Apakah Kacang Baik untuk Kesehatan Wanita Hamil Tua?

kesehatan wanita hamil
https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil itu harus benar-benar dijaga. Meskipun ibu sudah melewati masa kehamilan pada trimeseter pertama dan kedua, bukan berarti ibu sudah sangat aman untuk mengkonsumsi makanan apapun dan melakukan kegiatan apapun.

Memang sangat tidak menyenangkan ketika hamil muda. Ibu seolah berada di penjara. Ada banyak sekali makanan yang enak namun tidak boleh ibu konsumsi. Ibu pun dilarang untuk bepergian jauh karena rahim yang belum kuat sehingga bisa mengakibatkan keguguran.

Saat hamil tua, janin sudah memiliki organ tubuh yang sempurna. Ibu pun sudah tidak terlalu was-was. Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak memiliki pantangan seperti makan kacang.

Ada banyak sekali info ibu hamil yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi kacang menjadi salah satu cara menjaga kesehatan wanita hamil tua. Ada juga yang berkata sebaliknya. Mana yang benar?

Efek Buruk Kacang bagi Wanita Hamil

Mungkin ibu sering mendengarkan hal-hal yang baik tentang kacang bagi kesehatan wanita hamil. Namun, bagaimana dengan hal yang buruk?

Apakah ibu tahu bahwa kacang bisa mengakibatkan anak yang ibu lahirkan nanti alergi terhadap kacang? Sebuah riset ilmiah yang dilakukan oleh Dr. Michael Young dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa seorang wanita hamil yang sering makan atau ngemil kacang bisa membuat bayinya alergi terhadap kacang. Jadi, walaupun ibu tahu banyak sekali manfaat dari kacang, ibu harus mengatisipasi hal ini.

Mungkin ibu bertanya apakah hal ini terjadi pada semua wanita hamil? Ternyata jawabannya tidak. Bagi ibu hamil yang memang alergi terhadap kacang, besar kemungkinan bayi juga akan mengalami hal yang sama.

Efek Positif Kacang Bagi Kesehatan Wanita Hamil

Agar ibu mendapatkan informasi yang lebih objektif, ibu juga harus tahu apa kaitan antara kacang dengan kesehatan wanita hamil, terutama yang masa kehamilannya sudah menginjak trimester ketiga.

Banyak sekali studi ilmiah yang membuktikan bahwa kacang memang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Sedangkan protein ini dibutuhkan oleh janin untuk berkembang. Itulah mengapa banyak dokter kandungan yang menyarankan ibu hamil untuk menjadikan kacang sebagai cemilan.

Kacang almond yang paling direkomendasikan. Pasalnya, kacang almond lah yang mengadung protein tinggi dengan lemak tak jenuh. Bagi ibu yang mengalami masalah kolesterol saat hamil, konsumsilah kacang almond dan kadar kolesterol dalam tubuh akan berangsur-angsur turun.

Selain protein, kacang juga ternyata mengandung asam folat. Seperti ibu ketahui, asam folat sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan wanita hamil dan juga kesehatan janin dalam kandungan. Bagi janin yang kekurangan asam folat, besar kemungkinan janin yang ada di dalam kandungan ibu akan lahir dalam keadaan cacat.

Jadi, lengkap sudah informasi yang ibu dapatkan seputar hubungan antara kacang dengan kesehatan wanita hamil. Yang jelas, banyak sekali kandungan penting dalam kacang meskipun tidak menutup kemungkinan efek samping pun bisa terjadi.

Untuk memastikan kacang menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu selama hamil, sebaiknya ibu datang ke dokter kandungan untuk melakukan konsultasi kehamilan. Konsultasi ibu hamil dengan dokter akan memastikan bagaimana kondisi kesehatan ibu dan janin dan apakah ibu boleh makan kacang atau tidak.

Tidak semua makanan sehat itu baik untuk ibu hamil. Ada juga makanan baik untuk ibu hamil tapi tidak bagi untuk ibu hamil lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi kesehatan setiap ibu hamil. Untuk itu, ibu harus terus memperkaya pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *