Bayi Usia 6 Bulan Harus Mulai MPASI, Tapi Kok Susah Ya

Seharusnya bayi yang usianya genap 6 bulan sudah mulai mengkonsumsi MPASI atau makanan pendamping ASI.

Tapi, ibu akan mengalami masalah. Susah sekali untuk membuat bayi ibu mau mengkonsumsi MPASI lho. Karena ia sudah terbiasa dengan ASI yang cair yang mudah dikonsumsi dan dicerna. Berbeda dengan menu MPASI yang teksturnya sedikit lebih padat.

Meskipun demikian, ibu tidak boleh menyerah. MPASI itu sangat penting untuk menunjang kebutuhan nutrisi bayi yang sudah berusia 6 bulan. Ibu perlu tahu tips dan trik bagaimana agar si kecil mau mulai makan menu MPASI.

Ide Menu MPASI yang Lezat

Ibu belum tahu selera bayi seperti apa. Akan tetapi, ada ide yang bisa ibu coba tentang menu MPASI. Ide tersebut banyak digunakan oleh orang tua dan ternyat berhasil. Entah bagaimana tapi menu tersebut membuat anak lahap mengkonsumsi makanan. Ibu sama sekali tidak merasa kesulitan memberikan menu MPASI.

Menu seperti apakah itu? Ibu bisa cek berbagai menu MPASI di www.ibudanbalita.com. Di sana banyak sekali ide menu MPASI yang bisa ibu coba secara bergantian setiap hari. Mudah dibuat dan si kecil pasti suka.

MPASI dari Satu Jenis Bahan Saja

Apakah ibu tahu efek pertama kali yang dialami oleh bayi yang baru pertama kali mengkonsumsi menu MPASI? Betul sekali. Bayi biasanya akan mengalami susah buang air besar.

Namun, ibu tidak perlu khawatir. Itu hal yang wajar dan tidak perlu untuk terlalu dikhawatirkan. Seiring dengan berjalannya waktu, sistem pencernaan akan terbiasa mencerna makanan yang padat, tidak seperti ASI yang cair.

Untuk mempermudah sistem pencernaan, ibu sebaiknya memilih satu bahan saja yang digunakan sebagai menu MPASI. Contohnya, ibu bisa menggunakan pisang yang dilumat halus untuk menjadi menu MPASI.

Sebaiknya jangan mencampurkan lebih dari satu bahan makanan untuk menu MPASI. Hal tersebut baru bisa ibu lakukan ketika bayi sudah terbiasa mengkonsumsi MPASI. Jika sudah sekitar 1-2 minggu, ibu bisa mencoba menggunakan lebih dari satu bahan makanan untuk menu MPASI si kecil.

Mencampurkan dengan ASI

Agar menu MPASI terasa seperti ASI, setidaknya dari aromanya, ibu bisa mencampurkan menu tersebut dengan air ASI.

Setidaknya ada dua manfaat jika ibu mencampurnya dengan air ASI. Yang pertama, bayi lebih suka karena aroma ASI tercium. Dan yang kedua, si kecil bisa mendapatkan nutrisi dari menu MPASI dan juga nutrisi yang terkandung di dalam air ASI.

Namun, cara ini sebainya ibu lakukan di awal-awal ibu memberikan menu MPASI saja. Jika si kecil sudah bisa mencerna MPASI, ibu bisa gunakan air hangat untuk melunakkan menu MPASI yang ibu pilih.

Tentu tidak menunya saja yang ibu pikirkan. Ada juga faktor lain yang bisa membuat bayi mau mengkonsumsi MPASI.

Ikut beberapa tips memberikan menu MPASI kepada bayi di situs ibu dan balita. Selain itu, temukan juga informasi menarik seputar bagaimana memaksimalkan perkembangan balita.

Sebagai orang tua, peran ibu sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Apa yang harus ibu lakukan? Permainan seperti apa yang bisa memaksimalkan tumbuh kembang si kecil? Apa yang harus ibu lakukan ketika si kecil mengalami masalah kesehatan?

Dan banyak informasi lainnya seputar kesehatan bayi dan balita bisa ibu dapatkan di website ibu dan balita. Ibu bisa kunjungi websitenya sekarang juga di ibudanbalita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *