Bahan Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

makanan ibu menyusui agar bayi cerdas
Awal Sehat Nestle

Kegiatan menyusui paling umum dilakukan oleh bunda saat bayi masih kecil. Memang sangat disarankan untuk memberikan air susu ibu terutama pada saat bayi baru saja lahir dan berusia muda. Menyusui bukan hanya bermanfaat untuk mengenyangkan perut saja namun juga ‘transfer’ nutrisi dari bunda ke bayi. Tentu saja, anda harus pintar memilih makanan ibu menyusui agar bayi cerdas mengingat tanggung jawab yang anda tanggung, bukan ?

Cerdas artinya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan otak. Pada masa kecil, bayi masih memiliki banyak potensi otak. Apa saja bahan makanan ibu menyusui agar bayi cerdas ? cek daftar bahan dibawah ini :

1. Ikan salem Apakah anda penggemar ikan ? penggemar ikan salem ? kalau begitu bagus. Anda bisa menikmati makanan favorit anda sekaligus memastikan bayi mendapat asupan yang cukup untuk otaknya. Jika anda bukan penggemar ikan salem atau jenis ikan apapun, mungkin ini saatnya anda mereka ulang selera makan bunda bila ayah dan bunda mendambakan anak yang tumbuh dengan kemungkinan otak kondisi prima. Seperti yang telah diberitakan dalam dunia kesehatan dan pada beragam produk di pasar, ikan salmon identik dengan omega-3. Berita baik yang menyebabkan ikan salem termasuk dalam daftar makanan ibu menyusui agar bayi cerdas adalah omega-3 mempengaruhi banyak perkembangan dalam fungsi otak. Bahkan, menurut survei dari universitas kedokteran Havard, bayi dari bunda yang gemar memakan ikan salem selama masa menyusui (Dengan catatan bayi meminum air susu ibu dan bukan susu formula selama masih dibutuhkan) cenderung mendapat nilai tinggi dalam tes kecerdasan ketika ia menginjak usia 6 bulan.

2. Hindari hiu, ikan pedang, dan makarel.

Segera coret hiu, ikan pedang, maupun markarel dari daftar makanan anda tatkakala anda menemukan kehamilan anda. Pantangan yang cukup keras bagi wanita hamil sampai dengan menyusui untuk menghindari ketiga bahan tersebut kecuali bunda ingin anak terlahir dan tumbuh besar dengan kemungkinan otak tidak bekerja dengan baik. Bukan hanya kemungkinan kecil namun cukup tinggi jika bunda masih ngotot memakan hiu, ikan pedang, dan makarel. Mengapa bisa begitu ?

Kandungan merkuri sangat banyak ditemukan dalam ikan pedang, hiu, dan makarel dan merkuri ? bukanlah sahabat baik dari perkembangan otak. Bahkan kalau bisa otak memilih untuk berurusan dengan merkuri, apalagi otak yang masih dalam pembentukan. Memang ikan terkenal dengan ‘membantu pembentukan fungsi otak’ namun markarel bukan bagian dari ‘pembantu’ tersebut malah bisa dibilang merkuri lah penghancur perkembangan sistem otak. Bahkan ketika sekedar menyusui, sangat teramat sangat tidak disarankan bagi bunda mengkonsumi makanan dengan kandungan merkuri dalam jangka waktu lama dan porsi yang cukup besar demi otak anak, kecuali memang bertujuan menurunkan kualitas kecerdasan anak.

3. Brokoli Brokoli memang terkenal menjijikkan, banyak anak kecil digambarkan menolak memakanan pohon mini satu ini. Untung saja, bukan bayi anda yang harus memakan

brokoli namun anda sendiri. Setidaknya anda tidak perlu berurusan dengan rengekan dan amukan penolakan brokoli dari si kecil. Ingat, apapun yang anda makan akan ‘diwariskan’ pada bayi saat sesi menyusui, jadi sebaiknya bunda bersiap saja menyiapkan stok brokoli di rumah dengan berbagai macam resep berbintang utama brokoli untuk disantap setiap hari. Yang membuat brokoli begitu berharga adalah brokoli kaya akan DHA. Apa fungsi DHA ? DHA membantu neuron alias kabel dalam otak yang bertugas mentransfer informasi dari satu bagian ke satu bagian yang lain. Dengan adanya DHA yang kerap diberikan pada bayi, kemungkinan besar bayi akan cepat menyerap informasi akan semakin tinggi. Hal inilah yang membuat bayi cenderung lebih cerdas di kemudian hari. Ditambah lagi, tidak hanya DHA brokoli juga mengandung zat lain yang mampu membantu tubuh melawan kanker, hmm..anak sehat dan cerdas, siapa yang tidak mau ?

4. Beri Buah beri identik dengan image wanita lucu nan manis. Jangan salah, buah beri tidak hanya imut di permukaan saja melainkan juga fungsi beri itu sendiri. Buah beri kaya akan vitamin C yang sedikit berbeda dengan vitamin C lain karena kekuatan utama vitamin C pada beri adalah memperkuat daya ingat anak. Seperti yang anda mungkin pernah dengar, anak yang cerdas memiliki ingatan yang baik. Dengan ingatan baik, maka semakin banyak informasi yang dapat ditampung dan di sambung sambungkan satu sama lain membentuk suatu kesimpulan dan pembelajaran yang baru. Tidak hanya nantinya membantu anak mudah melalui masa masa pembelajaran di sekolah namun juga hingga ia tumbuh dewasa nantinya. Apalagi, bunda pun tidak perlu merasa tersiksa dari segi rasa saat memakan buah beri. Buah beri yang manis banyak digemari di kuliner kudapan terutama kue, bunda bisa deh, nyemil sehat untuk diri sendiri maupun si kecil.

Makanan tidak hanya sekedar rasa namun juga variasi demi menjaga bunda tidak bosan mengumpulkan gizi dan nutrisi untuk si kecil. Pasangan ada baiknya membantu menyiapkan menu yang membuat bunda lebih berkenan, karena rasa air susu ibu maupun kualitasnya juga bergantung pada level endorphin (senyawa dari perasaan bahagia) bunda. Mulailah menyetok dan menyiapkan resep resep yang berhubungan agar tetap ada variasi masakan, sesuai dengan daftar bahan makanan ibu menyusui agar bayi cerdas diatas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *