Bahaya, Jangan Memaksa Ketika Anak Susah Makan

anak susah makan
Ibu dan Balita

Anak susah makan memang membuat ibu sedih. Rasa khawatir datang karena secara otomatis si kecil tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangannya.

Namun, saat anak mogok makan, jangan sampai ibu memaksanya untuk makan ya. Ibu perlu cari beberapa tips anak susah makan agar si kecil mulai mau mengkonsumsi makanan lagi. Carilah tips yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang ibu hadapi. Pasalnya, banyak sekali penyebab kenapa balita susah makan. Akan lebih efektif jika ibu mencari penyebabnya terlebih dahulu agar ibu bisa menerapkan tips mengatasi anak susah makan yang tepat.

Yang pasti, jangan sampai ibu menerapkan tips tersebut dengan cara memaksa si kecil untuk makan ya. Karena hal tersebut akan berakibat buruk terhadap perkembangan anak.

Anak Akan Semakin Susah Makan

Tahukah ibu bahwa paksaan yang ibu lakukan saat balita susah makan justru akan membuatnya semakin tidak mau mengkonsumsi makanan? Inilah yang terjadi. Saat si kecil sudah balita, apalagi ketika usianya sudah mencapai 2 tahun atau lebih, perkembangan emosionalnya sudah berkembang. Ia tidak hanya bisa mengungkapkan rasa senang dengan tertawa dan sedih dengan menangis, tapi ia juga sudah bisa merasakan rasa jengkel dan lain sebagainya. Jika ibu memaksa, bukan tidak mungkin si kecil justru akan semakin berontak dan semakin tidak mau makan.

Sayangnya, banyak ibu yang menerapkan hal ini. Alasannya sangat klise. Mereka tidak mau si kecil sakit karena anak susah makan. Dan bagi mereka, cara yang paling tepat adalah memaksa. Memang untuk sesekali si kecil akan mau mengkonsumsi makanan. Akan tetapi, masalah yang sama akan muncul kembali.

Akan lebih baik jika orang tua menerapkan tips untuk mengatasi anak yang susah makan. Tips tersebut harus berupa pendekatan personal sekaligus memberikan penjelasan akan pentingnya mengkonsumsi makanan. Tentu banyak lagi tips yang bisa ibu terapkan tergantung dengan penyebab kenapa anak mogok makan. Yang pasti, jangan sampai ada unsur paksaan.

Anak Menjadi Bandel

Anak itu merupakan peniru yang sangat lihai. Setiap orang tua harus menyadari hal tersebut. Dari mana si kecil bisa belajar berjalan, berbicara, dan lain sebagainya? Tentu saja dengan cara meniru.

Sayang sekali jika ibu memberikan contoh yang buruk untuk ditiru si kecil. Memaksa anak untuk makan itu merupakan salah satu contoh yang buruk. Apalagi pemaksaan tersebut bersifat verbal yang mengandung kata-kata bentakan dan intimidasi. Jika ibu melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin anak akan menirukannya saat ia dewasa nanti.

Lebih parah lagi, hal tersebut justru bisa membuat si kecil merasa takut terhadap ancaman yang ibu berikan. Oleh sebab itu, jangan memaksa anak yang susah makan. Pendekatan yang bersifat persuasif lebih dibutuhkan.

Jadi, apa yang ibu sebaiknya lakukan saat anak susah makan? Cari penyebabnya kemudian cari solusi yang tepat berdasarkan penyebab tersebut. Bukan justru membentak dan memaksa si kecil agar mau makan ya.

Setelah mendapatkan penjelasan tersebut di atas, semoga ibu semakin sadar bahwa anak itu akan meniru apa yang ia lihat dan apa yang ia dengarkan. Dalam hal ini, ia lebih banyak berinteraksi dengan orang tua sehingga ibu harus menjadi teladan yang baik.

Mengajari kasih sayang akan membuat si kecil lemah lembut dan penuh kasih sayang terhadap orang lain. Jangan justru sebaliknya. Walaupun saat si kecil susah makan, ibu harus mencari cara yang penuh dengan kasih sayang. Bentakan dan paksaan tidak menyelesaikan masalah anak susah makan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *