Apa yang menanti anda di perkembangan bayi 6 bulan ? Cek disini !

perkembangan bayi 6 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Setengah tahun telah anda lalui bersama pasangan membesarkan malaikat kecil anda. Beragam kenangan hadir dan kasih sayang antar anda dan si kecil makin erat. Mengingat 5 bulan telah anda lalui, memberikan yang terbaik bagi bayi anda, dan memastikan anak tumbuh dengan kondisi baik. Anda mungkin penasaran apa ya, perkembangan bayi 6 bulan? Jika anda mencari jawaban perkembangan bayi 6 bulan sebelum bayi anda mendekati usia tersebut akan lebih baik lagi.

Artinya, anda berpikir cukup maju, sehingga anda memiliki lebih banyak waktu belajar, dan mempersiapkan apa saja yang kira kira akan datang sekaligus solusinya.

1. Warna mata

Apakah anda menyadari warna mata anak anda perlahan tapi pasti mengalami perubahan warna dari ia lahir ? Pada keturunan Asia mungkin tidak terlalu terlihat karena umumnya Asia, termasuk Indonesia memiliki warna coklat gelap sehingga perubahan warna mata tidak terlalu nampak. Tapi, jika anda melihat keturunan kulit putih, atau campuran anda mungkin menyadari adanya perubahan warna mata, kecuali jika dulunya berwarna biru dan kemudian tidak ada perubahan artinya ia akan tumbuh besar dengan warna mata tersebut.

2. Jam tidur

Kalau masih berusia muda, tingkat kesulitan menidurkan bayi tidak terlalu tinggi karena bayi cenderung diam dan tidak terlalu membutuhkan jam tidur banyak. Sedangkan, daftar perkembangan bayi 6 bulan paling pasti adalah jam tidur bayi makin sedikit yaitu sekitar 6 sampai paling lama, 8 jam. Wajar saja jika sesi tidur menjadi lebih susah karena bayi menolak untuk tidur. Kebanyakan orang tua sampai garuk garuk kepala karena tiap kali bayi usia 6 bulan harus tidur, si kecil malah mengamuk dan menangis kencang bukannya terlelap manis seperti saat ia berusia 2 bulan.

Salah satu teknik menidurkan bayi refrensi Richard Ferber, seorang dokter Anak yang juga ketua asosiasi Bayi Amerika, adalah dengan membiarkan bayi terbaring sendirian. Madsud dari membiarkan adalah menaruh bayi anda di tempat tidurnya ketika ia masih terjaga. Biasanya, bayi akan menangis begitu anda meninggalkan ruangan, tapi hal ini sangatlah wajar. Anda mungkin punya default atau reflek otomatis untuk lari menghampiri bayi tiap kali air mata menetes dari pipinya disertai raungan keras. Kali ini, cobalah menahan diri, jangan langsung menghampiri bayi, malam pertama tunggu sekitar 30 detik baru menghampiri bayi, malam kedua tunggu 40 detik, malam ketiga tunggu 50 detik, begitu terus. Kuncinya adalah meningkatkan jeda waktu untuk menghampiri bayi menangis secara progresif tiap malam. Sampai pada satu titik anak anda akan diam sendiri dan memutuskan untuk tidur.

Metode Ferber, ciptaan Richard Ferber bisa bekerja untuk banyak keluarga tapi bukan berarti ada jaminan bahwa cara Ferber akan berhasil untuk semua bayi. Beberapa bayi tetap memberontak atau orang tua merasa tidak tega mendengar tangisan malaikat kecilnya. Jika anda mengalami salah satu dari sebab tadi, anda mungkin bisa bereksperimen sendiri untuk menemukan cara menidurkan si kecil yang tepat. Anda bisa bergabung di forum atau bertanya pada anggota keluarga, teman, bahkan tetangga mengenai cara mereka melalui fase tidur bayi 6 bulan.

Sisi positif dari usia 6 bulan adalah resiko kemungkinan bayi meninggal mendadak saat tidur lebih rendah dibanding saat ia muda dulu. Biasanya memang disarankan untuk membiarkan bayi tidur terlentang, tapi anda tidak perlu panik apabila tiba tiba saja posisi bayi jadi tengkurap. bayi sudah mulai bisa merangkak serta membalikkan badan jadi wajar.

3. Kemampuan makan

Kondisi mulut bayi sudah lebih bagus dibanding saat ia lebih muda namun tidak sekuat bayi yang lebih tua (7 bulan keatas). Karenanya posisi bayi saat ini masih tengah – tengah alias tidak terlalu kuat namun juga tidak terlalu lemah, anda sangat disarankan untuk melatih kemampuan makan si kecil. Bagaimana caranya ? tentu saja dengan memperkenalkan bayi pada makanan padat. Bukan berarti anda disarankan untuk memberi bayi gulai kambing atau gorengan, tapi berilah makanan pendamping asi.

Makanan pendamping asi atau biasa disingkat MPASI adalah makanan yang diberikan untuk menemani air susu ibu, sebagai suatu bentuk transisi bayi yang dulu hanya minum air susu ibu sebelum mengarah ke makanan padat. Mulai dengan makanan yang banyak mengandung zat besi dalam bentuk bubur yang dicampur dengan air susu ibu, agar bayi tidak merasa terlalu asing terhadap rasa menu makanan barunya. Anda juga bisa mulai memberikan buah buahan dan sayur mayur yang sudah diolah sehingga lebih empuk atau jika anda ragu akan rasanya, anda bisa membeli produk makanan bayi di pasaran, yang pastinya sangat mudah ditemukan anda tinggal memilih mana yang kira kira bayi sukai.

Secara garis besar warna mata, jam tidur, dan kemampuan makan adalah 3 hal yang paling menonjol saat bayi sudah tumbuh setengah tahun. Karena daftar diatas sangat umum, kebanyakan bayi pasti mengalami. Tugas anda dan pasangan adalah terus perhatikan tingkah laku bayi, jika perlu anda dipersilahkan mencatat agar ada track record si kecil. Apa fungsi catatan tersebut ? Apabila, anda merasa ada salah satu perkembangan bayi 6 bulan yang terlewati segera konsultasikan dengan dokter anak untuk mengecek apa ada yang salah, dan track record akan sangat membantu proses pemeriksaan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *