Akibat Terburuk Terhadap Sistem Pencernaan Jika Anak Sering Jajan Di Pinggir Jalan

penyebab infeksi usus
www.friso.co.id

Pasti ibu sudah tahu sistem pencernaan bisa terganggu ketika anak mengkonsumsi makanan yang tidak higienis. Sayangnya, meskipun banyak orang tua yang mengetahui tentang hal ini, banyak dari mereka yang tetap membiarkan anak jalan di pinggir jalan. Padahal, sudah bisa dipastikan jajanan di pinggir jalan itu kurang higienis.

Ada juga yang mengatakan mereka kesulitan untuk mengerem anak agar tidak lagi makan jajanan yang dijual di pinggir jalan. Mereka tetap mencuri kesempatan agar mereka bisa jalan makanan tersebut. Apa mungkin anak ibu juga tipe anak yang seperti itu?

Memang jajalan yang ditawarkan di pinggir jalan itu sangat enak. Hal ini disebabkan penyebab rasanya begitu kuat. Dan inilah yang juga membuat sistem pencernaan anak bisa terganggu selain kehigienisannya yang sudah dipastikan tidak terjaga.

Upaya Keras Harus Dilakukan

Kenapa ini harus dilakukan? Karena bahaya mengintai sistem pencernaan. Yang paling dikhawatirkan adalah munculnya gejalan tifus. Asalkan ibu tahu tifus ini paling sering disebabkan karena anak mengkonsumsi makanan yang tidak higienis. Dan sudah bisa dipasatkan makanan yang dijual di pinggir jalan itu tidak higienis. Makanan tersebut terbuka, terkena debu, dan asap knalpot. Bahkan, bisa saja alat yang digunakan untuk memasak jajanan tersebut tidak dicuci dengan bersih.

Lebih parah lagi ketika ada kuman di dalam makanan tersebut. Dengan demikian, ketika kuman itu masuk bersama dengan makanan ke dalam tubuh, kuman tersebut akan menyebabkan infeksi pencernaan. Si kecil kemungkinan besar akan mengalami diare dan muntah. Ini baru gejala awal saja.

Apakah ibu pernah dengar ada orang yang meninggal karena mengkonsumsi makanan yang tidak higienis? Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwasannya sekitar 420 ribu orang meninggal setiap tahun di mana faktor penyebabnya adalah mengkonsumsi makanan yang tidak higienis. Dan lebih parah lagi 30% dari mereka adalah anak-anak balita.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, hal tersebut disebabkan oleh penyakit hepatitis. Penyakit ini hanya bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan yang higienis saja. Bahannya harus dicuci dengan bersih dan proses memasaknya juga harus higienis.

Jadi, jangan menganggap bahwasannya makanan yang kurang bersih itu hanya akan menyerang sistem pencernaan balita saja. Awalnya mungkin hanya sekedar diare dan muntah. Namun, bukan tidak mungkin penyakit tersebut merembet ke penyakit hepatitis yang merupakan salah satu penyakit mematikan saat ini.

Membuat Anak Berhenti Jajan Sembarangan

Yang menjadi PR ibu saat ini adalah bagaimana agar anak tidak mau lagi jalan sembarangan. Ini menjadi sangat penting karena jajan sembarangan inilah yang disinyalir menjadi faktor penyebab utama terganggunya sistem pencernaan anak.

Hal pertama yang harus ibu lakukan adalah memberikan alternatif. Tentu ibu tidak bisa melarang anak jalan begitu saja. Berikan alternatif. Jika ia suka jajanan tertentu, usahakan agar ibu bisa membuat sendiri di rumah. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi si kecil untuk jajan di luar. Dengan membuat jajanan sendiri, maka ibu bisa pastikan makanan tersebut higienis.

Akan tetapi, terkadang anak tidak begitu suka dengan jajanan yang ibu buat meskipun jajanannya sama seperti yang dibuat tukang jajanan di pinggir jalan. Bisa saja ibu kurang pandai memasak atau ibu tidak menggunakan penyedap rasa seperti yang digunakan oleh penjual jajan. Maka ibu perlu memikirkan yang lain. Ibu bisa alihkan ke menu makanan ringan lainnya. Temukan jajanan sehat yang si kecil suka. Lalu, pelan-pelan berikan penjelasan mengapa jajanan tersebut lebih baik daripada jajanan yang dijual di pinggir jalan. Dengan memberikan penjelasan tersebut secara terus menerus, maka anak mulai tidak tertarik lagi jajan jajanan di pinggir jalan.

Tentu bukan hanya memberikan jajanan altenatif saja yang harus ibu lakukan. Menjaga sistem pencernaan juga tak kalah penting. Ibu juga harus tahu terganggunya sistem pencernaan itu bukan hanya disebabkan oleh bakteri yang dibawa oleh jajanan yang tidak higienis, tapi juga karena sistem kekebalan tubuh yang kurang kuat.

Maka dari itu, probiotik sangat dibutuhkan. Ibu bisa pastikan probiotik didapatkan oleh si kecil dengan cara memberikan susu Friso Gold 3 kepada balita. Probiotik berfungsi untuk memastikan bakteri baik di dalam usus bisa mengimbangi bakteri jahat.

Selain itu, ibu juga harus pastikan si kecil mengkonsumsi minuman dalam jumlah yang banyak. Ternyata, minuman sangat penting untuk kebaikan sistem pencernaan.

Jadi, pada intinya ibu harus menjauhkan si kecil dari jajanan dari pinggir jalan. Ini menjadi hal yang harus ibu lakukan karena seperti yang dijelaskan sebelumnya kasus kematian akibat mengkonsumsi makanan tidak higienis cukup tinggi. Pasti ibu tidak menginginkan hal tersebut, bukan?

Bagaimana jika anak sudah terlanjur mengalami sakit perut? Tindakan pertama yang harus ibu lakukan adalah berikan lebih banyak air putih. Setelah itu, segera bawa ke dokter anak. Konsultasikan dengan dokter anak karena dikhawatirkan makanan yang tidak higienis yang menyebabkan anak sakit perut tersebut menjadi gejala awal tifus atau bahkah hepatitis.

Ada fasilitas konsultasi kesehatan anak online di www.friso.co.id jika ibu membutuhkan. Karena sifatnya online, maka ibu bisa melakukan konsultasi kapan saja. Dokter anak akan segera merespon pertanyaan dari ibu. Setidaknya, nanti ada masukan atau saran yang perlu ibu lakukan agar anak segera sembuh dari sakit perut yang dialami. Jangan sampai gangguan sistem pencernaan ini berlarut-larut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *