Beberapa Macam Yoga Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Gejala tentang otot kaku, rasa tegang, dan pegal pegal seringkali muncul di saat masa  kehamilan. Dalam mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan relaksasi melalui latihan pernafasan yoga. Yoga untuk ibu hamil sangat bermanfaat untuk mengatasi sesak nafas, nyeri pinggang, dan berbagai keluhan lain selama kehamilan. Yoga ini bisa dilakukan dengan langkah awal mengambil posisi duduk atau berbaring senyaman mungkin, kemudian bersikap santai, pejamkan mata, dan relaksasi otot-otot punggung, pinggang, hingga otot kaki, lalu bernafaslah melalui hidung, tarik dan hembuskan secara perlahan-lahan.

Ulangi lagi  selama 10-15 menit atau sampai Anda merasa nyaman. Sembari melakukan hal tersebut, tekanlah perut ke arah luar dan tahan sampai hitungan ke empat. Biarkan otot pundak dan leher Anda  nyaman dan rileks. Setelah itu keluarkan nafas dengan tenang dan secara perlahan. Latihan di atas akan sangat baik untuk ibu hamil, sebab  selain mengatasi keluhan-keluhan rasa tegang, otot kaku, dan pegal-pegal, Anda juga akan merasa lebih bugar, lebih sehat, serta lebih kuat.

Gerakan Yoga Bagi Ibu Hamil

Apabila Anda ingin latihan yoga yang lebih terfokus supaya hasilnya lebih optimal, Anda bisa melakukan gerakan yoga khusus untuk ibu hamil dengan beberapa gerakan berikut ini;

  • Duduk dengan posisi bersila, letakan kedua tangan Anda di sisi badan dengan siku lurus. Lalu angkat kedua tangan Anda dari samping ke arah kepala sambil menarik nafas hingga jari-jari kedua tangan Anda bertemu. Setelah itu hembuskan nafas sambil menurunkan tangan Anda ke bagian depan. Gerakan ini memberi manfaat untuk melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, jdan  menenangkan perasaan, serta menimbulkan perasaan tenang dan nyaman.
  • Gerakan yang kedua yaitu merangkak dengan kedua siku tangan yang lurus, pandang ke depan, dan punggung rata. Tarik nafas, kemudian lengkungkan punggung Anda. Setelah itu hembuskan nafas, sambil mengembalikan punggung ke posisi semula. Gerakan yoga ini  bermanfaat untuk melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut, dan menghilangkan pegal-pegal di tubuh.
  • Gerakan yang ketiga yaitu  ambil posisi berbaring, kedua kaki Anda menempel di dinding, dan kedua tangan di samping badan dengan telapak tangan membuka. Tariklah nafas bersamaan dengan mengangkat panggul dari lantai atau kasur. Hembuskan nafas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Gerakan yoga ketiga ini bermanfaat untuk mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan dan pegal di kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, juga memberikan rasa santai pada tubuh Anda.

Pilihan Pose Yoga Untuk Ibu Hamil

Ketika Anda hamil, perubahan hormon terjadi sejak di awal kehamilan yang tidak jarang membuat Anda merasa mual, pusing, dan tubuh mudah lelah. Kerap kali Anda merasakan rasa sakit pada persendian tubuh, misalnya saja ngilu di area panggul Anda. Hal ini disebabkan oleh hormon yang disebut relaxin. Hormon ini bertugas untuk melenturkan dan melemaskan otot-otot, persendian serta ligamen dalam tubuh Anda, dengan tujuan memastikan tubuh Anda siap untuk melahirkan.

Meskipun tubuh Anda secara otomatis akan dibantu oleh berbagai hormon untuk bersiap menyambut proses kelahiran, akan lebih baik jika Anda berlatih secara rutin untuk meregangkan area panggul Anda selama masa kehamilan. Berikut beberapa pose yang bisa Anda lakukan ;

Sama dengan namanya, easy pose bisa jadi adalah posisi hip opening yang paling mudah untuk dilatih, dan dapat dilakukan kapan saja. Meskipun terlihat mudah, namun tidak semua orang bisa melakukannya. Pose ini dapat Anda lakukan setiap kali memulai latihan yoga disertai dengan latihan pernapasan untuk menyelaraskan pikiran dan tubuh, dan bisa Anda lakukan kembali sebelum mengakhiri latihan Yoga Anda.

Manfaat dari posisi ini adalah melatih otot panggul lebih terbuka, tulang punggung memanjang, membuka area dada, dan jika disertai latihan pernapasan akan meningkatkan fokus, keseimbangan, ketenangan diri yang baik untuk menghilangkan rasa lelah dan rasa khawatir yang sering dirasakan ketika kehamilan dan menjelang proses kelahiran bayi.

  • Child Pose Atau Balasana

Posisi ini merupakan  posisi yang paling ditunggu setiap kali Anda berlatih di kelas yoga, karena posisi ini sangat baik untuk rehat sejenak di sela-sela latihan yoga yang dinamis. Terutama saat Anda hamil, rasanya ingin sepanjang kelas isinya hanya child pose saja.

Manfaat dari posisi ini yaitu untuk membuka area panggul dan paha dalam dan meregangkan tulang kelangkang. Melatih posisi ini bisa membantu Anda melepaskan rasa tegang atau stress dan membantu menenangkan pikiran serta meningkatkan rasa tenang dan kesiapan jelang kelahiran bayi Anda. Ketika Anda melatih posisi ini, minta pasangan Anda membantu memijat area punggung dan pinggang untuk membantu relaksasi tubuh secara keseluruhan.

  • Butterfly Pose Atau Baddha Konasana

Posisi ini merupakan posisi yang baik dilakukan selama masa kehamilan sebab  sangat baik untuk membuka area panggul dan pada saat yang sama dapat  membantu saya untuk relaksasi tubuh dan pikiran. Posisi ini baik untuk membuka area panggul dan paha dalam, meningkatkan asupan oksigen pada plasenta, membantu mengarahkan bayi Anda untuk turun menuju area pelvis mempersiapkan Anda dan bayi untuk proses kelahiran, membantu relaksasi seluruh bagian tubuh, dan membantu proses pembukaan jika  dilakukan ketika  kontraksi terjadi.

  • Wide Angle Seated Forward Bend Atau Upavistha Konasana

Melatih posisi ini memang cukup baik untuk kehamilan Anda, terutama jika  Anda mulai merasakan beban berat dari area perut yang kemudian menimbulkan sakit pinggang. Posisi ini sangat baik untuk membuka panggul dan tulang kelangkang atau sacrum, menghilangkan rasa tegang pada tulang punggung, pinggang bawah, dan paha dalam. Di saat yang sama, posisi yoga untuk ibu hamil ini juga membantu meningkatkan asupan oksigen pada plasenta.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *