Apakah Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Obat Flu?

Obat Flu Ibu Hamil

Portalgayahidup.com – Saat musim hujan tiba, siapapun beresiko terkena flu, apalagi seorang ibu hamil. Dan info kehamilan yang satu ini layak untuk diketahui para wanita hamil terutama ketika mereka sedang hamil saat musim hujan tiba.

Banyak yang bertanya apakah ada resiko bagi bayi yang ada di kandungan jika seorang ibu hamil mengkonsumsi obat seperti halnya obat flu. Secara umum, apapun yang ibu konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin di dalam kandungan, tak terkecuali obat. Itulah mengapa ibu harus mengerti banyak hal tentang info seputar kehamilan, entah dari buku kesehatan ibu hamil, majalah, atau yang lainnya.

Jadi, apakah itu artinya obat flu dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Hasil Dari Sebuah Penelitian

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, apapun yang dikonsumsi oleh seorang ibu hamil memang ada pengaruhnya terhadap janin di dalam rahim, entah itu pengaruhnya sedikit atau signifikan. Namun, menurut sebuah penelitian yang hasil kesimpulannya di publikasikan di jurnal Medis BMJ mengatakan tidak ada resiko buruk bagi janin jika seorang ibu hamil mengkonsumsi obat flu, namun ibu harus tahu obat flu apa yang digunakan oleh ibu hamil di dalam penelitian tersebut.

Ada dua kandungan yang digunakan untuk mengatasi flu, yaitu oseltamivir dan zanamivir. Sebenarnya, dua kandungan itulah yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah obat flu dan tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Ibu tidak perlu khawatir akan timbulnya resiko buruk bagi perkembangan janin. Namun memang ada beberapa kandungan obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil seperti yang dilansir oleh salah 1 artikel di alodokter ini.

Langkah Hati-Hati

Ada banyak ibu hamil yang antipati atau tidak mau mengkonsumsi obat apapun. Selagi kebugarannya masih bisa terjaga, maka mereka tidak mau minum obat jika sakit, tak terkecuali obat flu.

Akan tetapi, tidak sedikit juga yang tidak mau berpikir panjang. Mereka lebih baik mengkonsumsi obat flu agar ia tidak sakit. Menurut mereka, justru bayi yang mereka kandung tidak bisa berkembangan maksimal jika mereka sakit. Oleh sebab itu, mereka memilih untuk mengkonsumsi obat flu.

Terlepas dari pendapat yang berbeda tersebut, harus ada langkah hati-hati yang ibu lakukan. Sekalipun sudah ada penelitian yang menunjukkan bawasannya tidak ada pengaruh buruk yang terjadi ketika ibu minum obat flu, sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Selain itu, langkah hati-hati yang ibu bisa lakukan adalah dengan mencoba menggunakan cara lain untuk mengatasi flu selain mengkonsumsi obat-obatan. Sebenarnya banyak hal yang bisa ibu lakukan. Ibu bisa istirahat total karena pada dasarnya virus penyebab flu akan dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh. Dan agar sistem kekebalan tubuh ibu semakin kuat, ibu perlu istirahat total sembari memberikan multivitamin dari makanan yang bergizi.

Menjaga kesehatan kehamilan sangat diperlukan. Ini lebih penting dari sekedar mengatasi masalah kesehatan saat hamil. Untuk itu, sangat diharapkan ibu mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama. Ini merupakan susu yang mengandung banyak sekali nutrisi untuk ibu hamil. Nutrisi tersebut tidak hanya diperlukan untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan tapi juga untuk memastikan kondisi kesehatan ibu terjaga.

Namun, tentu saja ibu harus menjaga kesehatan dengan cara yang lain. Ibu sebaiknya memperkaya lagi wawasan tentang info kehamilan.

Image Source: http://remedypharmacist.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *