Anak Ibu Tidak Mau Makan Sayur? Jangan Paksa Ya

agar anak menyukai sayuran
www.ibudanbalita.com

Balita ibu susah makan sayur? Tentu sangat mengkhawatirkan, bukan? Bagaimana bisa balita yang seharusnya mendapatkan asupan nutrisi lebih banyak dari makanan alami seperti sayuran malah tidak mau.

Kebanyakan balita yang tidak mau makan sayur lebih memilih makan nasi putih saja. Tentu hal ini lebih baik daripada balita yang sama sekali tidak mau makan. Hanya saja, jika balita ibu hanya makan nasi saja, maka tubuhnya akan kekurangan vitamin. Yang ia dapatkan hanya karbohidrat saja.

Dalam hal ini, jangan sampai ibu memaksa si kecil untuk makan sayur ya. Bukannya ia akan mulai menyukai sayuran, tapi justru ia semakin sulit untuk makan sayur.

Menggairahkan Lagi

Pada intinya, ibu harus cari tahu bagaimana agar balita ibu bergairah lagi untuk mengkonsumsi sayuran. Ibu bisa coba untuk menyajikan sayuran dengan cara yang berbeda. Ada banyak sekali menu makanan unik dan menarik yang bahannya terbuat dari sayuran hijau. Ibu bisa cari dan coba resep masakan seperti itu.

Ibu harus ingat, anak kecil suka yang unik-unik. Ibu bisa membuat menu makanan dengan bahan sayuran dan tampilannya sangat menarik. Dengan demikian, diharapkan balita ibu akan bersemangat lagi untuk makan sayuran.

Selain itu, menggairahkan lagi agar anak mau makan sayur bisa dilakukan dengan memberikan motivasi. Bagaimana caranya?

Ibu bisa mengajak si kecil untuk berlibur di tempat wisata di mana ia bisa menemukan sayuran yang masih di tanam di ladang. Ibu bisa mengenalkan. Ada juga taman wisata alam seperti itu di mana ibu dan si kecil bisa langsung memetiknya juga. Dengan cara ini, si kecil akan senang dan semakin tertarik dengan sayuran.

Motivasi lainnya bisa dilakukan dengan cara memberikan sanjungan ketika sang buah hati mau makan sayuran. “Wah hebat ya”, “adik pasti kuat kalau makan sayurannya lahap seperti ini”, dan sanjungan lainnya bisa ibu berikan kepada si kecil.

Yang pasti, lupakan untuk memaksa si kecil jika ia tidak mau makan sayuran. Daripada melakukan paksaan, ibu bisa coba untuk menerapkan beberapa cara tersebut di atas.

Alternatif Yang Patut Untuk Dipertimbangkan

Sebenarnya, apa sih yang mengkhawatirkan ketika balita tidak mau makan sayur? Apakah kekurangan nutrisi atau vitamin? Memang itu salah satunya. Akan tetapi, yang pertama kali terjadi adalah si kecil akan mengalami masalah pencernaan. Yang paling sering terjadi adalah si kecil akan mengalami susah BAB (buang air besar).  Hal ini lantaran ia tidak mendapatkan serat yang cukup.

Sebenarnya, jika ibu belum berhasil membuat si kecil suka makan sayuran lagi, ibu bisa coba untuk memberi alternatif lain. Intinya agar balita ibu mendapatkan serat, bukan? Ibu bisa berikan menu makanan lainnya yang kaya akan serat seperti nasi merah, ubi manis, serta kacang polong.

Alternatif ini sebagai langkah awal saja. Ibu tetap harus berupaya agar ia mau mengkonsumsi sayuran lagi.

Tentu saja tidak mudah jika si kecil sudah mulai mogok makan sayur. Jika tips tersebut tidak berhasil, ibu bisa cari tips lainnya di www.ibudanbalita.com atau langsung saja berkonsultasi dengan pakar perkembangan anak mengenai masalah tersebut.

Yang pasti, ada banyak cara yang bisa ibu lakukan. Kesabaran yang diperlukan. Ibu bisa coba cara satu dan ganti dengan cara lain jika cara yang sebelumnya tidak berhasil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *