Ancaman Baru Kesehatan Balita yang Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata

kesehatan balita
Ibu dan Balita

Apakah ibu tahu apa itu pneumonia? Ini merupakan penyakit yang menyerang balita. Ibu pasti tidak akan mengira jika penyakit yang satu ini bisa menjadi penyebab kematian terhadap balita. Yang cukup menyedihkan lagi, angka balita penderita pneumonia di Indonesia cenderung meningkat. Pada tahun 2014 saja, penderita pneumonia mencapai 600.682 di mana 5,3% dari angka tersebut merupakan penderita pneumonia berat.

Dari penjelasan singkat tersebut, ibu pasti merasa was-was kok bisa penyakit yang satu ini bisa sangat membahayakan kesehatan balita. Tentu ibu juga ingin tahu apa saja penyebab serta apa yang harus ibu lakukan untuk mencegah penyakit ini.

Yang Harus Ibu Ketahui Mengenai Pneumonia

Satu hal paling utama yang harus ibu ketahui adalah bawasannya jumlah vaksin untuk mengobati penyakit ini masih sangat terbatas. Hal inilah yang membuat orang tua harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal jika balita mereka terkena Pneumonia. Ini yang harus dijadikan catatan untuk setiap orang tua.

Akan tetapi, ibu tidak perlu khawatir. Pneumonia ini bisa dicegah lho. Para ahli kesehatan anak mengatakan penyakit yang satu ini disebabkan karenanya adanya virus atau bakteri yang menyerang bagian paru-paru balita. Saat paru-parunya terkena infeksi, itulah yang dinamakan pneumonia. Biasanya, balita yang menderita penyakit ini akan mengalami beberapa hal seperti susah bernafas, jika bernafas terlihat terengah-engah, demam, dan batuk.

Karena virus dan bakteri merupakan penyebabnya, maka untuk menghindari hal tersebut, ibu harus memberikan imunisasi lengkap. Vaksin Hib masih dianggap mampu untuk mencegah Pneumonia. Jadi, pastikan balita ibu mendapatkan imunisasi lengkap ya.

Selain itu, cara pencegahan Pneumonia lainnya adalah dengan menciptakan lingkungan yang sehat. Ini sebenarnya yang menjadi tantangan yang tidak mudah. Mungkin saja tingginya angka penderita Pneumonia disebabkan oleh satu hal ini. Polusi udara ternyata bisa menyebabkan Pneumonia. Oleh sebab itu, ibu harus waspada jika si kecil berada di lingkungan dengan polusi udara yang tingg. Jauhkan juga balita ibu dari orang yang sedang merokok. Asap rokok bisa juga lho menjadi penyebab Pneumonia. Yang pasti, semua yang memperburuk udara itu bisa menyebabkan Pneumonia.

Jika si kecil masih kecil, sebaiknya ibu memberikan ASI eksklusif. Inilah cara pencegahan yang paling ampuh. Pneumonia ternyata juga disebabkan oleh kurangnya nutrisi. Bayi yantg tidak mendapatkan ASI juga bisa dianggap kekurangan nutrisi lho. Memang ibu bisa memberikan susu sapi. Tapi, ibu harus ingat tidak ada sumber nutrisi yang lebih baik bagi bayi selain ASI.

Namun, jika si kecil sudah balita, ibu harus pastikan kesehatannya terjaga dengan cara memberikan makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Sumber nutrisi utama balita tidak lagi dari susu. Sumber nutrisi balita itu dari makanan saat ia sudah balita. Agar tidak kekurangan nutrisi, pastikan ibu menjaga asupan gizinya dengan cara membuatkan makanan sehat dan bergizi untuk sang buah hati.

Itulah mengapa ibu harus ekstra perhatian terhadap kesehatan anak. Ibu harus tahu dan peka terhadap perkembangan balita. Mengikuti updata info seputar kesehatan anak akan membuat ibu semakin tahu apa yang harus ibu lakukan jika ada masalah kesehatan yang dialami oleh si kecil. Setidaknya, untuk masalah Pneumonia ini, ibu sudah apa saja yang harus ibu lakukan agar sang buah hati terhindar dari masalah kesehatan yang sering berujung kematian pada balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *