Apakah Perkembangan Anak Kembar Sama?

anak kembar
www.friso.co.id

Anak kembar biasanya memiliki hobi dan kesukaan yang sama. Ini yang banyak terjadi.

Namun, apakah anak kembar memiliki perkembangan yang sama? Pada kenyatannya tidak. Walaupun secara fisik hampir sama dan bahkan banyak kesamaan dalam hal makanan kesukaan, hobi, dan lain sebagainya, perkembangan anak kembar tidaklah sama.

Perkembangan sangat berhubungan dengan stimulus yang diberikan serta nutrisi yang didapatkan.

Yang pasti, jika ibu memiliki anak kembar, pastikan mereka mendapatkan nutrisi dari susu Friso yang sudah terbukti mengandung semua vitamin yang dibutuhkan oleh si kecil.

Anak Kembar Harus Beda Sekolah

Pernah dengar anak kembar itu tidak boleh satu kelas? Atau lebih ekstrim lagi, mereka tidak boleh bersekolah di satu sekolah yang sama. Alasannya cukup aneh. Jika mereka berada di satu lingkungan sekolah yang sama, maka mereka akan gagal dalam menemukan diri sendiri. Mereka mengalami ketergantungan dengan kembarannya satu sama lain.

Apapun alasan tersebut, yang jelas itu hanya mitos. Dan sebaiknya ibu tidak menyekolahkan anak kembar di sekolah yang berbeda dengan alasan tersebut.

Akan tetapi, jika alasannya mereka memiliki kemampuan yang berbeda sehingga mereka harus sekolah di lembaga pendidikan dengan sistem kurikulum yang sesuai dengan kemampuannya, itu alasan yang masuk akal dan sangat bisa diterima.

Banyak juga anak kembar yang sekilas memiliki kepribadian yang sama dan juga kesukaan yang sama. Namun, ternyata cara berkembangnya berbeda. Cara belajarnya berbeda dan bahkan ketertarikan pada mata pelajarannya pun berbeda.

Jadi, ibu boleh saja memilihkan sekolah yang berbeda, asalkan bukan karena alasan yang tidak masuk akal.

Membesarkan dan Mendidik Anak Kembar

Pastinya ibu memiliki perasaan khawatir jika ada perbedaan dalam memberikan kasih sayang kepada anak kembar. Bagaimanapun juga, ibu tidak bisa memberikan kasih sayang yang sama besarnya. Mungkin saja salah satu anak merasa tidak mendapatkan rasa sayang yang sama.

Itu memang hal yang tidak bisa dihindari. Namun, yang pasti, itu bukan berarti ibu melakukan hal yang salah.

Adil bukan berarti memberikan mainan yang sama persis kepada bocah kembar. Adil itu memberikan mainan yang sesuai dengan yang mereka sukai.

Begitu juga mengenai hal lain seperti pendidikan. Bukan berarti ibu memilihkan sekolah yang mahal kepada salah satu dari mereka dan itu artinya ibu pilih kasih. Jika memang salah satu dari mereka membutuhkan pendidikan di sekolah tersebut, itu artinya ibu sudah melakukan hal yang adil.

Jadi, bisa disimpulkan bawasannya adil itu bukan berarti rata. Adil itu memberikan kepada mereka sesuai dengan kebutuhannya.

Tentu saja sebagai orang tua, ibu harus ekstra dalam mendidik anak. Tidak mudah lho membesarkan dan mendidik anak kembar. Bebannya dua kali lipat, apalagi jika mereka memiliki keunikan dan perkembangan yang berbeda.

Sebaiknya sedini mungkin ibu perhatikan apa yang jadi potensi dari setiap dari anak kembar ibu tersebut. Dengan demikian, ibu akan lebih mudah dalam menentukan kemana arah perkembangan setiap dari mereka tersebut.

Dan satu lagi. Ibu harus berikan kebebesan memilih. Banyak orang tua yang memilihkan mainan yang sama dan bahkan baju yang sama. Tentu saja hal tersebut tidak menjadi persoalan jika si kembar masih kecil.

Namun, hentikan hal tersebut jika mereka sudah dewasa. Ingat, perkembangan si kembar bisa saja berbeda. Tugas ibu hanya menentukan potensi dari dalam diri mereka. Dan bisa saja potensi mereka berbeda. Jadi, jangan memilihkan hal yang sama terus menerus.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *