Aktivitas yang Bisa Memicu Si Kecil Mau Belajar Jalan

belajar jalan
Ibu dan Balita

Belajar jalan bisa sangat sulit sekali. Banyak anak yang secara fisik dan mental sudah mampu untuk berdiri dan berjalan, ia akan semakin sering untuk melangkahkan kaki dan belajar berjalan. Akan tetapi, tidak sedikit lho anak yang enggan belajar berjalan padahal usianya sudah di atas 1 tahun.

Memang benar setiap anak itu memiliki tingkatan perkembangan sendiri-sendiri. Artinya, tidak semua anak usia 1 tahun sudah mulai belajar jalan. Ada juga anak yang belum genap satu tahun sudah bisa belajar berjalan. Nutrisi biasanya yang membedakan hal tersebut.

Hanya saja, bukan berarti ibu diam saja ketika balita ibu tidak mau diajak untuk belajar jalan, kan? Tentunya ibu harus mencari tahu apa yang harus ibu lakukan agar si kecil mulai mau belajar berjalan.

Jika ibu yakin sudah memberikan nutrisi yang cukup untuk perkembangan bayi dan sekiranya si kecil sudah kuat untuk berdiri dan belajar untuk jalan, berikut beberapa aktivitas yang bisa ibu lakukan agar si kecil mulai belajar berjalan. Berikut aktivitas yang bisa ibu lakukan.

Tangkap Bola

Tahukah ibu balita itu sudah tidak cocok untuk diberikan mainan yang tujuan utamanya untuk dipegang saja? Mainan yang hanya untu dipegang itu cocoknya diberikan pada bayi yang usianya 6 bulan. Pada saat itulah si kecil perlu berlatih menggerakkan kaki dan jari tangannya. Akan tetapi, pada saat usianya menginjak 1 tahun, ibu perlu memberikan mainan yang bergerak.

Salah satu alternatifnya adalah bola. Dengan bola, si kecil bisa termotivasi untuk bergerak. Mungkin awalnya ia akan merangkak jika ia ingin mengambil bola yang ibu gelindingkan. Akan tetapi, sedikit demi sedikit, si kecil akan mulai belajar jalan.

Jika perlu, ibu bisa mengajak si kecil bermain tangkap bola namun ibu harus motivasi si kecil untuk berdiri dan berjalan ya. Ambil bola lalu lempar ke salah satu sudut ruangan. Mintalah si kecil untuk mengambil bola tersebut dengan cara berjalan. Jika si kecil suka dengan bola tersebut, ia akan dengan riang gembira belajar jalan dan mengambil bola tersebut.

Menggunakan Alat Bantu Jalan

Sebenarnya menggunakan alat bantu jalan itu bukan pilihan utama lho ya. Belajar jalan secara normal jelas lebih baik. Jika belajar berjalan tanpa alat bantu, maka si kecil akan benar-benar belajar bagaimana menopang tubuhnya sendiri serta mengatur keseimbangan.

Akan tetapi, jika balita ibu susah sekali diajari belajar, maka alternatif lainnya diperlukan, yaitu membelikan alat bantu jalan. Ada dua alat bantu jalan di pasaran, yaitu moon walk dan baby walker. Ibu bisa pilih mana yang lebih ibu sukai.

Akan tetapi, ada satu hal yang harus ibu garisbawahi. Alat bantu tersebut hanya untuk sementara. Namanya juga alat bantu. Jika si kecil kelihatannya sudah mau mulai belajar jalan, ibu bisa simpan alat tersebut lalu biarkan anak ibu belajar berjalan secara normal.

Jika si kecil sudah mulai bisa jalan, ibu bisa fokus untuk mengajari si kecil berbicara. Biasanya, tahap selanjutnya setelah ia jalan itu berbicara. Untuk perkembangan yang satu ini, peran ibu sangat penting. Tanpa peran ibu sebagai orang tua, perkembangan bicara si kecil akan terhambat. Ada banyak hal untuk dilakukan untuk menstimulus si kecil akan mau belajar bicara.

Namun, untuk kali ini, karena si kecil punya masalah dengan proses belajar berjalan, ibu terapkan dulu tips tersebut di atas agar si kecil lebih termotivasi agar mulai mau belajar jalan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *