Ada Yang Bilang Durian Merupakan Makanan Ibu Hamil. Ini Penjelasannya

Gizi Ibu Hamil
sehat100.com

Selama ini, durian lebih sering tidak dianggap sebagai salah satu makanan ibu hamil. Tentu buah yang satu ini sama menyehatkan layaknya buah-buahan yang lain. Hanya saja, ketika ibu sedang mengandung, mengkonsumsi buah durian merupakan pantangan.

Terlepas dari penjelasan ilmiah, orang-orang tua terdahulu juga sudah meyakini jika buah durian tidak boleh dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Mereka menganggap durian bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

Bagaimana jika ada yang mengatakan buah durian itu termasuk buah yang baik untuk ibu hamil? Apakah ibu percaya jika ada yang mengatakan durian merupakan makanan sehat ibu hamil? Tentu sulit sekali bagi ibu untuk mempercayainya. Selama ini ibu sudah mengetahui entah dari cerita orang tua terdahulu atau penjelasan ilmiah bawasannya durian bukan makanan yang baik dikonsumsi seorang ibu hamil.

Namun, ada baiknya ibu mengetahui penjelasan berikut ini.

Nutrisi Baik Di Dalam Buah Durian

Ibu seharusnya tidak percaya begitu saja dengan apa yang dikatakan oleh orang lain tentang durian sebagai buah yang dilarang untuk dikonsumsi selama ibu mengandung. Ibu harus menanyakan kenapa durian dilarang untuk ibu konsumsi. Begitu juga sebaliknya. Jika ada yang menganggap durian baik dikonsumsi saat hamil, ibu pun harus mengetahui alasannya.

Hal pertama yang harus ibu cari tahu adalah kandungan nutrisi di dalam buah durian. Apa kandungan nutrisi yang membuat durian dilarang untuk dikonsumsi? Kemudian apa pula kandungan yang membuat durian sebaiknya dijadikan makanan yang sehat untuk ibu hamil?

Menurut penelitian, terdapat senyawa yang bisa menjaga kesehatan tubuh seorang ibu selama masa kehamilan. Senyawa tersebut antara lain antioksidan, antimikroba, antibakteri, dan antijamur. Senyawa itu pula yang secara tidak langsung akan menjaga perkembangan janin di dalam kandungan tetap baik.

Sayangnya, kandungan senyawa semacam itu tidak banyak dijelaskan oleh para ahli. Tidak banyak juga artikel yang mengedukasi masyarakat tentang kandungan baik di dalam durian tersebut. Hal ini membuat ibu hamil tidak berani mengkonsumsi buah durian. Padahal, kebanyakan orang suka dengan buah durian. Ini merupakan buah yang paling diminati. Bukan hanya karena dianggap raja buah, tapi memang durian merupakan buah yang sangat nikmat.

Jika ibu suka buah durian, ibu tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi buah yang satu ini meskipun sedang dalam keadaan hamil.

Sisi Buruk Mengkonsumsi Buah Durian

Ibu harus obyektif dalam memahami sebuah hal, tak terkecuali mengenai buah durian untuk ibu hamil. Setelah ibu tahu bawasannya buah durian mengandung senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan memastikan perkembangan bayi di dalam kandungan baik, ibu juga perlu tahu dampak negatif apa yang mungkin bisa terjadi.

Sebenarnya dampak buruk ini lebih banyak dijelaskan oleh para ahli kandungan melalui artikel tentang kesehatan kehamilan. Mereka mengatakan terdapat kandungan berupa alkohol yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Meskipun kandungannya rendah, tetap saja para ahli kesehatan kandungan tidak menyarankan untuk mengambil resiko tersebut. Pencegahan terhadap masalah yang kemungkin kecil terjadi tetap harus diutamakan.

Kandungan alkohol di dalam buah durian inilah yang bisa membuat janin tidak berkembang dan akhirnya mengalami keguguran. Selain itu, ada juga kemungkinan di mana bayi di dalam kandungan lahir dalam keadaan prematur. Pasalnya, durian menyebabkan kontraksi di dalam rahim dan bayi akan mengalami kelahiran prematur. Alasan-alasan itulah yang membuat durian bukan termasuk makanan untuk ibu hamil.

Namun, tidak banyak diketahui oleh banyak orang jika durian merupakan makanan glisemik. Apa itu makanan glisemik? Ini merupakan jenis makanan yang bisa membuat gula darah naik. Selain itu, kandungan karbohidratnya juga tinggi. Alasan inilah yang sering digunakan oleh para ahli kesehatan agar selama masa kehamilan ibu sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah durian. Apalagi jika ibu memiliki resiko terkena diabetes gestasional. Pada masa kehamilan trimester kedua dan ketiga, semua ibu hamil beresiko mengalami masalah kesehatan berupa diabetes ini. Faktor hormonal menjadi salah satu penyebab utamanya. Produksi hormon yang meningkat membuat ibu beresiko mengalami diabetes. Apalagi jika hal ini ditambah lagi dengan mengkonsumsi buah durian yang merupakan makanan glisemik. Tentu saja resiko terkena diabetes akan semakin tinggi.

Dari itulah mengapa para ahlinya akhirnya membuat kesimpulan bawasannya durian tidak buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu bagaimana dengan pendapat ibu?

Sekarang ibu sudah memiliki pandangan yang obyektif mengenai buah durian ini. Ibu sudah tahu sisi baik dan sisi buruk mengkonsumsi buah yang disebut dengan rasa buah ini. Setidaknya, pandangan obyektif ini akan membuat ibu tidak terlalu khawatir jika mengkonsumsi buah durian. Namun, di sisi lain, ibu juga tetap berhati-hati jika ibu ingin konsumsi buah durian.

Ada baiknya ibu mencari informasi makanan ibu hamil yang jelas sehat dan aman untuk dikonsumsi. Banyaklah membaca artikel dan forum terpercaya, banyak sekali ide makanan sehat yang bisa ibu konsumsi setiap hari, mulai dari makanan berupa sayuran, buah-buahan, seafood, serta daging.

Untuk menjaga kesehatan kehamilan, dan memastikan nutrisi ibu terpenuhi sebaiknya ibu mengkonsumsi susu ibu hamil. Susu ini mengandung semua nutrisi untuk ibu hamil. Jadi, setidaknya nutrisi harian sudah tercukupi dengan mengkonsumsi susu untuk ibu hamil tersebut. Namun, ibu harus pahami susu hanya suplemen saja. Nutrisi kehamilan yang utama tetap berasal dari makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *