Bahan Makanan Untuk Anak 1 Tahun 4 Sehat 5 Sempurna

makanan untuk anak 1 tahun
Source: USA Today

4 sehat 5 sempurna, adalah semboyan pola makan sehat. generasi Sembilan puluh mungkin masih ingat lagu adaptapsi pola makan tersebut. Saking populernya, dalam konteks makanan untuk anak 1 tahun sekalipun, konsep tersebut tidak akan berubah. Tenang, bagi pembaca yang tidak memahami 4 sehat 5 sempurna terdiri dari apa, dapat menyimak penjelasan lengkap dengan rekomendasi bahan makanan berikut.

Makanan pokok

Sandang pangan papan, 3 kebutuhan primer manusia. Termasuk di dalamnya pangan yang tentu saja terdiri dari salah satu anggota 4 sehat yakni makanan pokok. Adanya embel-embel pokok sebetulnya menjelaskan fungsi makanan tersebut. Berbeda dengan jenis lain, makanan pokok bertujuan menjaga asupan energi guna aktivitas sehari-hari. Sumber makanan pokok diantaranya:

1. Pasta
Mie versi italia ini cukup digemari sebagian penduduk dunia. Rasanya yang cukup unik, mengenyangkan, dan kesan elegan membuat pasta termasuk makanan yang cepat diminati warga Indonesia. Ternyata, pasta merupakan makanan pokok di negara asalnya.

Karbohidrat merupakan penggerak energi utama tubuh. Apalagi, pasta menganduk karbohidrat kompleks yang jauh lebih baik dibanding karbohidrat biasa. Inilah kenapa pasta masuk rekomendasi makanan untuk anak.

2. Nasi merah
Dalam dunia kesehatan, rasanya tidak asing dengan keberadaan nasi merah. Sebetulnya nasi merah dan putih masih satu rumpun, hanya saja dengan kandungan berbeda. Nasi merah diketahui punya kandungan serat jauh lebih tinggi dibanding jenis nasi biasa walau cita rasa nasi merah kurang mengundang. Inilah yang menyebabkan nasi merah cocok disediakan untuk anak-anak.

Sayur mayur

Kesegaran sangat diperlukan dalam hidup. Termasuk tubuh sendiri menuntut adanya asupan yang membuat pikiran lebih jernih dan matang. Sayuran bisa menjadi pilihan yang tepat, toh menurut beragam penelitian, keluarga tanaman ini terbilang kategori makanan kaya serat dan nutrisi untuk perkembangan. 3 sayuran yang direkomendasikan diantaranya:

1. Wortel
Mata yang sehat tidak hanya berguna untuk melihat indahnya dunia, namun juga menjaga fokus, dan mempertahankan keseimbangan tubuh. Salah satu jenis sayur yang bertanggung jawab menjaga kesehatan mata adalah wortel. Asosiasi dengan kelinci tidak menghilangkan realita bahwa kandungan vitamin A wortel pantas dapat acungan jempol.

2. Tomat
Vegetarian atau vegan menolak konsumsi makanan berbahan dasar hewani, namun ingin menikmati cita rasa hidangan berdaging. Subtitusi daging sendiri ternyata ada beragam, salah satunya adalah tomat. Rasa tomat yang segar dengan tekstur kenyal juga merebut hati banyak anak kecil. Terlebih kandungan likopin dan antioksidan dalam tomat terbukti mencegah kanker dan penyakit hati.

Buah buahan

Manisnya momen kerap dicari berbagai kalangan. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa anak kecil sendiri termasuk pecinta rasa manis. Inilah kenapa tidak ada salahnya memasukkan anggota 4 sehat yakni buah-buahan dalam menu makanan si kecil. Lebih menarik lagi bila pilihan buah-buahan sedikit di luar kebiasaan lokal, seperti:

1. Beri hitam

Beri hitam yang kecil mini dan berasa manis ini kerap kali dipandang sebagai pelengkap kudapan saja. Kendati demikian beri biru ternyata mengandung vitamin E lebih tinggi dibanding jenis sayuran atau buah lain. Apa itu vitamin E?

Perkembangan teknologi tidak selalu berakhir baik, beberapa diantaranya justru menaikkan polusi. Bahkan tingkat radiasi terus menyerang umat manusia. Untung saja, vitamin E hadir, gagah berani melawan radiasi. Tentunya anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan membutuhkan vitamin satu ini.

2. Leci
Sama halnya dengan beri hitam, leci juga dianggap pendukung. Ditilik lebih lanjut, leci kaya akan vitamin dengan kadar serat tinggi. Apalagi, rasa manis pada buah ceri sudah dipastikan meningkatkan selera makan si kecil. Sepertinya, ayah bunda bisa dapat inspirasi imbalan untuk anak yang kecil kemungkinan merusak perkembangan.

Lauk pauk

Makanan pokok dan sayuran tidak akan lengkap tanpa adanya pendamping setia. Apalagi kalau bukan anggota terakhir 4 sehat yaitu lauk pauk. Definisi lauk pauk tentu saja makanan dengan kandungan yang berbeda dengan anggota lain, dan biasanya diperoleh dari produk hewani. Apa sajakah?

1. Ikan salmon

Ikan salmon tergolong jenis ikan yang mewah. Kendati demikian, ikan salmon ternyata sepadan dengan harga tinggi. Pasalnya dalam ikan salmon terdapat omega 3. Suatu senyawa yang membantu kinerja fungsi otak. Anak yang diberikan ikan salmon dari kecil cenderung lebih bahagia dan fokus, dengan kecerdasan lebih tinggi di atas rata-rata.

2. Daging merah

Kebutuhan akan zat besi akan mulai nampak di usia 1 tahun. Tingginya aktivitas gerak si kecil akan buat darah harus cepat dipompa sepanjang hari. Memberikan lauk pauk berkandungan zat besi seperti daging merah tentu cocok. Apalagi produk daging biasanya cukup populer di kalangan anak kecil.

Susu

Terakhir namun bukan berarti tidak penting jatuh pada pelengkap, yaitu susu. Lengkap sudah nutrisi dan gizi anak kalau orang tua berhasil memasukkan elemen susu sebagai anggota 5 sempurna. Jangan salah, tidak melulu susu biasa, produk turunan susu sama bergunanya, lho!

Salah satunya adalah keju. Produk olahan susu satu ini tidak asing di telinga. Keju merupakan bentuk padat susu namun dengan rasa asin bertekstur lengket. Walaupun tidak lagi serupa dengan produk asalnya, kandungan vitamin D dan kalsium dalam keju tidak pernah hilang. Hidangkan keju dengan beragam jenis bahan lainnya supaya lebih menarik dikonsumsi. Tak dapat dipungkiri keju pasti berguna sebagai bagian makanan sehat untuk anak 1 tahun.(

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *