Aktivitas Anak yang Akan Membuat Si Kecil Lupa Nonton TV

aktivitas anak
Friso Indonesia

Sedih sekali jika anak setiap hari menonton TV. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari bahaya terlalu lama menonton TV bagi anak mereka. Ada juga orang tua yang justru dengan sengaja membiarkan anak menonton TV agar mereka bisa melakukan aktivitas setiap hari.

Ada juga orang tua memiliki anak yang bisa diam dan tidak rewel jika menonton TV. Ini sangat berbahaya karena anak bisa kecanduan dengan TV. Ia tidak mau aktif bergerak dan lebih suka duduk diam di depan TV.

Lebih parah lagi jika anak mengalami masalah pada mata. Karena tidak sedikit anak yang masih belia namun harus mengenakan kacamata disebabkan terlalu sering berada di depan layar kaca.

Harus ada alternatif berupa aktivitas anak yang menyenangkan lainnya yang bisa membuat anak lupa dengan asyiknya nonton TV. Berikut beberapa aktivitas yang bisa ibu coba terapkan.

Mengunjungi Perpustakaan

Biasanya anak suka suasana dan tempat yang baru. Selain mengajak jalan-jalan di mall atau supermarket, ibu juga bisa mengajak si kecil jalan-jalan ke perpusatakaan.

Anak akan excited dengan buku yang ditempatkan dengan rapi dan jumlahnya yang banyak. Ini menjadi awal yang baik karena ibu juga sekaligus bisa membuat anak suka pergi ke perpustakaan dan akhirnya suka baca buku.

Aktivitas membaca buku jelas lebih baik daripada menonton TV. Membaca buku tidak merusak mata karena tidak ada cahaya yang langsung menghadap ke mata. Selain itu, aktivitas membaca buku akan membuat sarafnya berkembang lebih baik.

Dan aktivitas membaca buku bisa dilakukan setiap hari di rumah. Jadi, ibu bisa meminjam buku bergambar untuk dibaca oleh si kecil di rumah. Hal ini akan mengalihkan perhatikan si kecil terhadap TV.

Membelikan Mainan Baru

Semakin banyak mainan edukatif. Dan ini bisa menjadi alternatif agar si kecil lupa dengan kebiasaan menonton TV.

Dalam hal ini, ibu harus pastikan si kecil suka dengan mainan tersebut. Sementara itu, tugas ibu adalah memilihkan permainan yang sesuai dengan usia dan tumbuh kembangnya.

Akan lebih baik jika ibu membelikan mainan yang sesuai dengan passionnya. Jika sudah terlihat ada bakat bermain musik, ibu bisa coba membelikan satu atau dua alat musik yang berbeda. Jika ia suka olahraga, ibu bisa kenalkan dengan permainan olahraga yang berbeda mulai dari sepeda, bola basket, bola sepak, dan lain sebagainya.

Kata kuncinya adalah ibu harus tahu apa yang menjadi kesukaan si kecil agar ia lupa menonton TV.

Membiasakan Si Kecil Bermain Bersama Anak yang Lain

Sayang sekali jika anak ibu menghabiskan banyak waktu setiap hari di rumah. Ia akan kehilangan waktu untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain.

Untuk itu, ibu bisa mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas bersama anak-anak lain seperti bermain apa saja yang membutuhkan kerjasama tim.

Cobalah untuk lebih sering mengajak si kecil berkenalan dengan anak tetangga. Biasakan agar anak ibu bermain bersama, entah anak ibu yang datang ke rumah anak tetangga atau sebaliknya. Dengan demikian, frekuensi menonton TV akan berkurang.

Jika sudah kecanduan, maka sulit bagi ibu untuk menghentikan kebiasaan si kecil menonton TV. Untuk itu, sedini mungkin, ibu harus melakukan antisipasi dengan cara memberikan alternatif berupa aktivitas bermain anak yang tak kalah menyenangkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *