Bahaya Stres bagi Kesehatan Wanita Hamil dan Bagaimana Mencegahnya

kesehatan wanita hamil

Kesehatan wanita hamil tidak hanya dipengaruhi oleh nutrisi tetapi juga lingkungan. Lingkungan yang kurang mendukung yang bisa mengakibatkan ibu hamil stres juga sangat mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Itulah mengapa pentingnya seorang ibu hamil untuk mencegah stres.

Efek Buruk Stres Saat Hamil

Stres yang dialami wanita yang tidak hamil saja akan sangat mengganggu kesehatan, apalagi wanita hamil. Jika stres, seorang ibu hamil tidak hanya membahayakan kesehatannya sendiri, tapi juga kesehatan janin dalam kandungan.

Salah satunya adalah kurang asupan nutrisi yang dibutuhkan janin. Pasalnya, ibu hamil yang stres sering sekali kehilangan nafsu makan. Jika hal tersebut terjadi, maka bukan tidak mungkin nutrisi yang seharusnya dibutuhkan oleh janin untuk berkembang tidak terpenuhi. Mungkin saja janin tidak berkembang dan akan terjadi keguguran.

Lebih parah lagi jika kesehatan ibu semakin drop. Tidak hanya membahayakan bagi janin, tapi juga ibu sendiri. Itulah mengapa penting sekali menghindari stres. Karena hanya dengan menghindari stres, ibu sudah menerapkan cara menjaga kesehatan wanita hamil.

Selain kurangnya suplai nutrisi untuk janin, stres juga mempengaruhi psikologis bayi dalam kandungan. Bagi ibu yang sedang hamil tua, sebaiknya ibu bahagia agar bayi ibu lahirkan nanti juga akan lahir dan tumbuh dewasa menjadi anak yang bahagia.

Hindari stres dengan menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan wanita hamil tua seperti mengkonsumsi cokelat. Pasalnya, cokelat menimbulkan rasa bahagia. Hanya saja, jangan terlalu banyak makan cokelat karena dikhawatirkan ibu mengalami obesitas pada masa kehamilan.

Hal yang Bisa Ibu Lakukan untuk Menghindari Stres

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa stres bisa memicu hal-hal berbahaya bagi kesehatan wanita hamil. Bahkan, stres juga bisa memicu keguguran.

Untuk itu, penting sekali untuk menghindari stres saat hamil. Salah satunya, ibu bisa lebih sering refreshing. Dalam hal ini, refreshing tidak hanya bisa ibu lakukan dengan cara jalan-jalan dan liburan ke luar kota. Refreshing bisa ibu lakukan dengan cara bersantai dan meluangkan waktu untuk tidak melakukan apa-apa di rumah. Silakan ibu siapkan buku atau majalah yang ibu suka. Santai dan bacalah buku atau majalah tersebut pada waktu istirahat di malam hari atau weekend.

Namun, yang paling sering menjadi faktor ibu hamil mengalami stres adalah kekhawatiran. Banyak ibu hamil yang khawatir tidak bisa menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Padahal, sebenarnya ada cara untuk menjaga kesehatan wanita hamil yang jika diterapkan seharusnya tidak ada lagi kekhawatiran.

Ibu juga bisa mengikuti program yoga atau latihan pernafasan. Program ini biasanya dipandu oleh seorang profesional. Jelas sekali program ini akan membuat ibu rileks dan terhindar dari stres.

Tentu saja masih banyak lagi tips yang bisa diterapkan sebagai cara menjaga kesehatan wanita hamil, terutama untuk menghindari stres. Cara tersebut di atas merupakan cara yang paling mudah untuk ibu lakukan.

Harus dipahami bahwa tidak semua tips yang ibu sudah ketahui itu boleh ibu lakukan. Kondisi ibu hamil juga menjadi salah satu faktor apakah ibu boleh melakukan tisp tersebut atau tidak. Akan lebih baik jika ibu melakukan konsultasi ibu hamil terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar ibu mengetahui kondisi kesehatan ibu secara umum sehingga tahu kegiatan atau tips apa yang boleh dan tidak boleh ibu praktekkan.

Semakin banyak tips berarti semakin banyak pilihan. Namun, pastikan tips tersebut memang benar memberikan manfaat bagi kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *