Bahaya Punya Kartu Kredit? Ga Kok, Malah Banyak Untungnya

kartu platinum

Aneh saja jika ada yang beranggapan bahwa kartu kredit itu membuat orang mengalami masalah finansial. Padahal, Kartu Platinum misalnya dikeluarkan oleh Bank HSBC untuk mempermudah proses transaksi. Bagi yang suka belanja barang-barang branded, kartu ini sangat membantu. Selain lebih mudah dalam transaksi, kartu ini juga memberikan kelebihan lain seperti diskon serta poin reward yang bisa ditukarkan dengan barang lain.

Meskipun demikian, tidak bisa dipungkuri banyak orang yang terpuruk ketika menggunakan kartu kredit. Mereka menjadi lebih konsumtif sehingga keuangan mereka hancur.

Sebenarnya, apakah kartu kreditnya yang salah? Atau pemegang kartu kreditnya? Jawabannya sama dengan gula. Gula itu penyebab diabetes. Namun, apakah lantas gula yang disalahkan? Jika gula yang disalahkan, para dokter akan berdemo agar pabrik gula ditutup. Akan tetapi, bukan gula melainkan perilaku orangnya yang salah. Mereka tidak mengatur konsumsi gula serta mereka tidak mengimbangi dengan olahraga. Sehingga gula sering dianggap sebagai sumber penyakit diabetes.

Begitu juga dengan kartu kredit. Kartu HSBC Platinum dikeluarkan untuk memberikan berbagai manfaat. Namun, jika tidak digunakan secara bijak, maka kartu kredit akan berubah menjadi sumber malapetaka.

Pemegang Kartu Kredit Haru Perhatikan Beberapa Hal di bawah ini:

Sebenarnya, Anda pasti sudah tahu apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin apply kartu kredit. Yang terpenting adalah menjawab satu pertanyaan ini. Kartu kredit apa yang Anda butuhkan.

Anda harus tahu berbagai jenis kartu kredit dikeluarkan oleh bank dengan manfaat yang berbeda-beda. Mungkin ada fasilitas yang sama. Tapi, pasti ada hal yang istimawa. Contohnya saja Kartu HSBC Visa Signature yang dibuat untuk memanjakan mereka yang suka traveling. Beda juga dengan Kartu Platinum.

Setelah memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya adalah mengetahui tanda-tanda kartu kredit menjadi sumber bahaya.

  1. Balancing Antara Tagihan dengan Tabungan

Kapan Anda harus siap-siap mendengar masalah mengenai kartu kredit? Yaitu ketika Anda menemukan tidak adanya keseimbangan antara tagihan dengan tabungan. Apalagi jika tagihan lebih banyak daripada tabungan. Sudah jelas Anda salah dalam menggunakan kartu kredit.

Anda perlu mendengarkan saran dari financial consultant. Menurut mereka, tagihan tidak boleh di atas 35% dari total pendapatan per bulan. Bahkan, ada yang menyarankan agar tagihan hanya 30% saja dari total penghasilan per bulan. Ini sudah dikatakan finansial aman atau sehat.

  1. Setiap Belanja Menggunakan Kartu Kredit

Marketplace dan juga ecommerce yang menawarkan metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit membuat banyak orang gelap mata. Sekali ada barang bagus, mereka ingin membeli dengan menggunakan kartu kredit.

Sebenarnya, ini bukan kartu kreditnya yang bermasalah tapi ulah pengguna itu sendiri. Konsumtif harus dijaga. Sesekali bolehlah menggunakan Kartu Kredit Platinum terutama ketika ada diskon. Itupun harus dikontrol satu bulan harus dibatasi berapa kali belanja online serta berapa uang yang harus dikeluarkan.

  1. Suka Dengan Minimum Payment

Salah satu strategi para pemilik toko online sekarang ini adalah dengan menetapkan minimum payment. Hanya uang dalam jumlah kecil saja yang perlu dibayarkan dan barang bisa segera dimiliki.

Namun, ingat ya. Ada tagihan yang harus dicicil di bulan mendatang. Dan ini menjadi sangat berbahaya jika Anda sering belanja dengan minimum payment. Anda tidak sadar ternyata tagihan Anda per bulan membengkak.

  1. Sering Withdraw

Memang Anda bisa tarik tunai dengan menggunakan Kartu Platinum ini. Akan tetapi, ada charge-nya ya. Semakin sering Anda tarik tunai dengan kartu kredit, semakin tinggi juga tagihan yang akan Anda bayarkan setiap bulannya.

Pada intinya, Anda harus bijak dalam menggunakan kartu kredit. Namun, terkadang orang bijak pun lupa.

Perhatian Untuk Pemegang Kartu Kredit 

Untuk Anda yang sudah bisa mengontrol keinginan konsumsi, tentu Anda tidak perlu lagi tips menggunakan kartu kredit. Namun, tetap saja tidak ada salahnya jika Anda tahu bagaimana cara menghindari kartu kredit sehingga tidak menjadi sumber malapetaka berikut ini.

  • Cek Secara Rutin

Tagihan harus Anda cek secara rutin. Ini semakin reminder serta warning ketika Anda ingin berbelanja dengan kartu kredit.

Toh sekarang ini Anda tidak perlu ke bank untuk mengetahui tagihan Anda. Gunakan saja smartphone Anda untuk mengetahui jumlah tagihan yang harus Anda bayar setiap bulannnya.

  • Manfaatkan Kelebihan

Memang semua kartu kredit membuat orang ingin sekali membeli sesuatu. Namun, ingat kartu kredit itu bukan cash. Kartu kredit itu hanya untuk membeli barang tertentu saja. Contohnya saja Anda harus berjanji kepada diri Anda sendiri untuk menggunakan kartu kredit ketika ingin membeli barang branded yang mahal. Itu saja. Anda tidak salah jika menggunakan Kartu Platinum untuk membeli barang seperti itu. Selain itu, kartu kredit dari HSBC ini pun memberikan kelebihan lainnya seperti cicilan rendah, poin reward serta diskon untuk barang-barang branded yang terkenal dengan harga mahal.

  • Hindari Withdraw

Ingat kartu kredit itu untuk mempermudah proses transaksi. Jika kartu kredit untuk dicairkan, ini sudah jauh dari tujuan utama. Anda salah dalam menggunakan kartu kredit.

Setidaknya itulah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat kartu kredit dan menghindari sebisa mungkin semua hal negatif dari kartu kredit. Sekarang Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan kartu kredit mengingat syarat apply kartu kredit kini semakin dipermudah. Bahkan, Anda bisa melakukan apply secara online lho.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *