Apa Saja Ciri-Ciri Pertumbuhan Gigi Pada Bayi?

kesehatan gigi si kecil
awalsehat.nestle.co.id

Bagi Anda seorang ibu yang baru pertama kali mempunyai anak tentu belum tahu gejala yang akan dialami bayi saat tumbuh gigi, karena bagi bayi yang baru saja tumbuh gigi akan ada beberapa tanda yang akan mengganggu kesehatannya.

Supaya Anda tidak khawatir, maka sangat penting untuk Anda mengetahui berbagai tanda tumbuh gigi pada bayi Anda. Pada umumnya, gigi bayi akan tumbuh pada usia delapan bulan atau satu tahun tergantung kondisi bayi.

Tumbuh gigi pada bayi biasanya ditandai dengan adanya berbagai gejala yang akan mengganggu bayi, Berikut ini akan saya sampaikan tentang ciri-ciri bayi yang akan tumbuh gigi;

  • Susah tidur ketika malam hari

Hal tersebut terjadi karena bayi Anda sedang merasa sakit akan tumbuh gigi, dengan begitu bayi jadi merasa kurang nyaman dan tidak nyenyak ketika tidur. Rasa nyeri pada gusi karena akan tumbuh gigi dapat membuat bayi sulit terlelap pada malam hari.

Pada umumnya, ibu akan menyusui guna mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi terkadang juga dapat membuat bayi semakin sakit karena gesekan antara puting ibu dan gusi bayi.

  • Tidak mau diberi makanan ataupun ASI

Pada umumnya, bayi yang suka menangis itu karena merasa lapar. Oleh karena itu, sang ibu akan memberinya makanan atau dengan menyusuinya. Akan tetapi ketika akan tumbuh gigi, tidak akan mau diberi makan atau disusui sebab si bayi merasakan nyeri pada gusi.

  • Mengalami batuk batuk

Air liur yang terlalu banyak bisa membuat bayi mengalami batuk batuk dan sering muntah. Batuk tersebut terjadi karena disebabkan oleh air liur yang sangat banyak. Jadi Anda tidak perlu khawatir berlebihan jika bayi Anda mengalami batuk seperti ini. Akan tetapi bila gejala batuk terus berlanjut, mungkin memang bayi Anda mengalami batuk yang dikarenakan virus atau bakteri.

  • Mudah rewel

Ketika bayi merasakan sakit pada gusi karena akan tumbuh gigi, biasanya si bayi akan mudah marah dan rewel. Mulut bayi yang sakit ini akan membuatnya jadi rewel dan juga mudah marah. Beberapa anak umumnya akan mengalami hal tersebut hingga beberapa hari.

  • Sering menggigit ketika sedang disusui

Hal ini terjadi karena bayi merasa geli pada gusinya akibat gigi yang akan muncul. Saat Anda menyusui si bayi dan ia menggigit, itu artinya si bayi sedang mengalami tumbuh gigi. Tekanan gigi yang menyembul dari bawah gusi bisa membuatnya menjadi ingin menggigit apa saja yang ada di dekatnya. Saat ia sedang menyusu, maka ia akan menggigit puting ibunya.

  • Demam

Tumbuh gigi pada bayi akan menyebabkan demam ringan, Sakit demam pada bayi juga dapat menjadi pertanda jika bayi tersebut akan tumbuh gigi. Gejala bayi tumbuh gigi ini sering disalah artikan oleh orang tua sehingga khawatir berlebihan saat melihat anaknya demam.

Padahal demam ringan ini dapat sembuh dengan sendirinya saat masa pertumbuhan gigi sudah semakin lanjut. Ketika bayi mengalami tumbuh gigi, maka kekebalan pada bayi akan semakin menurun dan mudah terkena penyakit. Namun anda tidak perlu panik sebab kekebalan tubuh bayi akan kembali normal setelah gigi pada bayi tumbuh.

Penyebab Pertumbuhan Gigi Pada Bayi Tidak Sempurna dan Cenderung Berantakan

Memang melihat tumbuh kembang anak merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan jika kita lihat setiap harinya. Salah satunya saat tumbuh gigi pada bayi pertama kali. Untuk mendapatkan hasil gigi yang rapih memang tidak semudah dan segampang yang dipikirkan.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat gigi anak tumbuh tidak rapih dan justru berantakan, tentu hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja sebab akan mempengaruhi pertumbuhan gigi ketika besar nanti. Anda juga harus mengetahui beberapa penyebabnya seperti berikut ini :

– Gigi susu yang sulit untuk lepas atau copot

– Kebiasaan mengigit jari

– Adanya jumlah gigi yang tumbuh terlalu banyak

– Letak pertumbuhan gigi tetap tidak sesuai

– Ukuran gigi cenderung lebih besar dari biasanya

– Panjang lengkung gigi kurang sehingga gigi tumbuh ke arah langit-langit

– Panjang lengkung rahang yang tidak normal

– Terlambatnya klasifikasi gigi geraham tetap

Cara Agar Pertumbuhan Gigi Pada Bayi Lebih Rapi Dan Tidak Berantakan

Pertumbuhan gigi pada bayi memang berbeda-beda, ada yang sudah teratur rapi bahkan ada juga yang terlihat jarang sebab terdapat celah pada gigi. Gigi tetap juga akan muncul setelah bayi berusia 6 sampai 7 tahun. Berikut ini juga akan saya sampaikan tentang cara menjaga gigi bayi agar tidak berantakan;

  • Hindari kebiasaan mengisap dot berlebihan

Hal ini sangat disarankan bagi bayi yang akan menginjak usia 2 tahun. Dot dalam susu botol ternyata mempunyai dampak pada susunan gigi bayi.

Mengisap dot juga bisa membuat gigi bayi menjadi maju ke depan. Oleh sebab itu, hindarkan bayi Anda dari kebiasaan mengisap dot bila sudah berumur 2 tahun dan hentikan juga kebiasaan mengisap jari tangan.

  • Biasakan menyikat gigi

Usia 7 sampai 12 bulan merupakan usia dimana bayi sudah mulai tumbuh gigi, Anda bisa membersihkan gigi bayi Anda tersebut dengan kain lembut, bersih dan lembab. Dan juga pada usia tersebut Anda juga bisa menggunakan sikat gigi kecil yang hanya dibasahi dengan air saja secukupnya.

Nanti jika sudah berusia 13 sampai 24 bulan barulah menggunakan pasta gigi, Anda bisa memberikan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *