Bahaya Jika Mual Saat Hamil Tua Tidak Segera Diatasi

mual saat hamil tua
jualbantalibuhamil.com

Mual saat hamil tua itu sangat mungkin terjadi. Jadi, tidak hanya ibu hamil muda yang bisa merasakan mual dan muntah yang sering disebut dengan morning sickness. Bahkan, mual dan muntah tersebut tidak selalu terjadi di pagi hari lho. Jadi, istilah morning sickness tidak lantas membuat Mom hanya perlu melakukan antisipasi mual di pagi hari saja. Bisa saja Mom merasakan mual di siang dan bahkan malam hari. Begitu juga mual tersebut bisa terjadi saat kehamilan tua.

Untuk menjelaskan hal ini, Mom perlu tahu dulu apa yang menyebabkan mual saat hamil.

2 Faktor Utama Mual Saat Hamil

Sebenarnya tidak ada yang berbeda antara faktor penyebab mual ketika hamil tua maupunĀ  hamil muda. Dua faktor utamanya adalah hormon dan makanan atau minuman yang Mom konsumsi.

Untuk yang pertama, yaitu faktor hormonal, ini yang menjadi penyebab utama. Dan bahkan setiap ibu hamil merasakan mual disebabkan oleh faktor hormonal ini. Saat ada janin di dalam kandungan, produksi hormon meningkat sehingga membuat Mom merasakan mual. Bisa dikatakan faktor yang satu ini tidak bisa dihindari.

Lalu, mengapa ada ibu hamil yang tidak merasakan mual? Nah, untuk yang satu ini, Mom perlu tahu penjelasan lainnya. Sebenarnya, setiap ibu hamil pasti merasakan mual. Hanya saja, level mualnya berbeda-beda, ada yang ringan, sedang, dan parah. Jika rasa mualnya hanya ringan saja, mual bisa ditahan dan tidak terjadi. Sementara itu, yang sering terjadi adalah mual level sedang. Dan mual pada level parah membuat seorang ibu hamil disarankan untuk melakukan bedrest. Artinya, tidak ada kegiatan apapun yang boleh dilakukan.

Selain faktor hormonal, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, faktor makanan dan minuman juga tak kalah berpengaruh. Sederhananya, ada makanan dan minuman tertentu yang bisa menyebabkan ibu merasa mual. Mom akan lebih merasa mual jika saat hamil Mom mengkonsumsi makanan atau minuman yang justru menjadi penyebab mual. Contohnya saja makanan yang mengandung asam yang tinggi, minuman terlalu manis, dan makanan berlemak. Hal itu juga yang menyebabkan mual saat kehamilan trimester ketiga.

Dari penjelasan singkat tersebut di atas, sudah jelas bawasannya mual itu bisa terjadi saat hamil muda maupun hamil tua. Hanya saja, memang ada yang sedikit aneh ketika mual masih terasa di masa kehamilan tua. Dan ini harus segera dilakukan penanganan khusus.

Mual Saat Hamil Tua Seharusnya Tidak Terjadi

Secara teori kesehatan, seharusnya mual saat hamil tua tidak lagi Mom rasakan. Hal ini disebabkan produksi hormon sudah mulai stabil. Lain hal jika Mom sedang dalam masa hamil muda. Pada waktu itu, produksi hormon sedang tinggi-tingginya sehingga ibu sangat berisiko mengalami mual dan bahkan muntah.

Lalu, kenapa mual bisa dialami oleh ibu hamil tua? Jika faktor hormonal tidak lagi menjadi penyebabnya, otomatis penyebabnya adalah makanan. Mom perlu perhatikan makanan yang Mom konsumsi setiap hari. Hindari makanan yang rasanya asam. Hindari juga minuman yang terlalu manis. Dalam hal ini, pilihlah susu ibu hamil yang rasanya tidak terlalu manis dan kandungan lemaknya rendah. Susu Frisomum Gold menjadi pilih susu ibu hamil yang sangat tepat. Susu ini tidak menyebabkan mual dan muntah lantaran kandungan gula dan lemaknya rendah. Sementara itu, kandungan nutrisi ibu hamil lainnya seperti protein, kalsium, asam folat, vitamin, dan lain sebagainya dalam takaran yang seimbang.

Mual saat hamil muda mungkin tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Lain hal jika mual Mom rasakan saat hamil muda. Apalagi jika masa persalinan hampir tiba. Jika Mom sering merasa mual, sangat mungkin Mom akan kehilangan cairan. Ini akan membuat tubuh Mom lemas. Dan bayi di dalam kandungan pun terganggu.

Bahkan, tidak sedikit juga dokter kandungan yang khawatir jika mual ini disertai dengan muntah. Jika hal ini terjadi, maka nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi di dalam rahim tidak terpenuhi. Pasalnya, makanan yang Mom konsumsi dikeluarkan lagi. Untuk itu, Mom harus melakukan langkah antisipasi.

Menghindari Mual Saat Hamil Tua

Selain menghindari makanan yang asam dan minuman yang terlalu manis, ada hal lain yang perlu Mom lakukan agar terhindar dari mual di saat hamil tua.

  • Makan Sedikit Tapi Sering

Bolehkah makan lebih dari tiga kali sehari? Tentu saja boleh. Namun, perhatikan porsinya. Porsi makanan harus sedikit. Selain mencegah obesitas saat hamil, mengkonsumsi makan dengan porsi yang sedikit menghindarkan Mom merasa mual dan muntah.

  • Olahraga Ringan

Sebenarnya, salah satu penyebab mual itu juga disebabkan menumpuknya makanan di dalam perut. Dan sistem pencernaan akan semakin cepat mencerna makanan jika Mom melakukan aktivitas seperti olahraga. Dengan cara berolahraga, tubuh akan menyerap nutrisi lainnya yang berasal dari makanan yang masih ada di perut. Dengan demikian, tidak ada terlalu banyak makanan yang menumpuk yang menyebabkan mual.

Banyak sekali olahraga ringan yang bisa Mom lakukan saat hamil tua. Bahkan, olahraga ini sangat disarankan untuk menjaga kebugaran dan mengusir stres. Jalan santai, berenang, atau mengikuti senam ibu hamil sangat disarankan.

Selanjutnya, Mom juga perlu tahu banyak hal lainnya untuk mempersiapkan kelahiran sang buah hati, mulai dari cara merawat bayi serta bagaimana mencukupi kebutuhan nutrisi saat ia sudah balita nanti. Mulai sekarang, mungkin Mom juga perlu mencari tahu susu balita apa yang terbaik untuk sang buah hati nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *