Baik dan Buruknya Menggunakan Forum Ibu Hamil untuk Konsultasi Perkembangan Janin

forum ibu hamil
Ibu dan Balita

Forum ibu hamil kini sudah menjadi semakin populer, dengan semakin banyaknya ibu hamil yang ingin melakukan konsultasi atau sekedar mencari informasi mengenai perkembangan janin secara mudah dan cepat. Menggunakan forum sebagai acuan untuk mencari info kehamilan memang sangat mudah, tapi bisakah dijadikan panduan bagi ibu hamil?

Apa saja yang perlu dipertimbangkan jika Ibu ingin bergabung dalam forum ibu hamil?

Ada beberapa hal. Memang, kendala paling utama jika menggunakan forum atau diskusi online untuk melakukan konsultasi adalah betul atau tidaknya informasi yang ada di dalam forum tersebut. Sebabnya, memang banyak sekali orang yang turut berkontribusi dalam forum dan terkadang Ibu akan berpikir informasi mana yang baik untuk dipercaya atau tidak.

Akan tetapi, akan membutuhkan waktu dan usaha yang lebih jika Ibu harus pergi untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui apakah perkembangan janin dalam kandungan Ibu optimal dan berkembang dengan baik. Dengan teknologi yang sudah ada, kenapa tidak melakukan konsultasi dan mencari informasi dari rumah atau dimana saja Ibu berada?

Jadi, hal yang perlu diperhatikan jika Ibu ingin bergabung dalam diskusi atau forum ibu hamil adalah siapa peserta forum tersebut yang aktif membagi informasi mengenai kehamilan, termasuk informasi seputar perkembangan janin. Sebab, perkembangan janin itu memang sedikit sulit untuk dideteksi, terutama jika tidak menggunakan peralatan lengkap seperti yang ada di rumah sakit atau dokter.

Banyak sekali forum yang membahas mengenai kehamilan dan perkembangan janin dengan kontributor utama yang ahli seperti dokter atau bidan. Karena ahli dalam bidangnya, tentunya Ibu akan lebih percaya dengan informasi yang diberikan di forum tersebut. Akan tetapi, bagaimana janin berkembang dalam kandungan dan tahap – tahapnya pasti berbeda – beda.

Oleh karena itu, seringkali Ibu pasti ingin mendapatkan insight atau cerita pengalaman dari Ibu hamil lainnya, sehingga Ibu bisa mengetahui sudut pandang yang berbeda – beda mengenai janin dan kehamilan.

Tentunya, bergabung dalam forum diskusi akan membuat Ibu merasa nyaman seperti sedang berkumpul dan bertukar cerita dengan ibu – ibu lain yang mengalami hal serupa. Setidaknya ini bisa juga menjadi hiburan dan cara melakukan interaksi dengan ibu hamil lainnya, agar Ibu tidak terlalu merasa bosan walaupun tetap berada di kenyamanan rumah sendiri.

Jadi, apakah disarankan untuk menggunakan forum untuk konsultasi menganai janin?

Menggunakan forum ibu hamil untuk mencari dan berbagikan informasi seputar janin itu memang sangat tergantung pada keperluan dan bagaimana Ibu menggunakan platform forum tersebut. Jangan sampai Ibu mengikuti saran atau tips yang tidak benar, tapi jangan sampai juga Ibu menjadi bingung kemana Ibu harus bertanya dan mencari informasi. Sehingga, Ibu sendiri perlu bijak dalam memilih informasi mana yang bisa dipercaya dan mana yang tidak karena pastinya Ibu tidak mau jika Ibu salah mengira – ngira bagaimana janin tumbuh dan berkembang dalam kandungan.

Tapi, bukan berarti ibu tidak perlu lagi melakukan konsultasi ke dokter jika sudah bergabung dalam forum, ya. Justru saran dan pesan dari dokter lah yang paling utama untuk ibu ikuti. Akan tetapi, banyak juga cerita dari berbagai macam sudut pandang ibu hamil lain yang bisa berguna dan tentunya informasi itu bisa ibu dapatkan di forum ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *