Anjuran dan pantangan ibu menyusui yang perempuan harus tahu

Pantangan Ibu Menyusui
dokterbidan.com

Menyusui, suatu fase indah yang akan dialami semua perempuan yang telah diberi anugrah kehadiran malaikat kecil dalam hidupnya. Terutama bagi ibu baru, dimana inilah anak pertamanya, sangat wajar merasa bingung apa yang harus dilakukan saat menyusui. Apakah sudah benar atau salah ? apa saja anjuran serta pantangan ibu menyusui ?

Artikel Anjuran dan pantangan ibu menyusui yang perempuan harus tahu akan membahas beberapa saran dan larangan yang sebaiknya dilakukan maupun dihindari bunda. Anda boleh memilih untuk mempraktekkan atau tidak, semua akan kembali pada anda. Pada akhir hari, anda hanya ingin memberikan yang terbaik bagi malaikat kecil anda.

  1. Keseimbangan keluar masuk

Bayi yang baru lahir memang memiliki perut kecil, Kira kira sebesar kepalan tangan orang dewasa. Jangan anggap remeh, biarpun ukuran kapasitas masih mini tapi bayi muda jauh lebih mudah lapar dibanding bayi yang sudah lebih tua (1 bulan keatas). Secara medis disarankan untuk memberi makan bayi setidaknya 8–10 kali dalam sehari dan hanya boleh diberi air susu ibu. Hanya karena bayi merengek minta diberi makan terus menerus, bukan berarti air susu ibu tidak cukup sampai anda harus menambahkan elemen lain seperti air putih. Air susu ibu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi asupan gizi malaikat kecil anda.

Apabila anda tidak yakin anda telah memberikan air susu ibu dengan kadar pas sehari, anda bisa mengecek dari jumlah ‘kotoran’ bayi. Tentu seperti yang anda sudah tahu, apapun yang masuk ke dalam tubuh, secara otomatis organ organ anda akan memilah milah mana yang harus dibuang. Bayi juga tidak berbeda. Bila menimbang dari rata rata bayi berusia 8 minggu, setidaknya ada 6 sampai 8 kali anda mengganti diaper dalam sehari.

  1. Alami baru percaya

“Kamu tau nggak, sih, menyusui itu bikin puting payudara sakit”

Pernahkah anda mendengar teman, saudara, atau orang yang anda ajak obrol saat menunggu pesanan (orang tak dikenal) berbagi informasi seperti itu ? bahwa menyusui bisa membuat anda menderita ? Bagaimana reaksi anda ? Apakah anda jadi ogah menyusui kalau sudah punya anak?

Anda bisa bernafas lega sekarang, karena faktanya apabila anda melakukan sesi menyusui dengan benar, seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit. Dari daftar pantangan ibu menyusui terpenting disini adalah tidak mudah percaya apapun dengan konotasi negatif sebelum anda menganggukkan kepala, tanda setuju. Bila anda masih saja merasa sakit, segera konsultasikan ke dokter atau ahli untuk mengecek apa yang salah dengan anda. Sesi menyusui adalah hubungan bayi dan ibu yang indah bukan penderitaan.

  1. Bayi belum berilmu, ajari!

Menyambung pada pantangan diatas, kemungkinan besar dokter akan berkata bahwa cara menyusui anda salah atau bayi tidak mengisap payudara dengan benar, kecuali tentu saja anda memang mengidap penyakit tertentu sehingga terasa sakit. Jika yang terjadi adalah kemungkinan kedua yaitu bayi tidak mengisap payudara dengan benar, maka disinilah peran bunda untuk mengajari malaikat kecilnya.

Langkah mengajari bayi tidak susah, hanya saja butuh kesabaran dan pengertian bunda yang cukup besar agar bayi mengisap susu bukan mengkenyot puting payudara. Pertama tama temukan tempat duduk dan posisi yang nyaman karena mungkin akan memakan waktu tidak sebentar. Gunakan satu tangan untuk memegang payudara yang akan digunakan sebagai media pengajaran, remas sedikit sampai payudara membentuk kerucut dengan puting menonjol di ujung seperti botol susu. Dekatkan kepala bayi menuju payudara anda, masukkan puting ke dalam mulut bayi dengan posisi puting diantara rongga mulut bayi dan bukan di ujung. Perlahan bayi akan merasa air susu ibu keluar dan paham bagaimana harus mengisap air susu tersebut.

  1. Jangan menyerah

Pantangan ibu menyusui adalah menyerah. Tak satupun orang pernah berkata membesarkan anak adalah hal mudah, tapi di situlah letak anugrah yang akan memberi banyak kenangan indah. Anda bisa merasa telah bersabar mengajari bayi dan bagaimana posisi menyusui yang baik agar payudara tidak nyeri. Percayalah jika anda belum berhasil, ada ribuan mungkin jutaan bunda di luar sana yang tengah berjuang menemukan cara agar menyusui terasa enteng tanpa meninggalkan bekas rasa sakit selama beberapa menit atau jam kedepan.

Tarik nafas panjang dan tetap berkomunikasi dengan bayi. Ulangi terus proses pembelajaran menyusui anak, duduk santai dan sodorkan payudara anda. Tatap mata bayi anda, dan terus arahkan agar bayi tidak lagi menggigit ujung puting namun masuk lebih dalam untuk menyusui. Perlahan tapi pasti usaha anda akan berbuah hasil, akan datang hari dimana anda tidak lagi merasa sakit.

  1. Jangan biarkan bayi kelaparan

Bagi perempuan yang pertama kali menyusui wajar saja merasa lebih lelah dibanding perempuan berpengalaman. Hal ini dikarenakan ibu baru masih harus menemukan metode menyusui yang tepat ditambah dengan tanggung jawab memuaskan rasa haus anak. Jagalah kesehatan bunda dengan pilih makanan yang bisa meningkatkan asupan energi anda, istirahat di tiap kesempatan, atau mintalah bantuan pasangan anda untuk mengurus si kecil. Semua dilakukan agar bunda senantiasa siap ketika bayi menangis minta diberi makan, dan kesehatan bunda menjadi faktor penentu. Bayi sangat butuh asupan untuk tumbuh karenanya Pantangan ibu menyusui terbesar adalah membiarkan malaikat kecilnya kelaparan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *