Batu loncatan perkembangan bayi usia 4 bulan

perkembangan usia 4 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Sebagai orang tua yang memiliki anak, terutama anak pertama tentu akan memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan anak. Bahagianya hati ibu ketika berhasil melalui usia 2 bulan keatas, badan bayi terlihat jauh lebih kuat dan bugar dibanding pada saat bayi dilahirkan. Gerakan gerakan bayi pun terlihat lebih jelas dibanding yang dulu. Pertanyaan berikutnya adalah apa saja perkembangan bayi usia 4 bulan ? Adakah batu loncatan perkembangan bayi usia 4 bulan yang berarti ? Pertanyaan tersebut akan dijawab melalui penjelasan bawah ini.

  1. Gerak gerik badan

Normalnya ketika bayi menginjak usia 4 bulan, kepalanya tidak lagi ringkih namun lebih kuat dan lebih tertopang. Jika bayi sudah mulai menggerak gerakkan kepala maka orang tua patut berbahagia karena tulangnya telah berkembang dengan baik. Gerakan kedua yang akan terjadi adalah gerakan tangan. Si kecil akan mulai mampu menggenggam apapun yang ada di dekatnya. Mainan, jam tangan, bantal, sendok, apapun. Tanpa mempedulikan benda apa yang ada di tangannya. Rekomendasi menjauhkan barang barang berbahaya di area bermain bayi sebetulnya bukan karena bayi senang mengenggam, tapi gerakan bayi setelah mengenggam.

Bayi senang mengulum apapun yang dia genggam. Karenanya barang berbahaya jangan sampai ke tangan jika tidak ingin mulut si kecil terluka. Sebagai orang tua anda tidak perlu heran dengan perilaku bayi satu ini. Memasukkan barang barang ke dalam mulut merupakan metode belajar bayi untuk mengenal lingkungan di sekitarnya. Kesan terhadap suatu barang ditentukan melalui indera perasanya.

  1. Indera pengelihatan

Ketika bayi masih berusia dibawah 4 bulan, sejatinya bayi sulit membedakan warna. Mata bayi belum terbentuk sempurna sehingga ia hanya mampu identifikasi warna dengan kontras tinggi dan dalam jarak dekat. Pada usia 4 bulan bayi sudah lebih mampu mendefinisikan warna dengan lebih pasti seperti warna merah dan biru, serta melihat ruangan dalam lingkup yang lebih luas, meski bayi masih saja memilih untuk melihat dalam jarak dekat.

Anda mungkin menyadari warna mata bayi berubah menjadi lebih terang dibanding dulu dan anda seharusnya berbahagia. Warna mata bayi sedang terbentuk sebelum nantinya berhenti lalu menjadi warna mata gelap seperti orang dewasa. Karena pengelihatan yang lebih baik, bayi berusia 4 bulan cenderung menggerakkan kepala ketika melihat objek bergerak atau senang memutar badan dan hal ini sah sah saja. Bayi sedang menikmata masa masa dimana ia mampu melihat dunia dengan lebih jelas. Jika bayi tidak sama sekali melakukan hal hal diatas anda berhak merasa khawatir dan sebaiknya bawalah bayi ke dokter mata untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Makan

Sebelumnya mari diingat bahwa bayi bisa berkembang lebih cepat maupun lebih lambat dibanding bayi lainnya ketika menyangkut makanan. Dapat bergantung dari ukuran badan bayi atau kemampuan makan. Umumnya bayi mulai merasa tidak puas dengan hanya konsumsi susu formula atau air susu ibu pada usia 6 bulan, namun beberapa bayi bisa saja mulai merasa terus lapar dan ingin makanan lain diluar susu di usia 4 bulan. Anda mungkin bisa melihat hal ini apabila bayi terus menerus merengek meminta makan. Bawalah ke dokter untuk diperiksa apakah bayi sudah mampu mencerna makanan pendamping ASI atau belum dan apakah kepala dan leher bayi sudah cukup menopang badan, karena, pada saat mengkonsumsi makanan pendamping ASI bayi dituntut untuk duduk.

Apabila anda memutuskan untuk memberi bayi makanan pendamping asi dan ternyata bayi menolak, entah dengan mendorong makanan atau mengamuk maka sebaiknya anda menunggu paling tidak 2 minggu untuk memastikan tidak ada yang salah dengan kesehatan si kecil. Jangan memaksa bayi untuk terus makan. Hal ini bisa menimbulkan trauma dan rasa benci terhadap anda atau bahkan makanan di masa mendatang.

  1. Komunikasi

Bayi di usia 4 bulan akan mulai belajar berkomunikasi dengan anda, entah dengan mengeluarkan suara huu haaa atau gumaman tidak jelas lainnya. Anda mungkin sadar bayi sering melempar atau menjatuhkan barang, terutama jika anda kerap memungut barang yang dijatuhkan si kecil. Sebenarnya bayi senang melihat anda mengambil barang yang dijatuhkannya berkali kali sebagai bentuk komunikasi bayi.

Ketika anda berada di dekat bayi dan bercanda menggunakan beragam ekspreksi, bayi cenderung meniru. Mulai dari tertawa hingga merenggutkan wajah. Berhati hatilah bagaimana anda berekspresi baik bahasa tubuh maupun suara di dekat bayi karena bayi akan belajar emosi dari anda, hal ini tentu mempengaruhi psikologis bayi.

  1. Tidur

Berbahagialah bagi ayah dan bunda, akhirnya masa masa dimana tidur tak beraturan dan bangun tengah malam akan berangsur angsur selesai. Bayi pada usia 4 bulan mulai bisa menjadwalkan waktu tidur serta mengikuti waktu tidur standar yaitu 8 jam dalam sekali tidur. Tentu saja bayi masih membutuhkan jam tidur siang. Berilah setidaknya 2 kali jam tidur siang agar bayi mendapat paling tidak 14 sampai 15 jam dalam waktu sehari.

Sekarang anda sudah memahami 5 tanda perkembangan bayi usia 4 bulan yang baik bagi bayi yang sudah memasuki usia 4 bulan. Akan ada tawa, dan duka di dalamnya tapi hal itu merupakan bagian dari masa masa pertumbuhan yang akan menjadi cerita indah ketika anak beranjak dewasa, karenanya sebagai orang nikmati segala macam proses perkembangan bayi usia 4 bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *