Apakah Perawatan Bayi Lahir Caesar Berbeda dengan Bayi Lahir Normal?

perawatan bayi
Ibu & Balita

Perawatan bayi yang lahir dengan caesar jelas berbeda jika dibandingkan dengan perawatan bayi normal. Hal ini yang harus diketahui para orang tua. Jika ibu sedang hamil sekarang, sebaiknya ibu hiarus tahu perawatan bayi yang lahir dalam keadaan caesar. Mungkin ibu bisa belajar cara merawat bayi yang lahir normal dari teman ibu. Akan tetapi, untuk bayi yang dilahirkan secara caesar, ibu harus cara merawatnya.

Satu hal yang harus dipahami bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar itu jauh lebih rentan terhadap penyakit daripada bayi yang lahir normal. Itulah mengapa cara perawatannya pun sedikit berbeda. Meskipun demikian, bukan berarti bayi normal itu tidak mudah terkena sakit lho.

Berikut perawatan bayi yang lahir melalui operasi caesar yang perlu ibu ketahui.

Perawatan Mulut

Mulai saat si kecil lahir, ibu harus memperhatikan kesehatan mulut. Pasalnya, bakteri mudah sekali masuk melalui mulut.

Kenapa kebersihan mulut harus dijaga? Karena ada satu masalah yang sering terjadi pada bayi, yaitu jamur susu. Terlepas apa penyebabnya, ibu harus melakukan perawatan bayi khususnya daerah mulut.

Ibu bisa membersihkan mulut si kecil dengan menggunakan kain kasa yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Ini merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk ibu lakukan.

Salah satu ciri bahwa bayi terkena jamur susu adalah munculnya bercak putih pada lidah. Bercak tersebut memang bukan menjadi masalah yang besar. Hanya saja, jika jumlahnya semakin banyak, ibu harus membersihkannya. Jika yang ibu lakukan tidak berhasil, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Perawatan Kulit Bayi

Apa yang harus ibu lakukan saat dokter sudah mengijinkan membawa si kecil pulang ke rumah? Ibu harus tahu bagaimana cara merawat kulit bayi. Ibu harus menggunakan air hangat ketika memandikannya. Namun, untuk sementara waktu, ibu hanya perlu membasuhnya menggunakan kain yang sudah dibasahi air hangat saja. Hingga bayi sudah terlihat sehat, ibu baru boleh memandikannya.

Yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana perawatan bayi pada bagian kulit, yaitu menggunakan air hangat. Dalam hal ini, jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin. Kulit bayi itu sangat sensitif sehingga ibu harus membersihkan kulit sensitifnya menggunakan air hangat.

Perawatan Kesehatan

Salah satu hal yang membedakan antara bayi yang lahir caesar dengan bayi yang lahir normal adalah keadaan kesehatannya. Bayi caesar umumnya memiliki kesehatan yang kurang fit. Apalagi jika bayi tersebut terpaksa harus dioperasi caesar karena kondisi tertentu dan usianya belum sampai pada persalinan atau bayi prematur. Pada kondisi seperti ini, ibu harus memberikan perawatan bayi yang ekstra.

Hal pertama yang harus ibu lakukan adalah memberikan ASI (air susu ibu) sebanyak mungkin. Pasalnya, ASI lah yang menjadi obat. Kesehatan bayi akan berangsur-angsur lebih baik layaknya bayi yang dilahirkan secara normal.

Mungkin ibu akan kesulitan memberikan ASI kepada bayi prematur. Posisikan kepala pada bagian dada ibu seperti kangguru menggendong anaknya. Pada posisi itulah bayi ibu akan lebih mudah mendapatkan ASI langsung dari ibu.

Itulah beberapa tips perawatan bayi yang bisa ibu terapkan saat bayi ibu lahir melalui operasi caesar. Akan tetapi, semua ibu pasti mengharapkan agar bayi lahir dalam keadaan normal. Yang jelas, apapun yang terjadi nanti, ibu harus membekali dulu tentang apa saja yang perlu ibu lakukan berkaitan dengan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *