Bayi Siap Lahir Saat Usia Kehamilan 7 Bulan, Apa Yang Sebaiknya Ibu Lakukan?

kehamilan 7 bulan
Friso Indonesia

Menginjak usia kehamilan 7 bulan, kelahiran anak sudah sangat dekat meskipun tidak sedekat usia 9 bulanan. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk menjaga kehamilan?

Menjaga buah hati di usia ini cukuplah penting. Selain untuk meminimalisir lahir terlalu cepat, janin juga akan tumbuh sempurna sehingga buah hati terlahir dengan fisik yang sempurna lagi sehat.

Ketika berada di usia kehamilan 28 minggu ini, ada beberapa hal yang ibu harus perhatikan. Maksudnya, perlu ibu lakukan sebagai tindakan penjagaan bayi dan tindakan mempermudah persalinan pada waktunya. Apa saja yang diperlukan?

Penuhi Gizi Janin

Tidak terbantahkan jika gizi sangatlah diperlukan ibu. Karena gizi yang sempurna akan berpengaruh pada tumbuh kembang bayi.

Dan tumbuh kembangnya bakalan sempurna ketika ibu selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat.

Dan makanan yang sehat ini meliputi makanan yang mengandung vitamin B, kalsium, beryodium, dan makanan yang berkalori.

Makanan yang mengandung vitamin B ini diperuntukkan untuk janin yang sehat. Artinya, vitamin tadi akan membantu dalam menopang pertumbuhan janin.

Sementara kalsium sendiri dimanfaatkan oleh ibu supaya tulang lebih kuat untuk menopang berat bayi dalam kandungan.

Dan yodium sendiri dimanfaatkan penuh untuk menghindarkan bayi lahir dengan kondisi kerdil. Tapi jangan terlalu berlebihan supaya janin tidak mengalami cacat saat dilahirkan.

Dan yang terakhir adalah memanfaatkan makanan yang berkalori seperti nasi dan juga umbi-umbian. Makanan jenis ini dimanfaatkan penuh pada kehamilan trimester ketiga untuk menyeimbangkan berat bayi.

Kurangi Aktifitas Berat

Pada trimester ketiga kehamilan, aktifitas berat sebaiknya diistirahatkan atau tidak dilakukan. Karena aktifitas ini cukup beresiko bagi ibu sendiri.

Betapa tidak, menopang bayi yang sudah tumbuh lebih besar sudah sangat berat, apalagi mengangkat barang berat lainnya. Jika hal ini dilakukan, dikhawatirkan akan mempengaruhi pada masalah keretakan tulang atau sakit punggung.

Oleh karenanya, lebih baik hentikan aktifitas berat tadi sebagai upaya untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Lakukan Senam Kehamilan

Ingat, usia kehamilan sudah semakin tua, dan ini menandai akan sulit untuk menyeimbangkan tubuh bila tidak dibarengi dengan olahraga.

Senam untuk kehamilan usia 7 bulan ini tidaklah rumit, dan bisa dilakukan di rumah setiap harinya. Baik dalam posisi duduk, tidur dan lain sebagainya.

Dalam posisi duduk, olahraga yang bisa ibu lakukan adalah dengan duduk di lantai atau di atas alas. Tapi pastikan untuk duduk lebih tegak senyaman mungkin.

Jika sudah, cobalah untuk merentangkan kedua kaki selebar mungkin. Setidaknya jangan dipaksakan, namun sebisa yang ibu mampu.

Baru kemudian, condongkan tubuh kedepan, dan tempelkan lengan pada lantai di depan. Di sini, tahan beberapa detik dan rasakan relaksasi yang berasal dari peregangan otot-otot ibu.

Sementara untuk melengkapinya, ibu juga bisa melakukan senam dalam posisi tidur. Jika sudah, angkatlah kedua kaki dan letakkan di atas tumpuan semisal kursi. Dari sini, angkatlah pinggul dan usahkan untuk menjadikan lengan sebagai tumpuan selama beberapa detik.

Nah, senam tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk menguatkan otot-otot, dan juga untuk memberikan efek relaksasi yang sangat berguna pada masa persalinan kedepan.

Selain senam-senam tadi, ibu juga bisa melakukan senam lainnya. Tentunya dengan cara yang direkomendasikan agar memberikan manfaat bagi ibu dan juga buah hati.

Demikianlah beberapa hal yang bisa ibu lakukan ketika berada pada usia kehamilan 7 bulan. Jadi, siapkah ibu mengaplikasikan semuanya?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *