Alasan Mengapa Handphone Bisa Memberikan Pengaruh Buruk Terhadap Tumbuh Kembang Balita

tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita bisa dipengaruhi banyak hal. Sayangnya, faktor eksternal lebih banyak mempengaruhi perkembangannya daripada faktor internal. Meskipun bukan berarti ibu tidak perlu memperhatikan faktor internal ya.

Apa itu faktor internal? Faktor internal itu meliputi gizi dari makanan dan minuman yang ibu berikan setiap hari untuk si kecil. Nutrisi yang tercukupi akan membuat tumbuh kembang balita optimal. Sebaliknya, nutrisi yang kurang akan menghambat perkembangan balita.

Lalu, bagaimana dengan faktor eksternal? Ada banyak sekali contoh faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan balita. Pada kesempatan ini, ibu akan tahu kenapa handphone menjadi salah satu faktor ekstenal yang bisa berpengaruh buruk terhadap tumbuh kembang balita.

Pengaruh Buruk Handphone Terhadap Perkembangan Balita

Mungkin ibu sudah tahu apa efek buruk handphone bagi balita. Banyak sekali artikel yang menjelaskan tentang dampak buruk handphone terhadap perkembangan balita seperti kecanduan.

Akan tetapi, bukan itu lho yang menjadi hal yang perlu untuk ibu khawatirkan. Ada dua hal buruk yang setelah ibu tahu ibu pasti tidak akan membiarkan sang buah hati bermain handphone.

Yang pertama adalah keterlambatan dalam berbicara. Berapa usia balita ibu sekarang? Jika usianya sudah mencapai 2 tahun, idealnya anak ibu sudah mampu mengucapkan satu atau dua suku kata. Jika belum, perhatikan apa yang selama ini ibu lakukan.

Apakah ibu sering membiarkan sang buah hati bermain handphone? Ada banyak alasan kenapa orang tua membiarkan anak mereka bermain handphone. Salah satu alasannya agar anak bisa tenang dan tidak rewel.

Ibu pasti tidak menyangka bahwa ada hal buruk yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang balita. Memang balita ibu akan diam dan tidak rewel ketika bermain handphone. Akan tetapi, tahukah ibu hal tersebut justru akan menghambat si kecil dalam belajar bicara? Pada usia 2 tahun, seharusnya anak ibu mulai belajar menggerakkan mulut dan menproduksi kata. Jika justru si kecil lebih banyak diam karena keasyikan bermain handphone, bukan hal yang mengejutkan jika balita ibu mengalami keterlambatan bicara.

Pengaruh buruk handphone terhadap tumbuh kembang balita yang kedua adalah tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Apakah anak ibu sering mengigau? Atau ia sering bangun di tengah malam? Itu tandanya si kecil tidak memiliki tidur yang berkualitas.

Kebanyakan hal tersebut disebabkan handphone. Karena sering bermain handphone, mata si kecil terkena pancaran cahaya dari handphone sehingga anak akan sulit tidur. Kalaupun sudah terlelap, ia akan mudah sekali terbangun.

Tentu tidur yang tidak berkualitas tersebut berpengaruh buruk terhadap tumbuh kembang balita terutama perkembangan otak. Pasalnya, otak si kecil akan mengalami perkembangan yang sangat signifikan ketika ia tidur lelap.

Cara Mengatasi Balita yang Kecanduan Bermain Handphone

Lalu, bagaimana jika si kecil sudah kecanduan bermain handphone? Ibu pasti sangat sulit untuk melarang si kecil bermain handphone kalau sudah kecanduan. Akan tetapi, setelah ibu tahu efek buruk handphone terhadap tumbuh kembang balita di atas, ibu pasti ingin mencari tahu bagaimana cara mengatasi kecanduan ini.

Tentu melarangnya bermain handphone akan membuat si kecil menangis dan berontak. Akan lebih baik jika ibu mengalihkan perhatian si kecil dengan hal yang lain. Cobalah ibu membelikan permainan (bukan gadget) yang membuatnya menarik. Buatlah si kecil asyik bermain permaiann tersebut sehingga ia lupa akan asyiknya bermain handphone.

Jadi, carikan alternatif permainan yang lain agar si kecil tidak lagi kecanduan handphone. Dan hal ini harus dilakukan agar tumbuh kembang balita optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *