Bagaimana Peran Ibu Saat Tumbuh Kembang Anak Mencapai Usia 3 Tahun

Tumbuh Kembang Anak
Friso Indonesia

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi bagaimana orang tua mendidiknya. Keluarga adalah tempat pertama di mana anak belajar. Jika di dalam keluarga pola asuhnya sudah salah, maka jangan salahkan jika anak akan tumbuh menjadi anak yang brutal dan susah diatur.

Oleh sebab itu, setiap orang tua harus lebih banyak tahu seputar cara mendidik anak untuk kebaikan tumbuh kembang anak. Pada saat si kecil mencapai usia 3 tahun, ia membutuhkan lebih banyak perhatian. Akan tetapi, apakah ibu tahu perhatian seperti apa?

Menganggap Anak Sebagai Raja

Pada usianya yang menginjak 3 tahun, ibu seharusnya mendidik anak bak seorang raja. Ibu pasti bisa membayangkan bagaimana melayani seorang raja, bukan? Ibu harus memanjakan si kecil. Ibu turuti semua keinginan si kecil. Ibu harus memberikan perhatian penuh kepada sang buah hati. Karena ia raja, ibu harus memperlakukan seistimewa mungkin kepadanya.

Mungkin ada orang tua yang tidak setuju dengan hal ini. Pasalnya, dengan memperlakukan anak seperti seorang raja, bukannya tumbuh kembang anak akan baik tapi anak akan menjadi manja.

Memang hal tersebut bisa diterima dan masuk akal. Akan tetapi, ada batasan hingga kapan anak sebaiknya ibu anggap sebagai seorang raja. Pada saat usianya 3 – 6 tahun, ibu bisa memanjakan dirinya. Namun, pada saat usianya sudah melebihi 6 tahun, ibu harus lebih keras terhadap anak. Mulailah ibu tidak memanjakan si kecil.

Tentu saja bukan tanpa alasan kenapa ibu sebaiknya memperlakukan anak usia 3 tahun bak seorang raja. Pada usia ini, anak suka sekali mencari tahu hal-hal yang baru. Ia mencoba makanan yang baru, permainan baru, dan hal-hal baru lainnya. Ini merupakan hal yang sangat alami. Karena pada saat itu, otak si kecil berkembang sangat pesat. Para ahli kesehatan anak mengatakan usia 3 tahun merupakan golden age atau usia keemasan. Rasa ingin tahu yang sangat tinggi membuat perkembangan otaknya semakin cepat dan ia akan menjadi anak yang pintar.

Jika ibu memperlakukannya seperti seorang raja, maka tumbuh kembang anak akan optimal. Pasalnya, ibu memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya agar ia mencaritahu hal-hal yang baru. Berbeda jika ibu sering melarangnya. Maka, ia akan terlambat dalam perkembangan otaknya.

Memberikan Banyak Waktu untuk Si Kecil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa saat tumbuh kembang anak usia 3 tahun, maka perlakuan yang ibu berikan bak seorang raja. Oleh sebab itu, tidak mungkin kan ibu mengabaikan atau tidak menghiraukan sang raja? Tentu saja ibu harus fokus dan memberikan perhatian pernuh kepada anak.

Dalam hal ini, bukan berarti ibu harus full time memperhatikan si kecil. Namun, setidaknya ibu memberikan porsi waktu yang lebih untuk memperhatikan si kecil. Peran ibu sangat penting untuk perkembangan anak usia 3 tahun. Mulailah mengatur jadwal kegiatan setiap hari agar ibu bisa memastikan memberikan porsi waktu yang cukup banyak untuk bersama sang buah hati. Karena inilah yang dibutuhkan si kecil.

Tentu saja faktor nutrisi juga tidak boleh diabaikan. Ibu harus pastikan memberikan menu makanan bergizi untuk si kecil. Jangan berhenti memberikan susu balita karena kandungan nutrisi yang lengkap di dalam susu tersebut. Jadi, harus seimbang antara nutrisi dan juga stimulus dari luar agar ibu bisa lebih mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *