Bagaimana Makanan Ibu Menyusui Memastikan Bayi Sehat

bayi sehat

Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk memastikan kondisi bayi sehat. Ibu bisa mulai dengan memastikan kesehatan ruangan rumah, ventilasi yang baik, pakaian yang bersih dan higienis, dan lain sebagainya. Akan tetapi, apakah ibu tahu apa yang lebih penting dari itu semua?

Tidak lain adalah kondisi kesehatan ibu. Jika ibu sehat, maka ibu bisa memberikan ASI dengan kualitas terbaik. Sebagai ibu yang menyusui, ASI (air susu ibu) yang ibu berikan sangat berpengeruh terhadap kesehatan bayi.

Kandungan ASI Yang Paling Istimewa

Sebenarnya ada alternatif lain yang bisa ibu berikan selain memberikan ASI, yaitu memberikan formula. Meskipun demikian, alternatif tersebut sangat disarankan untuk ibu pilih. Meskipun ibu sudah tahu susu formula untuk bayi yang terbaik dan termahal, tetap saja pilihan untuk memberikan susu kepada bayi bukan pilihan yang tepat.

Hal ini disebabkan ada kandungan di dalam ASI yang tidak bisa didapatkan di susu formula manapun, yaitu antibodi. Inilah yang membuat ASI menjadi makanan terbaik untuk bayi usia di bawah 6 bulan. Kandungan ini yang memastikan bayi sehat selalu.

Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan anak yang ketika bayi mendapatkan ASI lebih jarang terkena penyakit dibandingkan dengan anak yang semasa bayi tidak mendapatkan ASI. Hal ini lantaran sejak dini, tubuh sudah mendapatkan antibodi dari ASI. Selama masih kecil, ia tidak sakit. Dan ketika dewasa pun ia tidak mudah terserang penyakit.

Alasan inilah yang membuat para ahli kesehatan bayi mengkampanyekan pentingnya pemberian ASI hingga usia bayi mencapai 6 bulan. Ini disebut dengan pemberian ASI eksklusif. Jadi, bayi tidak mendapatkan asupan gizi selain dari ASI selama 6 bulan. Baru kemudian ketika usianya mencapai 6 bulan, si kecil akan mendapatkan makanan yang disebut dengan MPASI atau makanan pendamping ASI.

Karena begitu pentingnya memberikan ASI eksklusif, tentu saja kualitas serta kuantitas ASI harus dijaga. Ini yang sebenarnya menjadi tugas seorang ibu menyusui yang sangat sulit.

Menjaga Kualitas dan Kuantitas ASI

Sebenarnya, menjaga kualitas serta kuantitas ASI itu tidak sulit. Cukup dengan menjaga kesehatan maka ibu bisa memberikan ASI berkualitas yang dibutuhkan oleh si kecil.

Menjaga kesehatan ibu menyusui bisa dilakukan dengan dua hal. Yang pertama, mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dalam hal ini, sangat disarankan agar ibu mengkonsumsi sayuran hijau. Jika ibu suka seafood, ibu bisa konsumsi ikan salmon dan ikan sarden yang kaya akan kandungan omega 3.

Selain itu, ibu juga perlu mengkonsumsi minuman yang sehat. Jus buah sangat disarankan untuk ibu pilih sebagai minuman setiap hari. Atau jika ibu tidak ingin terlalu repot membuat jus buah, ibu bisa minum susu Frisian Flag Mama setiap hari. Kandungan nutrisi seimbang akan membuat kesehatan ibu terjaga. Dengan demikian, tubuh ibu akan siap memproduksi ASI dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan sang buah hati.

Sayang sekali jika ada seorang ibu yang tidak mau memberikan ASI eksklusif. Tentu saja suplemen tambahan seperti susu sangat dibutuhkan. Hanya saja ada waktunya kapan sebaiknya susu tersebut diberikan kepada si kecil.

Ada susu Frisian Flag Jelajah yang bisa ibu berikan ketika usia si kecil menginjak 1 tahun. atau susu Frisian Flag Karya jika usianya sudah 3 tahun. Yang pasti, saat si kecil masih bayi, berikan ASI eksklusif agar bayi sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *