Alergi Makanan Saat Hamil Harusnya Disyukuri

gizi ibu hamil
Source: Daily Mail

Salah satu yang dibahas di forum diskusi ibu hamil online adalah tentang alergi makanan. Karena memang hal ini sangat sulit ditanggulangi. Selain itu, banyak sekali ibu hamil yang mengalaminya.

Bertuntung jika ibu tidak mengalami alergi. Ibu bebas mengkonsumsi makanan apa saja asalkan itu sehat dan baik untuk kandungan. Namun, bagaimana jika ibu tiba-tiba terkena alergi?

Jika ibu mengalami hal tersebut, itu bukan berarti ibu tidak beruntung. Ibu mendapatkan keberuntungan dalam bentuk yang lain. Penjelasan berikut ini akan membuat ibu paham mengapa alergi itu sebuah keberuntungan.

Alergi Itu Bukan Penyakit

Banyak yang salah paham. Mereka menganggap alergi itu penyakit. Padahal bukan. Sangat bisa dipahami mengapa banyak orang yang menganggap alergi semacam penyakit. Terutama orang awam. Mereka melihat ketika seseorang terkena alergi, maka muncul hal-hal yang membuatnya tidak sehat seperti bintik merah pada kulit, tubuh lemas, mata kemerah-merahan, dan lain sebagainya.

Namun, alergi itu bukan penyakit. Dalam dunia medis, alergi itu merupakan reaksi tubuh karena mengenal hal yang berbahaya untuk kesehatan. Ini seperti komputer di mana ada anti virus. Setiap kali ada file yang masuk ke komputer dan ternyata anti virus tersebut mengenali file tersebut sebagai hal yang berbahaya, maka akan muncul warning atau peringatan. Seperti ini konsep alergi.

Jadi, seperti contoh, ketika seorang ibu hamil mengalami alergi terhadap makanan, artinya tubuh menemukan kandungan nutrisi yang mungkin berbahaya untuk perkembangan janin di dalam kandugan serta untuk kesehatan ibu hamil itu sendiri. Jadi, ini sebuah keberuntungan, bukan?

Makanya, ketika ibu alergi setelah makan makanan tertentu, maka ibu harus bersyukur. Karena tubuh telah memberikan alert secara otomatis bahwasannya ada kandungan yang mungkin berbahaya dari makanan yang ibu konsumsi tersebut.

Meskipun demikian, ibu juga harus hati-hati. Pasalnya, terkadang tubuh memberikan respon yang berlebihan. Contohnya, alergi terhadap makanan tertentu yang membuat tubuh begitu lemas, panas, serta muncul bintik merah dan gatal.

Makanan Yang Sering Menyebabkan Ibu Hamil Alergi

Setiap ibu hamil bisa mengalami alergi terhadap makanan yang berbeda. Akan tetapi, secara umum, beberapa makanan berikut ini yang paling sering membuat ibu hamil alergi. Apa saja itu?

  1. Telur

Para peneliti kesehatan melakuan penelitian untuk mengetahui apa yang menyebabkan banyak ibu hamil alergi terhadap makanan yang satu ini. Ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh kandungan protein yang begitu tinggi.

Memang protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil. Dan jumlahnya banyak lantaran protein tidak hanya diperlukan untuk sang ibu, tapi juga untuk perkembangan bayi di dalam kandungan.

Meskipun demikian, tidak ada yang bisa memastikan bahwasannya kandungan itulah yang menjadi penyebab ibu hamil mengalami alergi. Akan tetapi, jika ibu mengalami alergi, ingat kembali apa makanan yang ibu konsumsi. Barangkali itu dikarenakan telur.

  1. Kacang Tanah

Ada banyak sekali jenis makanan yang menggunakan bahan kacang. Bahkan, tidak sedikit cemilan berupa kacang tanah.

Sama seperti telur. Kacang ini memiliki kandungan protein begitu tinggi. Makanya, bisa saja penyebab yang sama inilah yang membuat seorang ibu hamil mengalami alergi. Paslnya, kacang itu mengandung protein yang sangat tinggi.

  1. Seafood

Jangankan ibu hamil, orang yang sedang tidak mengandung saja bisa mengalami alergi seafood. Lihat saja beberapa orang yang mengalami gatal-gatal setelah mengkonsumsi seafood, terutama kepiting dan udang.

Selain makanan, terkadang ibu hamil juga alergi terhadap minuman lho. Yang paling sering adalah susu.

Yang patut untuk digarisbawahi di sini adalah makanan atau minuman dengan kandungan nutrisi yang tinggi tidak lantas pasti membuat ibu sehat. Bisa juga hal tersebutlah yang menyebabkan masalah, seperti alergi. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa ibu harus terus memperbanyak informasi kesehatan ibu hamil. Informasi tersebut bisa didapatkan dari forum ibu hamil atau langsung saja konsultasi dengan dokter kandungan di www.friso.co.id.

Tindakan Saat Ibu Hamil Alergi Makanan

Yang terpenting adalah bagaimana cara menangani alergi. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan.

  1. Hindari Allergen

Allergen merupakan penyebab alergi. Jika alergen adalah makanan tertentu, maka hindari makanan tersebut. Namun, harus diketahui juga bisa saja alergen tersebut bukan berasal dari makanan tapi lingkungan seperti asap kendaraan, asap rokok, tungau, dan debu.

  1. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya alergi itu merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh ketika ditemukan adanya sesuatu yang memungkinan membahayakan kesehatan. Untuk itu, kuatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

  1. Konsumsi Makanan Alternatif

Saat hamil, ibu harus mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang banyak. Bagaimana jika makanan tersebut yang justru membuat alergi? Cari makanan alternatif. Ibu bisa lihat makanan apa saja yang tidak menyebabkan ibu hamil alergi namun bergizi tinggi.

Pada intinya, alergi itu bukan hal yang harus terlalu dikhawatirkan. Alergi itu seperti alert yang datang dari tubuh ibu sendiri bahwasannya ada hal yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Meskipun demikian, tentu saja ibu tidak menganggap remeh alergi begitu saja. Tidak mungkin ibu bisa melakukan aktivitas dengan baik jika mengalami alergi. Oleh sebab itu, untuk menghindari alergi makanan, konsultasikan dengan dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan. Dengan demikian, didapatkan informasi makanan apa saja yang sebaiknya ibu hindari karena makanan tersebutlah yang menyebabkan alergi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *