Adakah Nutrisi Ibu Hamil di Dalam Jamu?

Nutrisi Ibu Hamil
Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil bisa didapatkan dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Namun, apakah bisa didapatkan dari jamu?

Ibu mungkin pernah mendengar orang-orang terdahulu sering mengkonsumsi jamu tertentu saat hamil. Atau apakah ibu juga diminta oleh orang tua ibu untuk mengkonsumsi jamu saat hamil? Bagaimana sikap ibu?

Hati-Hati Minum Jamu

Kebanyakan orang pada zaman sekarang akan menolak jika diminta untuk minum jamu. Banyak ibu hamil yang tidak mengindahkan nasehat orang tua mereka untuk minum jamu pada saat mengandung. Namun, hal tersebut bukan tanpa alasan.

Kebanyakan beralasan jamu tidak enak untuk dikonsumsi. Ini kesan pertama yang membuat para ibu hamil menolak minum susu, bukan karena apakah ada nutrisi ibu hamil di dalam jamu atau tidak.

Namun, penolakan tersebut ada benarnya. Setidaknya ibu bisa melakukan antisipasi apakah jamu yang disarankan untuk ibu konsumsi tersebut benar-benar baik dan mengandung nutrisi untuk ibu hamil atau tidak.

Orang pada zaman dahulu tidak memiliki bukti ilmiah khasiat jamu bagi ibu hamil. Hal inilah yang disayangkan. Pasalnya, ada juga jamu yang justri berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu jamu yang mengandung obat sintetik. Jamu yang seperti ini sebaiknya tidak ibu konsumsi.

Lalu, jika tidak mengandung obat sintetik, apakah jamu boleh dikonsumsi ibu hamil? Belum tentu juga. Ibu harus cari tahu apa saja kandungan di dalam jamu tersebut. Apakah ada nutrisi ibu hamil yang ada pada jamu tersebut?

Kebanyakan jamu yang ditawarkan untuk ibu hamil itu jamu yang terbuat dari bahan utama berupa kunyit. Walaupun jamu kunyit ini lazim dikonsumsi, ibu harus tahu apakah jamu ini baik untuk ibu hamil atau tidak.

Amankah Jamu Kunyit untuk Ibu Hamil?

Ada informasi beredar di mana jamu kunyit jika dikonsumsi ibu hamil akan membuat rahim kering. Hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa ibu hamil tidak boleh minum jamu kunyit. Apakah hal tersebut benar?

Ternyata, kabar tersebut disangkal oleh dr. Frizar Irmansyah, SpOG. Menurut beliau, tidak ada istilah rahim kering di dalam dunia medis. Yang ada hanyalah kunyit bisa meluruhkan darah saat menstruasi.

Lalu, apakah jamu kunyit aman untuk ibu hamil? Ternyata, menurut medis, jamu kunyit banyak memberikan manfaat bagi ibu hamil. salah satunya adalah untuk membersihkan lemak yang biasanya menempel pada janin. Jadi, jika seorang ibu hamil mengkonsumsi jamu kunyit, bayi akan lahir bersih dari lemak yang biasanya menempel pada tubuhnya.

Akan tetapi, jika ibu tidak yakin bahwa jamu kunyit benar-benar aman untuk janin atau tidak, sebaiknya ibu tidak perlu minum jamu. Akan lebih baik jika ibu minum susu saja yang sudah jelas mengandung nutrisi ibu hamil.

Jika ibu ingin mengambil manfaat dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar, ibu tidak hanya bisa mengkonsumsi jamu. Banyak sekali menu makanan yang bisa ibu buat sendiri dengan bahan alami. Dan tentunya lebih aman dam mengandung semua nutrisi untuk ibu hamil.

Jadi, masih mau minum jamu? Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kandungan dalam jamu yang ibu konsumsi tidak berbahaya. Selain itu, kondisi kesehatan ibu juga tidak masalah jika minum jamu. Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan di dalam jamu terdapat nutrisi ibu hamil.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *