Beberapa Cara Agar ASI Cepat Keluar Yang Bisa Ibu Coba

Cara agar ASI cepat keluar
www.awalsehat.nestle.co.id

Untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan anak pertamanya, tentu akan berupaya semaksimal mungkin tentang bagaimana cara agar asi cepat keluar sebab  untuk kebutuhan si kecil. Setiap ibu tentu ingin menyusui anaknya sendiri, akan tetapi terkadang ada kecemasan sendiri tentang ASI sang ibu.

Pada usia bayi 0 hingga 6 bulan sangat dianjurkan untuk para ibu agar memberikan ASI eksklusif bagi si kecil. Akan tetapi, kecemasan datang saat ASI tidak lancar dan hanya sedikit yang keluar sehingga bayi kurang mendapat cukup ASI. Oleh karena itu saya akan menyampaikan berbagi caranya supaya ASI mudah keluar ;

– Memperbanyak minum air putih setiap hari

Anda bisa minum sekitar 10 sampai 12 gelas perhari agar kebutuhan cairan ibu bisa terpenuhi, sehingga ASI juga selalu lancar dan banyak. Biasakan juga  untuk minum air mineral setelah ibu menyusui.

-Mulailah hidup yang sehat

 Hal ini sangat dibutuhkan untuk menambah jumlah ASI ibu. Sering berolahraga , makan dan minum yang sehat misalnya saja sayur, buah, dan susu juga baik untuk mempermudah keluarnya ASI. Selain itu, hindari juga kebiasaan buruk seperti merokok atau minum-minuman yang beralkohol.

-Istirahat yang cukup

Apabila Anda terlalu lelah seharian, misalnya saja karena bekerja tanpa mengenal waktu sampai  begadang setiap malam, Anda akan cukup lelah dan hal tersebut tentu akan mempengaruhi jumlah ASI Ibu. Setelah melahirkan maka usahakan untuk beristirahat yang cukup dengan tidur siang.

– Menyusui bayi dengan teratur

Selain menyusui dengan teratur, Anda juga harus menghindari penggunaan dot pada minggu pertama sebab bayi akan kesulitan membedakan antara dot botol susu dengan puting ibu.  Saat si kecil menghisap puting ibu maka ia akan menghisapnya dengan tidak benar. Oleh karena itu sebaiknya Anda harus mempelajari cara menyusui yang benar dan gunakan kedua payudara Anda secara bergantian untuk menyusui. Biarkan bayi menyusui sebanyak mungkin untuk memperoleh kebutuhan ASI yang cukup, disamping itu bisa membantu ASI keluar dengan mudah.

-Hindari stress berlebih

Anda harus menghindari berbagai hal yang dapat menimbulkan tingkat stress menjadi berlebih. Sebab tingkat stress dapat menjadikan ASI kurang lancar, oleh karena itu berpikirlah yang baik dan santai supaya ASI bisa keluar dengan lancar dan banyak.

Penyebab ASI Keluar Tidak Lancar

Beberapa masalah dalam memberikan ASI, misalnya yaitu susah keluar bahkan tidak keluar sama sekali. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti makanan, atau kebiasaan sang ibu yang bisa mempengaruhi lancarnya ASI untuk keluar. Disamping itu, terdapat juga beberapa penyebab yang menyebabkan ASI kurang memadai. Sebaiknya untuk para ibu perlu mengatur dan rutin memberikan ASI kepada si kecil supaya ia sehat dan ikatan dengan ibu juga semakin kuat. Disamping itu pantau berat badan bayi Anda bila ia mendapatkan ASI yang cukup, maka berat badannya juga akan seimbang.

Berbagai faktor lain yang juga  mempengaruhi kelancaran ASI yaitu saat lahir bayi dipisahkan di ruang yang terpisah dari ibunya.  Bayi juga tidak menghisap puting payudara dengan baik, Setelah melahirkan sang ibu justru langsung bekerja sehingga muncul rasa lelah yang menyebabkan ASI susah keluar dan mengalami penurunan.  Selain itu, ibu yang membatasi pemberian ASI pada bayi dan juga mengalami stress atau depresi setelah melahirkan akan sangat mengurangi jumlah ASI yang keluar.  Bentuk puting yang masuk kedalam dan pernah menjalani operasi payudara juga merupakan penyebabnya. Dan terakhir karena Ibu melahirkan secara sesar dan penggunaan pil KB setelah melahirkan.

Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu

Setelah ibu hamil melahirkan, Air Susu Ibu umumnya langsung dapat dikeluarkan sehingga ibu bisa langsung melakukan Inisiasi Menyusu Dini. Banyak ibu muda yang berpikiran bahwa ASI dapat langsung keluar seperti air mengalir dengan tiba-tiba. ASI akan keluar saat puting payudara memperoleh rangsangan dari mulut bayi. Meningkatkan ASI bisa dengan cara berikut ini;

– Melalukan kontak kulit dengan bayi

Saat bayi lahir prematur, mungkin Anda tidak dapat langsung menyusui bayi Anda. Supaya ASI dapat keluar, paling tidak lakukan kontak kulit dengan buah hati Anda.

-Melihat foto si kecil

Apabila tidak memungkinkan untuk melakukan kontak kulit dengan bayi Anda, ada cara lain untuk membantu keluarnya ASI. Anda dapat melihat foto buah hati Anda dan mendengarkan rekaman suara tangisannya.

-Hypnobreastfeeding

Untuk meningkatkan produksi ASI, Anda dapat menerapkan hypnobreastfeeding sendiri di rumah. Cara ini dilakukan dengan memasukkan kalimat motivasi ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Anda juga dapat membayangkan ASI sedang mengalir deras seperti air mancur dan sang buah hati  kecil minum ASI Anda hingga kenyang. Bayangan ini akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar Anda sehingga dapat memotivasi Anda untuk memproduksi ASI. Anda juga dapat menerapkan teknik pernafasan untuk membuatnya menjadi lebih nyaman. Apabila teknik ini berhasil, payudara Anda akan mengencang sebab adanya peningkatan jumlah produksi ASI.

-Pijat

Untuk yang satu ini, Anda akan membutuhkan bantuan orang lain, misalnya suami atau keluarga yang lainnya. Anda dapat meminta mereka untuk memijat leher dan punggung Anda. Saat dipijat, posisikan diri Anda dalam posisi setengah menunduk, sebaiknya Anda melepaskan baju Anda dengan begitu payudara akan jatuh ke bawah. Anda bisa memulai dengan memijat dari bagian leher ke punggung menggunakan ibu jari. Cara agar asi cepat keluar memang tepat untuk Anda yang ingin agar si kecil terpenuhi asupan ASI nya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *