Agar Bayi Tidak Terus Menangis Di Malam Hari

Friso
www.friso.co.id

Kenapa kebanyakan bayi menangis di malam hari? Hal ini sering terjadi ketika bayi yang baru berusia beberapa hari.Yang pasti, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar bayi ibu tenang dan tidak rewel di malam hari.

Tentu saja sebagai seorang ibu, ibu tidak tega jika bayi ibu terbangun dan rewel di malam hari. Bukan hanya ibu saja yang repot, tapi itu juga berarti bayi tidak bisa tidur nyenyak.

Penyebab yang Tidak Dihindari

Ada banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak bisa tidur nyenyak di malam. Namun, ada satu penyebab yang sepertinya sulit atau bahkan tidak bisa dihindari. Yaitu ketika pupak pusar.

Ibu tahu apa itu? Pupak pusar itu ketika daging yang masih menempel pada pusar terlepas. Pada saat itulah bayi merasakan perih yang luar biasa. Oleh sebab itu, sangat wajar jika bayi tidak bisa tidur di malam hari. Ia akan lebih sering rewel mulai pagi hingga malam hari. Sebelum daging benar-benar terlepas, maka bayi akan terus rewel dan tidak bisa tidur di malam hari.

Namun, ibu bisa bersiap-siap. Pupak pusar biasanya terjadi di hari ke 6 atau ke 7 kelahiran. Jadi, ketika usia bayi mencapai 6 atau 7 hari, ibu harus bersiap-siap untuk begadang di malam hari karena kemungkinan besar bayi akan sering menangis di malam hari.

Selain faktor tersebut, ibu bisa melakukan sesuatu agar bayi bisa pulas tidur di malam hari.

Biarkan Bayi Tidur Pulas

Kenapa bayi terbangu di malam hari? Ini pertanyaan yang harus dicari jawabannya.

1. Bayi Lapar

Kemungkinan besar bayi lapar. Akan lebih baik jika ibu memberikan ASI yang cukup banyak di sore hari hingga ia tertidur. Hal tersebut akan membuat bayi lelap di malam hari. Kalaupun ia terbangun, ibu bisa langsung memberikan ASI dan ia tidak akan rewel atau menangis.

2. Tidak Nyaman

Apakah ibu yakin kamar di mana ibu menidurkakan si kecil itu sudah cukup nyaman? Ibu harus tahu bayi baru saja lahir. Ia masih merasakan bagaimana nyamannya berada di dalam rahim. Setidaknya, ibu bisa membuat suhu di kamar seperti ketika ia masih di dalam rahim.

Pastikan sirkulasi udara lancar. Namun, suhu udara tidak begitu dingin dan tidak pula terlalu panas. Sebaiknya kurangi penggunaan AC walaupun cuaca sangat panas. Kalaupun terpaksa harus menggunakan AC, ibu bisa set suhu yang tidak terlalu dingin.

3. Kecapaian

Bayi juga bisa kecapaikan lho. Hal ini disebabkan ia tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

Bayi sebaiknya tidur minimal tiga hari sehari, yaitu di pagi hari sekitar jam 8 atau jam 9 dan di siang hari sekitar jam 1 atau jam 2. Jika ia bisa tidur lelap di waktu tersebut, maka di malam hari ia tidak akan kecapaian sehingga bisa tertidur dengan pulas.

Meskipun demikian, bukan tidak mungkin bayi yang rewel di malam hari bisa dikarenakan adanya masalah dengan kesehatan bayi. Akan lebih baik jika ibu konsultasikan dengan dokter anak jika ibu sudah menerapkan tips tersebut di atas tapi bayi tetap saja menangis atau rewel di malam hari. Ibu bisa konsultasi dulu secara online di www.friso.co.id jika ibu tidak memiliki waktu untuk datang ke klinik ibu dan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *