Ayo olahraga agar kulit sehat selalu

kulit sehat
Clean and Clear Indonesia

Bukan berita baru kalau berolah raga sangat baik untuk hati, paru paru, dan kondisi secara fisik. Jarang masyarakat tahu bahwa ada alasan lain untuk tidak malas olah tubuh yaitu agar kulit sehat selalu. Kulit yang sehat selain membuat seseorang merasa lebih segar, tentunya terlihat lebih menarik secara fisik baik kaum wanita maupun pria.

Seringkali orang atau bahkan kamu sendiri sangat fokus pada manfaat kardio, seperti lari, atau jumping jacks,  pada saat latihan fisik, dan sangat penting. Tapi apapun yang mendukung sirkulasi tetap sehat juga menjaga kulit kamu tetap sehat dan kenyal. Kalau kamu ingin kulit terlihat menawan, maka ini saatnya untuk berolah tubuh agar kilau kulit terlihat. Kulit sehat, berkilau jelas, usai berolah raga memang tidak terhindari.

Jika kamu memiliki kondisi kulit seperti jerawat, rosacea, atau psoriasis, kamu mungkin membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kulit kamu terlindungi selama berolah tubuh. Tapi jangan biarkan kondisi kulit menghentikan kamu menjadi aktif, mungkin kamu bertanya kenapa?

Dengan meningkatkan aliran darah, berolah raga membantu aktivitas sel kulit dan menjaga sel tersebut tetap aktif. Darah membawa oksigen dan menutrisi sel aktif terdistribusi ke seluruh tubuh, termasuk kulit, sel kulit hidup kamu menerima darah penuh oksigen dan nutrisi. Sebagai tambahan, selain menyediakan oksigen, aliran darah membantu pula membawa ‘isi sampah tubuh’ seperti radikal bebas yang menempel pada sel aktif.

Kontradiksi pada beberapa klaim, dikatakan bahwa berolah raga tidak membuang racun pada kulit. Namun menetralisir racun yang umumnya mengendap pada ginjal. Tapi dengan meningkatkan aliran darah, beberapa olah tubuh membantu debris selular keluar dari sistem. Lebih mudahnya, olahraga membersihkan kulit kamu dari dalam.

Penelitian juga membuktikan olah raga menghilangkan stress. Dengan berkurangnya stress, beberapa kondisi yang disebabkan stress bisa menunjukkan banyak peningkatan. Kondisi yang bisa meningkat ketika stress berkurang termasuk jerawat dan eczema. Meskipun penelitian masih meneliti lebih lanjut hubungan stress dengan kulit, sejauh ini penelitian menunjukan bahwa kelenjar minyak, yang mana pekerjaan utama adalah memproduksi minyak, yang sangat dipengaruhi hormon stress. Namun yang pasti produksi minyak pada kulit menjadi penyebab kulit kamu terlihat “berkilau indah” usai berolah raga.

Tentunya jangan lupa bahaya utama saat berolah tubuh di luar ruangan adalah matahari. Ya, matahari memang membakar kulit, dari sinilah matahari meningkatkan resiko kanker kulit, dan keriput yang lebih cepat, menghapus semua keuntungan berolah raga yang didapat kulit. Rekomendasi terbaik adalah untuk menghindari berolah tubuh saat jam rawan yaitu sekitar jam 10 pagi sampai dengan jam 2 sore saat matahari sedang sangat aktif. Banyak hal yang dapat terjadi saat berolah raga pada jam rawan, jika kamu memang terpaksa berolah raga pada sekitar jam tersebut. maka terus siapkan pelindung sinar matahari.

Beberapa orang malas mengaplikasikan krim pelindung sinar matahari dikarenakan krim satu ini sering leleh masuk ke dalam mata melalui keringat, dan rasanya tentu saja pedih. Namun sudah banyak produk pelindung sinar matahari jaman sekarang tidak lagi perih. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak atau masalah kulit seperti jerawat, pilih produk krim yang bebas minyak. Jika krim pelindung matahari kurang tepat untuk kamu, pakailah pakaian yang menutup sebagian besar kulit (celana panjang dan baju panjang).

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *