Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Yuk Simak Penjelasannya

Pantangan Ibu Menyusui
dokterbidan.com

Sebenarnya, jika ditulis semuanya, ada banyak sekali pantangan ibu hamil. Namun, agar ibu lebih mudah menghafalnya, ibu hanya perlu tahu kenapa ada makanan yang harus dijauhi selama masa kehamilan.

Dan ibu tidak perlu bertanya lagi mengapa ada makanan bergizi tapi justru dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Jumlahnya sangat banyak.

Terlepas hal tersebut, dengan mengetahui alasan mengapa ada makanan yang merupakan pantangan untuk ibu hamil, ibu menjadi tahu sebenarnya ada banyak kok alternatif makanan sehat dan enak. Untuk itu, ketahui dulu ya apa saja jenis makanan yang merupakan pantangan untuk ibu hamil.

Jenis Makanan Pantangan Ibu Hamil

Memang banyak sekali nama makanan yang merupakan pantangan. Namun, jika dilihat dari jenisnya, sebenarnya tidak terlalu banyak juga kok makanan yang harus ibu hindari.

  1. Makanan Mentah

Apakah ada makanan yang mentah? Tentu saja ada. Sebut saja sushi. Ini merupakan makanan khas Jepang. Banyak orang Indonesia yang suka dengan makanan seperti ini. Bahkan, tidak sulit sekarang ini menemukan restoran yang menghidangkan makanan khas Jepang yang satu ini.

Katanya, sushi ini bagus sekali untuk kesehatan. Pasalnya, daging ikan segar saja yang diambil. Kandungan proteinnya sangat tinggi. Dan yang pasti, kandungan gizinya tidak berkurang karena tidak melalui proses memasak yang terkadang menghilangkan atau mengurangi kandungan gizi.

Akan tetapi, ada kemungkinan masih adanya bakteri yang masih menempel pada daging lantaran tidak dimasak. Berbeda dengan makanan yang sudah dimasak. Bakteri yang mungkin menempel akan hilang karena bahan makanan dimasak terlebih dahulu.

Tentu bukan hanya sushi saja. Ini hanya satu dari sekian banyak jenis makanan yang mungkin bisa ditemukan di mana makanan tidak dimasak terlebih dahulu. Ini jenis makanan yang merupakan pantangan bagi ibu hamil.

Bagaimana dengan makanan yang dimasak setengah matang? Ini juga sama dengan makanan mentah. Alasan pelarangannya pun sama, yaitu masih adanya potensi bakteri yang menempel pada makanan tersebut.

Di Indonesia, banyak sekali jenis makanan yang dimasak setengah matang. Yang paling mudah ditemui adalah sate. Ada banyak jenis sate, entah itu sate ayam, sate sapi, atau sate kambing. Selain itu, daging yang dimasak dengan cara dipanggang juga dianggap sebagai makanan setengah matang.

  1. Makanan Manis

Seorang ibu hamil itu memiliki risiko yang tinggi mengalami diabetes. Meskipun ibu tidak pernah mengalami riwayat gula tinggi, bisa saja diabetes ini menyerang ibu. Hal ini disebabkan kondisi hamil membuat kadar gula di dalam tubuh tinggi.

Hal ini akan semakin parah jika ibu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu manis. Ini tidak hanya makanan yang dibuat dengan menggunakan gula dalam jumlah yang banyak, tapi juga makanan yang memang rasanya terlalu manis. Contohnya saja buah semangka. Ini termasuk makanan yang sebaiknya dihindari.

Akan tetapi, bukan berarti ibu harus menghindari semua makanan yang manis ya. Tentu saja gula juga dibutuhkan oleh tubuh. Yang pasti, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis ya bu.

  1. Ikan

Lho, bukannya ikan itu tinggi omega 3 sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil? Betul sekali. Namun, perhatikan dulu jenis ikannya. Ada jenis ikan yang tinggi kandungan merkurinya. Contohnya saja ikan tuna dan ikan makarel. Dua ikan tersebut memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Kandungan merkuri ini sangat tidak bagus untuk perkembangan janin di dalam  kandungan. Hal inilah yang menjadi penyebab ikan merupakan pantangan untuk wanita hamil. Merkuri bisa menyebabkan kerusakan janin. Akibat terburuknya adalah keguguran.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa ibu ketahui. Pertama, pilih jenis ikan selain dua ikan tersebut di atas. Yang kedua, pilih ikan yang usianya tidak terlalu tua. Semakin tua dan semakin besar ukuran tubuh ikan maka kemungkinan besar kandungan merkurinya tinggi. Yang ketika, sebaiknya pilih ikan dari ikan tawar yang kandungan merkurinya relatif lebih rendah seperti ikan lele.

Jadi, sekarang ibu tahu kan jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil?

Kenapa Fast Food Merupakan Pantangan?

Dari dahulu, fast food sebenarnya bukanlah makanan yang sehat. Apalagi dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, apakah ibu tahu alasannya?

Ternyata alasannya sederhana. Di dalam makanan fast food, lebih banyak kandungan lemaknya daripada kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. Kandungan proteinnya sangat rendah. Begitu juga kandungan gizi lainnya.

Inilah yang juga mendasari mengapa sebaiknya ibu tidak terlalu sering mengkonsumsi fast food selama masa kehamilan. Bahkan, akan lebih baik jika ibu tidak sekali-kali mengkonsumsi jenis makanan tersebut.

Bagaimana dengan mie instan? Ini juga sebenarnya makanan fast food. Sayangnya, sulit sekali untuk menghindari makanan ini. Bahkan, hampir di setiap rumah, ada persedian mie instan jika merasa lapar dan tidak ada makanan di rumah. Mie instan seolah-olah menjadi penolong di saat lapar.

Sebenarnya, tidak masalah mengkonsumsi mie instan. Hanya saja harus dikontrol. Tidak boleh berlebihan. Ibu bisa konsumsi satu kali dalam satu minggu. Itu sudah lebih dari cukup.

Sebenarnya, ada banyak menu makanan sederhana yang bisa ibu buat sendiri di rumah. Dan tentunya makanan tersebut sehat. Ibu bisa cari tahu resep makanan sehat dan mudah untuk dibuat di www.ibudanbalita.com. Di sana, ibu bisa mendapatkan inspirasi berupa makanan sehat untuk ibu hamil. Di sana juga ada informasi mengenai makanan apa saja yang merupakan pantangan ibu hamil.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *