar 4 jam 24 menit. Ternyata, perempuan yang biasa melahirkan normal dalam kurun waktu 2 jam lebih cepat jatuh pada mereka yang mengikuti kelas senam pada saat hamil. Seperti yang dijelaskan di awal, otot pinggul yang kuat membuat dorongan semakin kencang hingga bayi lebih cepat menyambut dunia.

05. Mual bukan lagi masalah
Namanya kehamilan, ada saja kejadian aneh terjadi. Bila tadi sakit punggung berhasil dilewati, giliran mual yang membuat ibu hamil hanya bisa bersabar. Rasa mual terutama di pagi hari (meski bisa muncul mendadak kapanpun) seolah – olah menjadi bagian tersendiri dari masa kehamilan. Kalau sudah muntah, rasanya hanya bisa lemas tak berdaya. Berita baiknya, anda bisa mengendalikan rasa mual dengan senam. Percaya tidak percaya, banyak perempuan mengaku bahwa rasa tidak nyaman tersebut seolah tidak pernah ada ketika mereka selesai berolah raga. Bagi anda yang masih saja memilih bermalas – malasan di rumah mungkin harus perpikir ulang dua kali.

06. Lebih tenang 

Perempuan memang sering dijadikan bahan olokan hanya karena perempuan bisa saja marah tidak jelas. Terlebih lagi, emosi yang tidak bisa dikendalikan ini berasal dari 2 faktor, entah pre menstruasi atau kehamilan. Ya, hormon menggebu – gebu dalam diri seorang perempuan memang tidak bisa dipungkiri mengesalkan orang sekitar bahkan diri anda sendiri yang tidak mengerti. Uniknya, senam hamil bisa membuat anda lebih mudah mengendalikan emosi anda. Hal ini dikarenakan, pada waktu melakukan olah raga, pernafasan wajib diatur dimana perempuan akhirnya mampu memberi kadar oksigen yang tepat sehingga tubuh lebih rileks. Senam hamil dan yoga sangat populer guna membuang stress yang ada di pikiran anda bahkan ketika hormone anda sedang parah sekali.  

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *